Kumpulan Ucapan Idul Fitri yang Singkat Padat Mengena

Ucapan Idul Fitri – Alhamdulillah, sebentar lagi kita akan merayakan hari raya Idul Fitri (lebaran). Broadcast-broadcast permintaan maaf sudah mulai disebar, baik itu lewat broadcast BBM (beserta dp BBM idul fitri), di whatsapp, di instagram, maupun dijadikan status facebook.

Momen satu tahun sekali ini tidak pernah terlewatkan walau di luar sana masih ada orang-orang yang nyindir ‘minta maaf bisa kapan aja’. Betul sekali, tapi semestinya tidak harus ada sindir-menyindir di antara kita sebab, barangkali di momen inilah hati kita sedang lebih lembut dari bulan-bulan sebelumnya …

… sehingga yang tadinya enggan meminta maaf karena malu, menjadi lebih berani; pun yang memaafkan bisa lebih ikhlas dan terbuka hatinya.

Nah, sebelum beranjak ke ungkapan / ucapan selamat hari raya Idul Fitri, perkenankan juga saya selaku admin memohon maaf lahir dan batin atas segala khilaf dan salah-salah di dalam menginformasikan sesuatu di website ini. Saya tidak akan menafikkan bahwa banyak kesalahan penulisan (baik itu redaksi maupun esensi) di sana-sini; dan itu sisi manusiawi saya.

Selain itu, perlu kiranya juga meluruskan ucapan minal aidin wal faizin / minal aidin wal faidzin bukanlah artinya mohon maaf lahir dan batin. Itu keliru.

Minal aidin wal faizin / minal aidin wal faizin itu artinya semoga termasuk orang-orang yang kembali menang.

Lantas, keliru dan salahkah bila mengucapkan kata-kata demikian? Tidak sama sekali. Namun kiranya didahului ucapan shahih dari Nabi saw. lebih baik.


Ucapan Idul Fitri (Lebaran) yang Diucapkan para Sahabat Nabi


ucapan selamat idul fitri

Sebelum ke ucapan-ucapan umum, ini adalah kebiasaan Nabi dan para sahabat ketika akan memasuki bulan Syawal / Idul Fitri / Lebaran.

Taqabbalallahu minna wa minkum yang artinya semoga Allah menerima amalku dan amal kalian.

Jadi, akan lebih baik dan kumplit jika ucapan selamat hari raya Idul Fitri yang akan saya sebutkan di bawah ini didahului dengan kalimat di atas.


Kumpulan Ucapan Idul Fitri


kumpulan ucapan selamat idul fitri

Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. (Semoga Allah menerima amalanku dan amal kalian, puasaku dan puasa kalian; semoga (pula kita) termasuk orang-orang yang kembali menang, mohon maaf lahir dan batin).

Taqabbalallahu minna wa minkum. Tiada satupun manusia yang terlepas dari jerat dosa. Maka mengakui kehinaan adalah juga termasuk kemuliaan. Mohon maaf lahir dan batin.

Taqabbalallahu minna wa minkum. 11 bulan kita lalui dengan berbagai cacat dalam hubungan. Ibarat perahu yang berlayar sekian lamanya, saatnya pulang ke dermaga untuk kembali memperbaiki. Mohon maaf lahir dan batin.

Taqabbalallahu minna wa minkum. Lidah memang tidak bertulang, namun seringkali lebih tajam daripada pedang. Tangan mungkin tak sekeras besi, tapi perbuatan tercela dapat membuatnya lebih berkarat. Atas segala kesalahanku padamu … mohon maaf lahir dan batin.

Taqabbalallahu minna wa minkum. Tiada ucap yang lebih santun terlontar dari jiwa yang telah sadar, seperti pula tiada kata lebih indah terucap, selain tulus permintaan maaf. Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin.

Taqabbalallahu minna wa minkum. Banyak aksara terangkai dusta, banyak diskusi berujung caci maki, banyak canda tawa terpeleset menjadi duka cita, sebagaimana setiap manusia tidak pernah luput dari salah dan dosa. Mohon maaf lahir dan batin.

Taqabbalallahu minna wa minkum. Hujan turun menyentuh tanah, jadilah tetumbuhan dan bebuahan. Kemaafanmu menyentuh hati, jadilah kita kembali suci. Mohon maaf lahir dan juga batin.

Taqabbalallahu minna wa minkum. Sebelum ruh tinggalkan jasad, muka pucat pasi tanpa suara, dan jantung kehilangan degupnya, aku meminta maaf dari hati yang paling tulus atas segala ucap yang salah dan tindak-tanduk yang tidak berkenan. Minal aidin wal faizin, mohon maaf dzahir dan batin.

Taqabbalallahu minna wa minkum. Ramadhan sudah hampir terbenam. Kesempatan untuk melipat-lipat pahala hampir sirna, maka di detik-detik terakhir ini aku sampaikan permintaan maaf yang besar dan berlipat-lipat pada kalian semua, kawan-kawan baikku. Mohon maaf lahir dan batin, ya …

Taqabbalallahu minna wa minkum. Walau jemarin tak bisa berjabat, muka tak dapat saling bertatap, semoga pintu maafmu masih lebar terbuka. Mohon maaf lahir dan batin.

Taqabbalallahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir dan batin apabila seringkali perbuatanku tak mengenakkan hati, tutur kata yang tajam seperti belati. Selamat menyambut hari raya Idul Fitri. Semoga kita tergolong orang-orang yang kembali meraih kemenangan.

Taqabbalallahu minna wa minkum. Terselip cela di setiap canda tawa. Terselip keangkuhan di setiap pertemuan; mungkin juga ghibah yang nikmat kita santap tanpa pernah tau adanya. Untuk setiap kesalahan itu aku mohon maaf lahir dan batin.


Kata-kata Selamat Lebaran Lucu


kata-kata selamat idul fitri

Tidak ada gading yang tidak retak; tidak ada tuyul yang tidak botak; tidak ada bisul yang tidak bengkak; tidak ada luka yang tidak koyak. Mohon maaf lahir dan batin, barudak!

Kuota hidup kita terus berkurang setiap hari, entah karena terlalu mendownload pahala atau dosa. Di hari yang fitri ini, mari kita sama-sama mendelete keburukan dengan mengintall maaf di hati kita. Minal aidin wal faizin.

Dari iklan marjan aku telah sisihkan waktu untuk membuat kata-kata ini. Sampai hari ini iklan terigu menyerang, tetap tiada kata yang paling tulus selain to the point. Mohon maaf lahir dan batin, tanpa basa-basi.

Atas nama Barbie yang belum juga sadar akan wajibnya menutup aurat; atas nama Squidward yang selalu lupa pake celana; atas nama ultraman yang tidak pernah membersihkan kota bekas pertarungannya; juga atas nama Detective Conan yang seringkali membawa sial (setiap ada dia, pasti ada kasus pembunuhan), saya meminta maaf yang sebesar-besarnya.

Mohon maaf bila Dora selalu menjengkelkanmu dengan pertanyaannya yang berulang-ulang. Di hari yang fiti ini, saya memohon maklum karena selalu lupa mengingatkan, “Nak Dora, pake alat bantu pendengaran ini biar nggak njengkelin.”

Untuk setiap upil yang tertempel di bawah meja, kentut sembarangan, dan bau mulut yang disengaja. Mohon maaf lahir dan batin. Jangan kapok ya …


Postingan Ucapan Idul Fitri ini akan terus diupdate, in syaa Allah. Sekali lagi, saya selaku admin satriabajahitam.com (apalah arti sebuah nama) memohon maaf lahir batin atas segala kesalahan yang telah diperbuat selama website ini berdiri. Selamat menyambut hari raya Idul Fitri  2017 /1438 H. 🙂

Apa Komentarmu?