Susu Kucing: Daftar Merk Susu Kucing [Anakan & Dewasa]

Susu Kucing yang Cocok untuk Anak Kucing dan Kucing Dewasa – Anak kucing yang baru lahir sebaiknya dikasih susu apa? Apakah kucing dewasa dan anak kucing susunya berbeda? Apakah kucing bisa diberi susu yang dibuat untuk manusia? Temukan jawabannya di artikel ini. Silakan gunakan daftar isi di bawah untuk langsung menuju topik yang kalian inginkan. Tks.

***

Kalau kalian penggemar film kartun Tom & Jerry, kalian tentu sudah familiar dengan adegan di mana Tom minum susu dari piring. Nah, di dunia nyata pun kucing ternyata memang butuh susu. Apalagi ketika kalian sedang merawat anak kucing yang baru lahir. Susu menjadi hal wajib yang harus kalian siapkan.

Kucing dewasa pun demikian. Mereka perlu susu sebagai energi tambahan sebakda makan.

Kalau begitu, pertanyaannya adalah, apa susu yang cocok untuk anak kucing dan kucing dewasa? Inilah daftarnya.

Daftar Susu Kucing Rekomendasi

Anak kucing dan kucing dewasa ternyata punya jenis susu yang berbeda. Maka, di sini akan kami klasifikasikan berdasarkan keadaan si kucing; anak kucing dan kucing dewasa.

Susu untuk anak kucing

Anak kucing yang baru lahir sampai setidaknya 4 minggu, memerlukan susu sebagai makanan utamanya karena mereka belum bisa memakan makanan padat.

Berikut adalah daftar susu yang cocok untuk anak kucing:

1. Susu dari Induk Kucing

Susu pertama tentu adalah susu alami yang diberikan induk kucing kepada anaknya.

Sepertihalnya ASI untuk bayi, susu dari induk kucing mengandung banyak gizi dan zat-zat yang diperlukan oleh pertumbuhan anak kucing. Tuhan memang Maha Penyayang, ya!

Dalam cairan susu pertama yang dikeluarkan induk kucing, terdapat kolostrum yang kemudian berperan sebagai pembentuk antibodi bagi anak kucing.

Hal tersebut tentu–tanpa harus melakukan validasi ke dokter hewan- adalah hal yang sangat baik.

2. Growssy Milk

Susu kedua adalah merk Growssy Milk yang akan dengan sangat mudah kita temui di petshop dan marketplace.

Susu merk Growssy Milk ini termasuk susu yang cocok untuk anak kucing karena mudah dicerna dan yang terpenting adalah rendah laktosa. FYI, kandungan laktosa yang tinggi bisa merusak pencernaan kucing.

Selain itu, Growssy Milk juga mengandung antioksidan kompleks, termasuk di antaranya vitamin E, C, lutein, taurin, dan oligosakarida.

3. Whiskas Junior 2-12M

Ketiga ada Whiskas Junior. Sudah tidak perlu ditanya, Whiskas adalah salah satu brand yang terkenal dengan produk makanan kucing. Ini artinya, produk-produk yang dikeluarkan oleh brand ini sudah teruji oleh konsumen langsung dan mendapatkan rekomendasi dari ahli.

Nah, selain makanan kucing, Whiskas juga punya produk susu untuk anak kucing umur 2 bulan sampai 12 bulan bernama Whiskas Junior.

Untuk anak kucing baru lahir sebaiknya dikasih susu dari induknya saja. Kecuali kalau ada anak kucing tanpa induk, kalian bisa coba berikan susu ini dengan dosis yang lebih sedikit (wajib tanyakan pada dokter hewan).

Susu untuk Kucing Dewasa

Setelah kucing dewasa, meskipun sudah bisa makan makanan keras, mereka tetap butuh susu sebagai energi tambahan. Nah, inilah daftar susu yang cocok untuk kucing dewasa, yang bisa dengan mudah kalian temukan di petshop dan marketplace (tentu sudah teruji ahli dan konsumen langsung).

1. Longlife Milk Cats

Susu untuk kucing dewasa yang pertama adalah merk Longlife Milk Cats. Dengan harga yang terbilang cukup terjangkau, susu kucing ini memiliki kandungan zat yang dibutuhkan oleh kucing dewasa seperti glucosamine, chondroitin, dan juga DHA.

2. You’ssy Milk

Susu kucing berikutnya adalah You’ssy Milk. Susu untuk kucing dewasa ini sangat bergizi tinggi dan mudah dicerna. Cocok untuk anak kucing dan juga indukan kucing. Menurut informasi, susu merk ini berstruktur granul mikro yang memungkinkan susu ini bisa langsung larut dalam waktu 5 detik saja.

3. Bioline Goat Milk

Seperti namanya, susu ini berasal dari induk kambing yang dianggap memiliki komposisi mirip dengan susu dari induk kucing.

Ketika kalian membeli 1 kotak susu, kalian akan mendapatkan 20 sachet dengan masing-masing berat 10gr.

Bioline Goat Milk ini hypoallergenic alias tidak menimbulkan alergi apapun; maka dipastikan produk ini aman dan mudah dicerna oleh kucing.

Kucing dewasa membutuhkan susu Bioline ini sebagai suplemen dan energi tambahan. Selain itu, susu tersebut juga bisa dikonsumsi oleh kucing sakit dan hamil.

***

FAQ Susu Kucing

Apakah kucing bisa diberikan susu untuk manusia?

Tidak bisa. Susu untuk manusia seperti susu bendera, indomilk, dancow, dsb. tidak cocok diberikan ke kucing baik itu anak kucing ataupun kucing dewasa. Karena kandungan laktosa yang terdapat dalam susu tersebut bisa merusak pencernaan kucing.

Apa susu terbaik untuk anak kucing baru lahir?

Susu terbaik untuk anak kucing baru lahir tentu adalah susu yang berasal dari induknya sendiri. Namun, bila kalian merawat anak kucing baru lahir tanpa induk, kalian bisa memberikan susu formula seperti Bioline, Whishas, Growssy, dll. (tanyakan dulu ke dokter hewan, ya!)

Apakah kucing dewasa butuh susu?

Butuh tetapi tidak menjadi sebuah keharusan. Susu untuk kucing dewasa berperan sebagai suplemen tambahan energi dan menjaga kesehatan tubuhnya saja.

***

Demikian. Itulah daftar susu kucing yang bisa kalian jadikan referensi. Susu-susu di atas diperjualbelikan di petshop dan/atau marketplace seperti Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak.

Apa Komentarmu?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.