tempat camping di indonesia

Tempat Camping di Indonesia (Camping Ground) yang HITS!

Tempat Camping di Indonesia (Camping Ground) – Camping merupakan kegiatan yang seru, apalagi bila dilakukan bersama dengan keluarga, sahabat dekat, atau rekan kerja. Kegiatan tersebut dipercaya atau tidak dapat meningkatkan keakraban.

Di Indonesia, sangat banyak sekali tempat camping (camping ground) yang bisa menjadi pilihan, hal ini tentu wajar mengingat Indonesia memang negeri yang kaya akan wisata alamnya sehingga tidak perlu pusing-pusing ketika kamu jenuh dengan kehidupan di kota: camping saja!

Baca juga: Kebun Binatang HITS dan Populer di Indonesia

Berikut adalah beberapa tempat camping (camping ground) di Indonesia.


Tempat Camping di Bandung


tempat camping keluarga di bandung
koperwisata.id

Bandung, kota yang memiliki daya tarik kuat. Tidak hanya wisata urban yang terkenal seperti skate, hardcore, graffiti, dll. atau yang baru-baru ini muncul yaitu Pemuda Hijrah (urban Muslim), Bandung juga terkenal memiliki tempat wisata alam yang indah.

Beberapa tempat wisata alam di Bandung ternyata juga menyediakan camping ground keluarga yang bisa kamu pilih. Beberapa di antaranya memang sering dijadikan tempat kaderisasi beberapa organisasi (sesi outbound), atau perkemahan pramuka siswa-siswi sekolah.

Penasaran dengan tempat camping di Bandung? Soekapura rekomendasikan beberapa tempat yang bisa kamu pilih,

1. Ranca Upas Camping

camping di pantai
sky-adventure.com

Ranca upas terletak di Bandung selatan, lebih tepatnya di daerah Ciwidey. Sehingga, selain termasuk kategori tempat camping di Bandung, Ranca upas juga bisa ditemukan ketika kamu mencari tempat camping di internet dengan mengetikkan tempat camping di Ciwidey.

Sudah bukan rahasia memang, Ranca Upas menjadi tempat favorit untuk liburan keluarga. Suasana alam bebas pada ketinggian sekitar 1700 mdpl. membuatnya mempunyai udara yang sejuk. Cocok sekali bila niatanmu camping adalah untuk mencari ketenangan di tengah hiruk pikuk kehidupan kota.

Di Ranca Upas, selain ada camping ground, kamu juga bisa menikmati outbound game dan pemandian air panas.

2. Grafika Cikole Camping Ground

tempat camping di bali
pergidulu.com

Dari Ciwidey kita lanjug ke Lembang. Grafika Cikole Camping Ground ini terletak di Lembang, Bandung. Sama-sama berada di ketinggian, suasana di camping ground di sini juga sejuk.

Grafika menyuguhkan petualangan yang asik dalam rangka mengisi hari libur. Pemandangan yang hijau dan indah menjadi latar yang akan membuat mata menjadi lebih segar setelah terpolusi oleh kehidupan kota yang serba padat.

Kamu bisa ajak keluarga untuk camping di Cikole ini, atau juga rekan kerja, bahkan teman-teman lama yang sudah tidak bertemu: reuni asik di Grafika camping ground Cikole.

3. Dusun Bambu Camping

tempat camping keluarga di bogor
sky-adventure.com

Bila kamu mencari tempat camping yang sedikit ekslusif, kamu bisa memilih Dusun Bambu. Iya, camping di Dusun Bambu bisa dibilang mahal, karena kamu harus menyewa penginapan berbentuk tenda. Setidaknya, kamu harus punya budget 1,5 – 2 juta rupiah.

Seperti pepatah, memang sepertinya harga tidak akan berbohong. Dengan budget seperti itu kamu akan mendapatkan fasilitas yang lengkap, mulai dari tenda, matras, bantal, sampai pun pada kayu bakar untuk membuat api unggun.

4. Ciwidey Valley Camping

camping ciwidey
infobdg.com

Dari Lembang, kita kembali lagi ke Ciwidey. Memang Bandung tidak pernah kehabisan cara untuk menciptakan magnet wisata. Setelah Ranca Upas, Ciwidey juga punya Ciwidey Valley sebagai tempat camping yang asik dan nyaman.

Baru dibuka tahun 2015, Ciwidey Valley juga menawarkan area perkemahan yang bisa dibilang ekslkusif. Daripada disebut camping ground, sebetulnya lebih cocok disebut hotel alam karena fasilitas yang diberikan untuk para pengunjung yang book di sini yaitu tenda, kamar mandi pribadi, toilet, kasur, TV, dll.

Tertarik?

5. Green Hill Ciwidey Camping Ground

tempat camping di sukabumi
spotpedia.id

Masih di kawasan Ciwidey, Green Hill juga menawarkan tempat perkemahan yang ekslusif, tentu dengan fasilitas yang juga memanjakan para pengunjungnya.

Di dalam tenda, kamu akan mendapatkan sleeping bag / kasur, selimut, dan kamar mandi pribadi. Karena ke-ekslusifan-nya, Green Hill Ciwidey biasa dijadikan tempat berkemah oleh para pengusaha-pengusaha besar untuk menikmati waktu santai mereka di tengah kesibukan yang semakin menghimpit.

Bagaimana, mau coba camping di sini?

6. Sari Ater Camping Park

tempat camping keluarga
tesyablog.com

Sari Ater Camping Park masih bagian dari Sari Ater Hotel. Hanya sedikit orang yang tahu tentang camping ground ini. Iya, Sari Ater Hotel ternyata menyediakan tempat perkemahan bagi para pengunjung yang ingin merasakan sensasi tidur di alam terbuka.

Namun memang, seperti camping ground lain di atas, Sari Ater Camping Park juga tergolong ekslusif karena sekali kamu menyewa tenda, kamu juga akan mendapatkan tempat tidur yang nyaman dan gratis tiket ke wahana wisata yang ada di Sari Ater.

Rencanakan camping keluargamu ke sini!

7. Pine Forest Camping

camping di gunung pancar
poppylatifah.com

Area Pine Forest Camp menyuguhkan konsep camping yang juga ekslusif plus 1 grup saja dengan minimal peserta 50 orang. Artinya memang Pine Forest camping didesain untuk kegiatan-kegiatan komunitas / organisasi, baik itu perusahaan atau pun yang lainnya.

Fasilitas yang diberikan antara lain: Tenda dome, sleeping bag, dan matras spon. Selain itu, kamu juga bisa menikmati kegiatan outbound, paintball, flying fox, dll.

Nah, bila kamu sedang merencanakan agenda organisasi yang di dalamnya ada kegiatan outdoor, Pine Forest camp bisa menjadi pilihan.


Tempat Camping di Bogor


camping keluarga
lembahsalah.blogspot.com

Bogor. Mendengar kata itu pasti pikiran kamu langsung tertuju pada Puncak, Kebun Raya, hijau rindang pohon, dan alam. Memang tidak bisa dinafikkan bahwa Bogor menjadi tempat wisata alam yang banyak diminati para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Suasana yang sejuk dapat mengantarkan pikiran menuju ketenangan setelah penat berkegiatan dalam tekanan pekerjaan yang begitu setiap hari.

Camping bisa menjadi solusinya. Selain bisa menjernihkan pikiran, kamu juga bisa sekaligus mengajak keluarga untuk ikut serta dan meningkatkan level kasih sayang ke tingkat yang lebih tinggi: lebih harmonis.

Berikut beberapa tempat camping di Bogor yang bisa kamu pilih.

1. Kampoeng Awan Camping Ground

tempat camping di bali
gooutbound.com

Bila kamu ingin merasakan berkemah di alam terbuka, Kampoeng Awan bisa menjadi tempat yang tepat. Iya, apalagi bila kamu yang berandai-andai berkemah di gunung, tetapi belum mampu mewujudkannya.

Kampoeng Awan berada di kawasan Mega Mendung. Pengunjung akan mendapatkan fasilitas berupa tenda dome, kasur / sleeping bag, dan juga bantal. Ada sekitar 20 kamar mandi dari pancuran bambu yang bisa pengunjung pakai.

Berkemah di Kampoeng Awan akan memberikan kesan yang tidak akan terlupakan.

2. Sukamantri Camping Ground

tempat camping di jogja
jakartavwcampervan.com

Sukamantri camping ground adalah salah satu tempat perkemahan yang populer di Bogor. Lokasinya masih termasuk dalam kawasan / area Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang dilindungi.

Kamu bisa bawa sendiri perlengkapan campingmu atau kamu bisa menyewanya karena di Sukamantri Camping Ground ada banyak sekali tempat penyewaan perlengkapan camping. Misalnya, tenda; tenda dengan kapasitas 3 – 4 orang hanya dikenakan biaya Rp.60 ribu / malam.

Kamu juga bisa menyewa peralatan camping lainnya seperti nesting, matras, sleeping bag, flysheet, lampu camping, dll. Maka memang tempat ini menjadi pilihan paling tepat untuk camping keluargamu.

3. Camping Gunung Pancar

camping keluarga
jakartavwcampervan.com

Tempat camping selanjutnya yaitu Gunung Pancar. Satu dari sekian area perkemahan di Bogor yang tidak hanya terbaik, tetapi juga populer.

Perkemahan Gunung Pancar ditawarkan bersama dengan keamanan dan kenyamanan, sehingga sangat direkomendasikan bagi kamu yang sedang mencari tempat kemah keluarga di area Bogor. Camping area ini menawarkan area perkemahan dengan harga Rp. 300 ribu / malam.

4. Mandalawangi Camping Ground

tempat camping murah di bandung
mandalawangicampground.com

Satu lagi tempat camping keluarga terbaik di Bogor. Mandalawangi Camping Ground menyediakan kenyamanan dan suasana sejuk untuk kamu yang sedang ingin menjauh dari hiruk pikuk kehidupan kota. Saat tiba waktu liburan, sesekali ajaklah keluarga untuk bekemah di sini. Mungkin udaranya memang terasa agak dingin, tapi suasananya akan hangat.

Rencanakanlah camping keluarga ke Mandalawangi Camping Ground.


Itulah beberapa tempat camping di Indonesia yang diwakili oleh Bandung dan Bogor. Sebenarnya ada banyak sekali camping ground yang bisa kamu jadikan destinasi untuk liburan keluarga seperti misalkan camping sukabumi, bali, bromo, jogja, dll.

Untuk sementara, saya tuliskan dulu tempat camping di Bandung dan Bogor terlebih dahulu. Artikel ini akan diupdate.

Apa Komentarmu?