Trik BMX Freestyle yang Harus Dikuasai

trik bmx freestyle indonesia
sumber: wallpaperfolder.com

BMX freestyle adalah olahraga yang membutuhkan nyali lebih. Dengan tunggangan tulang-tulang besi itu, atlet-atletnya mempertontonkan aksi dan atraksi yang membuat jantung penontonnya naik turun. Sebab untuk melakukan satu trik BMX saja resikonya bisa sangat fatal.

Memang, kadang kita melihat atlet-atlet yang sedang melakukan trik BMX seperti sedang memainkan anggota tubuhnya sendiri. Saat itu biasanya kita merasa bisa dan ingin melakukannya. Nah, inilah trik BMX untuk pemula yang harus kamu pelajari.


1. Wheelie


trik bmx wheelie
sumber: www.tablesandfables.com

Wheelie merupakan trik BMX paling dasar yang harus dikuasai sebelum mempelajari trik-trik BMX lain. Tujuan utama trik BMX wheelie ini adalah untuk menyeimbangkan tubuh dengan cara mengangkat bagian depan sepeda saat sedang melaju.

Jadi, sepeda tetap bergerak dengan bertumpu pada roda belakang saja. Caranya adalah dengan mengangkat stang sepeda sembali pedal terus dikayuh sampai bagian roda depan terangkat. Rintangannya adalah bagaimana cara kita menyeimbangkan sepeda tersebut.


2. Endo atau Curb Endo


trik bmx curb endo
sumber: www.reddit.com

Trik BMX selanjutnya yang harus dipelajari adalah curb endo. Kebalikan dari wheelie yang mengangkat bagian depan sepeda sambil berjalan, trik BMX curb endo adalah mengangkat bagian belakang sepeda sambil berhenti.

Caranya, kita melajukan sepeda dengan kecepatan yang lambat menuju ke bahu jalan/pinggir trotoar. Ketika ban depan sudah menyentuh trotoar, tumpukan berat badan dan beban sepeda ke depan dengan memberikan gaya/tekanan pada stang.

Roda belakang akan bergerak naik ke arah badan. Lalu menuntut cara kita menyeimbangkan sepeda.

Bila sudah mahir, kita bisa melakukan trik BMX ini tanpa harus menyentuhkan roda depan ke bahu jalan/pinggir trotoar dahulu.


3. Manual dan Nose Manual


trik bmx nose manual
sumber: www.youtube.com

Trik BMX Manual sama tujuannya dengan 2 trik yang sudah disebutkan di atas tadi, yaitu menjaga keseimbangan.

Caranya adalah dengan mengangkat sedikit roda sepeda lalu letakkan satu kaki di peg/step, sementara satu kaki lagi tetap berada di pedal. Sepeda tidak dikayuh, tetapi dibiarkan berjalan sendiri akibat dari tekanan yang kita pusatkan pada peg/step.

Tapi beberapa pemain freestyle BMX melakukan trik manual ini dengan tetap membiarkan kedua kakinya di atas pedal.

Perbedaan manual dan nose manual adalah dari roda yang diangkat. Bila ‘manual’ mengangkat roda depan  lalu memindahkan satu kaki ke peg/step belakang, ‘nose manual’ adalah kebalikannya; mengangkat roda belakang dengan meletakkan salah satu kaki di peg depan.


4. 180 Barspin atau Stangspin


trik bmx pemula barspin
sumber: cnsprcy.tumblr.com

Trik BMX selanjutnya adalah 180 Barspin. Teknik ini cukup sulit untuk dipelajari, disarankan ketika latihan menguasainya menggunakan pelindung untuk mencegah lecet-lecet bila terjatuh.

Caranya, kayuh sepeda sampai melaju pelan. Tapi jangan terlalu pelan. Lalu angkat roda depan sepeda. Jangan terlalu tinggi, sekira 15 cm atau satu jengkal dari jalan.

Hal selanjutnya adalah memutar bars/stang sepeda BMX yang sudah terpasang rotor dengan kemampuan putar 360 derajat tanpa melibatkan kabel rem. Tahu, kan?

trik bmx rotor stang
sumber: www.youtube.com

Untuk yang sudah mahir, biasanya trik bmx ini dilakukan dengan cara memusatkan kekuatan di tangan dan kaki lalu mengangkat sepeda-meloncat sampai kedua roda tidak lagi menyentuh jalan. Kemudian memutar bars/stang saat masih di udara.


5. Pogo


Trik BMX pogo adalah trik yang membuat sepeda terlihat seperti pogo stick. Dan mungkin juga terbalik. Maksudnya pogo stick jumping terinpirasi dari trik BMX pogo.

Caranya cukup mudah, tetapi alangkah baiknya menggunakan perlengkapan keamanan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Trik BMX pogo ini bisa dilakukan saat sedang berhenti atau keadaan melaju. Untuk pemula, disarankan dalam keadaan berhenti agar terbiasa dahulu.

Begini. Pasang dua peg/step di bagian belakang sepeda. Lalu angkat bagian depan sampai sepeda berdiri. Simpan kedua kaki di peg/step belakang tadi lalu lakukan lompat-lompat kecil. Mirip pogo stick jumping.


6. Stang Ride


trik bmx bars ride
sumber: youtube.com

Trik bmx ini juga sedikit sulit untuk dilakukan dan perlu memakai pengaman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Keseimbangan adalah hal penting dalam trik ini. Hal pertama yang harus dilakukan adalah jalankan sepeda secara perlahan, lalu angkat kaki kanan ke atas stang kemudian dimajukan ke depan pasak. Sementara kaki kiri diayunkan ke grip jok.

Tahan keseimbangan sekuatnya. Jika bisa menguasai trik ini, akan mudah menguasai trik-trik bmx lainnya.


7. Barhop


trik bmx pemula bar hop
sumber: youtube.com

Trik BMX barhop juga termasuk trik BMX yang cukup sulit untuk dilakukan karena memerlukan keseimbangan tingkat tinggi. Nantinya dengan teknik BMX barhop ini, kita akan duduk di atas stang/bars dengan keadaan sepeda melaju.

Caranya melakukan teknik BMX barhop ini adalah,

Pertama, pastikan kecepatan sepeda tidak terlalu pelan, tidak pula terlalu cepat. Hal ini agar saat melakukan trik barhop, sepeda masih dalam keadaan melaju, tidak langsung berhenti.

Selanjutnya adalah pastikan kedua kaki dalam keadaan sejajar di atas pedal, lalu kemudian tolakkan kaki secara bersamaan (agar sepeda seimbang) dari pedal, untuk meloncati stang/bars. Langkah terakhir adalah meletakkan kaki pada peg/step depan sepeda sembari mendudukkan diri di palang stang/bars.

Selain membutuhkan keseimbangan, trik BMX barhop ini juga membutuhkan kecepatan dan kecekatan. Cepat agar sepeda tidak gontai saat melompati stang/bars, cekat agar kaki tepat mendarat di peg/step depan sepeda.

Tentu hal ini membutuhkan latihan yang sering.


8. Bunny Hop


trik bmx pemula bunny hop
sumber: youtube.com

Sesuai dengan kata yang dipakai untuk menamai trik bmx ini, bunny hop, yang artinya lompatan kelinci, trik ini bertujuan untuk membuat sepeda kita meloncat setinggi-tingginya. Trik ini memerlukan kekuatan tangan dan kaki yang terkordinasi agar menghasilkan tolakan yang optimal.

Caranya cukup mudah. Pusatkan kekuatan kita pada kedua tangan dan kaki setelah melakukan kuda-kuda setengah berdiri. Lalu lepaskan kekuatan itu secara bersama-sama untuk meloncat agar sepeda kita ikut terbawa.

Begitu.


9. Dork Wheelie


trik bmx pemula dork wheelie
sumber: bmxdirect.net

Trik BMX dork wheelie ini mirip dengan manual, tetapi dengan keadaan roda depan sepeda terangkat lebih tinggi.

Caranya adalah dengan meletakkan satu kaki di peg/step belakang, lalu satu kaki lainnya bertindak sebagai penyeimbang agar sepeda yang berjalan dengan satu roda tidak jatuh.

 

Apa Komentarmu?