Pengertian Manajemen: Secara Umum & Menurut Ahli

Pengertian Manajemen – Apa itu manajemen? Manajemen menurut para ahli adalah? Apa fungsi manajemen? Apa unsur dan tujuan manajemen? Apa saja keilmuan yang termasuk dalam manajemen? Temukan semua jawabannya di artikel ini. Silakan gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.

***

Orang yang bisa melakukan tugas dan menuntaskan tanggung jawab dengan efektif dan efisien, biasanya memiliki kemampuan manajemen yang baik. Entah itu manajemen waktu, manajemen energi, dan yang paling penting adalah manajemen diri.

Pertanyaannya adalah, apa sih pengertian manajemen?

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang arti manajemen, silakan baca ulasan dari satriabajahitam.com secara saksama.

Oh ya, sebelum itu, di artikel ini nanti akan banyak disebut kata efektif dan efisien. Biar tidak salah paham mengenai maksudnya, silakan baca: pengertian efektif dan efisien.

Pengertian Manajemen Secara Umum

Secara umum, manajemen adalah sebuah proses yang mengatur segala sesuatu, terkait dengan individu atau kelompok agar lebih efektif dan efisien mencapai tujuan tertentu.

Dengan kata lain, manajemen adalah sebuah kemampuan yang sangat diperlukan agar dapat mencapai sebuah tujuan, dengan memanfaatkan sumber daya yang ada secara kooperatif dan efisien.

Sebuah perusahaan, organisasi, institusi, atau kelompok komunal akan berjalan dengan baik jika manajemen di dalamnya juga baik.

Tanpa manajemen yang baik, entitas-entitas tersebut akan berantakan bahkan hancur sebelum mencapai target.

Pengertian Manajemen Menurut Ahli

Setelah mengetahui arti manajemen secara umum, para ahli merumuskan pengertian-pengertian manajemen dengan lebih spesifik dan lengkap.

Berikut adalah pengertian manajemen menurut para ahli:

1. Hilman

Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sebuah target dengan melalui sebuah perantara dan pengawasan. Dengan demikian, target apapun dapat tercapai bersama.

Hilman

2. Mary Parker Follet

Manajemen merupakan sebuah seni untuk menyelesaikan tugas dengan perantara tertentu.

Dalam hal ini, manajemen bisa juga diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan oleh entitas yang lebih tinggi ke entitas yang lebih rendah; seperti bos kepada bawahannya, untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan demi tercapainya tujuan tertentu.

Mary Parker Follet

3. George Robert Terry

Manajemen adalah proses unik dan khas dari beberapa tindakan. Contohnya pengorganisasian, pengawasan, perencanaan, dan penggerakan.

Seluruh contoh tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

George Robert Terry

4. Lawrence A. Appley

Manajemen merupakan sebuah keahlian dalam memengaruhi dan/atau membangkitkan orang lain agar bersedia melakukan sesuatu dengan sebuah tujuan tertentu.

Lawrence A. Appley

5. Ricky W. Griffin

Manajemen adalah proses perencanaan, koordinasi, organisasi, dan kontrol untuk setiap sumber daya demi mencapai sebuah tujuan secara efektif dan efisien.

Efektif artinya, setiap tujuan tercapai sesuai dengan yang telah direncanakan; sementara efisien berarti manajemen yang terjadi, dilakukan dengan terorganisir, cermat, dan tepat waktu.

Ricky W. Griffin

6. Mulkan Fauzi

Manajemen merupakan sebuah kemampuan mengolah sumber daya agar bisa bekerja sesuai arahan, demi mencapai sebuah tujuan tertentu dengan efektif dan efisien.

Mulkan Fauzi

7. Sabda Hanif Ibrahim

Manajemen adalah proses mengorganisir segala sesuatu, baik itu dari dalam dirinya sendiri seperti energi, pergerakan, dan ucapan; maupun hal-hal di sekitarnya seperti waktu, peralatan, dan transportasi, agar bergerak secara disiplin dan sesuai harapan.

Sehingga dengan hal tersebut, sebuah tujuan bisa dicapai dengan efektif dan efisien.

Sabda Hanif Ibrahim

Fungsi Manajemen

Manajemen memiliki fungsi yang harus kalian ketahui. Di antara fungsi tersebut adalah:

1. Fungsi Perencanaan

Percenanaan adalah hal utama yang perlu dilakukan dalam proses manajemen. Perencanaan biasanya dilakukan oleh seorang manajer atau pemimpin dari sebuah kelompok.

Dengan sebuah perencanaan, maka alur kerja dari entitas tersebut tergambar secara jelas. Hal-hal yang harus dilakukan sudah tercatat dengan rapi, sehingga tidak ada pekerjaan yang sia-sia.

Tanpa adanya perencanaan yang matang, tujuan dari kegiatan manajemen tidak akan tercapai. Setidaknya, proses mencapai tujuan akan terhambat alias tidak efektif dan tidak efisien.

2. Fungsi Pengorganisasian

Pengorganisasian merupakan proses pertama untuk merealisasikan rencana. Dengan pengorganisasian, hal-hal yang harus dilakukan–yang sudah tercatat sebelumnya- diserahkan ke individu-individu yang kompeten di bidang tersebut.

Dengan demikian individu-individu itu bisa memanfaatkan sumber daya yang ada sesuai dengan tugasnya.

3. Fungsi Pengarahan

Dalam sebuah proses manajemen, perlu ada seorang manajer atau individu yang menjadi pemimpin dan memberikan arahan.

Arahan yang diberikan oleh manajer tersebut, bertujuan agar entitas yang berada di bawahnya tidak ‘keluar jalur’, dan tetap mengerjakan tugasnya dengan disiplin.

4. Fungsi Pengawasan

Fungsi pengawasan juga biasa disebut sebagai kontrol. Meskipun dalam kegiatan manajemen sudah ada perencanaan, pengorganisasian, dan pengarahan, jika sudah berkaitan dengan manusia sebagai makhluk dinamis, pasti akan ada satu-dua hal yang tidak sesuai dengan rencana.

Di sinilah peran pengawasan menjadi penting, agar yang tidak sesuai rencana tersebut dievaluasi dan diperbaiki di masa berikutnya.

Tujuan Manajemen

Dari awal sudah disebutkan kalau manajemen itu adalah sebuah proses untuk mencapai tujuan.

Tujuan dari proses manajerial itu berbeda-beda. Tergantung kepentingan setiap individu atau kelompok yang melakukan proses tersebut. Tapi secara umum, tujuan dari kegiatan manajemen itu antara lain:

  1. Mengevaluasi kinerja, meninjau, dan mengkaji ulang sebuah rencana untuk selanjutnya dibuat penyesuaian ulang, sehingga pemenuhan target selalu menjadi lebih efisien dari waktu ke waktu.
  2. Menyederhanakan aktivitas dengan tetap mendapatkan hasil yang maksimal.
  3. Efisiensi penggunaan sumber daya untuk hal yang tidak satu jalur dengan tujuan dilakukannya manajemen.
  4. Mendisiplinkan diri sehingga hidup lebih teratur.
  5. Melakukan inovasi secara berkala, yang didasarkan pada perkembangan lingkungan di sekitar.

Unsur Manajemen

Tidak hanya memiliki fungsi dan tujuan, manajemen juga punya beberapa unsur.

Secara umum, manajemen memiliki unsur yang harus diposisikan setara, yakni 6M.

Apa itu 6M dalam manajemen? 6M adalah Man, Money, Material, Machine, Method, dan Market.

Kenapa enam unsur tersebut harus diposisikan setara? Karena antara satu dan yang lainnya saling keterkaitan.

Berikut adalah penjelasannya:

1. Man

Man. Manusia. Dalam proses manajemen wajib ada unsur manusianya. Sebab hanya manusialah makhluk yang mampu untuk menentukan tujuan sekaligus menyusun rencananya.

Manusia yang melakukan kegiatan manajemen disebut manajer. Tanpa manusia, kegiatan manajerial tidak akan pernah ada.

2. Money

Uang menjadi salah satu unsur penting dalam kegiatan manajemen. Sebab, diakui ataupun tidak, uang mempunyai peran dalam kemudahan mencapai tujuan.

Kegiatan manajerial juga butuh biaya operasional. Dan uang sangat berperan di sini.

3. Material

Unsur berikutnya yang juga tidak kalah penting adalah material. Material ini bisa berarti sumber daya alam yang nantinya akan digunakan demi mencapai tujuan.

4. Machine

Di mana ada material di sana harus ada machine. Machine tidak harus selalu diartikan sebagai mesin. Namun bisa juga diartikan sebagai alat untuk mengolah material, supaya lebih berguna untuk mencapai tujuan dari proses manajemen.

5. Method

Unsur manajemen kelima ada method. Method diartikan sebagai sebuah jalan atau cara dari unsur-unsur sebelumnya mencapai satu tujuan.

6. Market

Unsur terakhir dari proses manajemen adalah market. Market tidak selalu harus diartikan pasar, tapi juga bisa diartikan sebagai waktu atau tempat di mana tujuan dari proses manajerial itu berada.

Jenis Keilmuan Manejemen

Di paling awal, sudah kami singgung tentang manajemen waktu, manajemen diri, manajemen keinginan, manajemen energi dll.

Hal tersebut merupakan pengelompokkan dari proses manajerial.

Manajemen waktu berarti sebuah proses mengatur dan mengevaluasi waktu yang kalian gunakan dalam satu hari, agar tidak terbuang sia-sia untuk kegiatan yang juga sia-sia.

Manejemen energi berarti proses pengelolaan energi supaya efektif dan efisien, demi mencapai sebuah tujuan hemat energi, misalnya.

Dll.

Nah, ada beberapa jenis keilmuan manajemen yang umum diketahui. Di antaranya adalah:

1. Manajemen SDM

Manajemen SDM merupakan sebuah proses pengorganisasian, penempatan, pengarahan, dan pengawasan terhadap individu-individu, di dalam sebuah kelompok.

Manajemen SDM bertujuan untuk menempatkan individu sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, sehingga proses pencapaian tujuan bisa lebih efektif.

2. Manajemen Waktu

Manajemen waktu adalah proses pengorganisasian waktu agar 24 jam jatah kalian dalam satu hari, bisa digunakan untuk aktivitas-aktivitas produktif yang membantu kalian mencapai cita-cita.

3. Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan merupakan sebuah proses di mana uang menjadi objek vital untuk dikelola.

Hal tersebut berkaitan dengan kegiatan perencanaan, penganggaran, pencarian, pengelolaan, penyimpanan, dan pemeriksaan, agar uang tersebut digunakan se-efisien mungkin untuk mengakomodir setiap hal yang membantu pencapaian tujuan.

4. Manajemen Produksi

Manajemen produksi berkaitan dengan pengelolaan bahan baku agar proses pembuatan suatu produk tidak memakan biaya, energi, dan bahan baku yang tidak sesuai dengan kualitas produk jadi.

5. Manajemen Pendidikan

Manajemen pendidikan adalah proses pengorganisasian perangkat pengetahuan, dimulai dari ilmu yang kemudian dibuat kurikulum; guru yang kompten terhadap suatu ilmu; sampai gedung sekolah.

Hal tersebut bertujuan agar setiap entitas yang berada di bawah pendidikan tersebut menjadi lebih berbudi pekerti dengan keilmuan yang sesuai dengan kebutuhan zaman.

6. Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan agar sebuah produk atau jasa bisa lebih dikenal dan diterima konsumen di market/pasar.

Dalam prosesnya, manajemen pemasaran juga mengelola budget agar dana yang dikeluarkan untuk memasarkan produk tersebut tidak terlalu besar, tetapi menghasilkan profit yang sangat besar.

7. Manajemen Diri

Manajemen diri adalah proses pengendalian dan pendisiplinan diri sendiri agar hidup lebih teratur, produktif, dan tetap positif, sehingga tujuan hidup bahagia bisa tercapai.

8. Manajemen Risiko

Manajemen risiko merupakan proses yang dilakukan manajer dan tim, untuk mengolah sumber daya dan segala macam informasi, agar tidak menimbulkan banyak kerugian dan memaksimalkan potensi keuntungan yang bisa didapatkan.

Peran Penting Manajemen untuk Perusahaan atau Organisasi

Manajemen sangat penting untuk diterapkan dalam setiap kegiatan. Baik itu kegiatan individu atau komunal seperti di perusahaan atau organisasi.

Berikut adalah peran manajemen dalam membantu perusahaan atau organisasi:

  1. Memberikan panduan dan arahan
  2. Memberikan insight mengenai bagaimana sebuah perusahaan berjalan dan mengevaluasi kinerjanya
  3. Membantu merumuskan misi perusahaan agar visi bisa tercapat dengan lebih efektif dan efisien
  4. Membantu mendefinisikan tupoksi bagi tiap-tiap individu di dalam suatu kelompok, agar suatu pekerjaan dikerjakan oleh orang yang tepat
  5. Merapikan organisasi

Tanya Jawab Perihal Manajemen

Apa itu manajemen?

Manajemen adalah sebuah proses yang mengatur segala sesuatu, terkait dengan individu atau kelompok agar lebih efektif dan efisien mencapai tujuan tertentu.

Sebutkan arti manajemen menurut para ahli!

Bisa baca di sini.

Apa saja fungsi manajemen?

– Fungsi perencanaan
– Fungsi pengorganisasian
– Fungsi pengarahan
– Pungsi pengawasan

Apa saja unsur-unsur manajemen?

Unsur manajemen sering disingkat dengan 6M yaitu:
– Man (manusia)
– Money (uang)
– Material (sumber daya)
– Machine (alat)
– Method (cara)
– Market (pasar)

Save as PDF

Bagi kalian yang ingin menyimpan pembahasan ini dalam bentuk PDF, bisa dengan menekan tombol Ctrl + P lalu klik save as PDF. Atau kalau di HP, bisa dengan memakai aplikasi Google Chrome, lalu klik titik tiga di kanan atas > share > print. Lalu pilih save as PDF.

Cara lengkapnya bisa dibaca di sini: cara save web menjadi PDF.


Demikian. Itulah pengertian manajemen secara umum dan menurut para ahli; serta beberapa fungsi dan unsur-unsur di dalamnya.

Semoga penjelasan di atas bisa memudahkan kalian untuk lebih memahami tentang manajemen. Terima kasih.

Apa Komentarmu?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.