Apa Itu Internet? Inilah Pengertian Internet Menurut Para Ahli!

Pengertian Internet – Untuk menjawab pertanyaan apa yang dimaksud dengan internet, kita harus memahami secara menyeluruh dari mulai asal-usul atau sejarah internet itu sendiri, sehingga yang kita dapatkan tidak hanya pengertian secara terminologi, namun juga bisa mendefinisikannya secara makna.

Untuk kamu yang ingin langsung loncat ke pengertian internet, silakan pakai daftar isi di bawah ini.

Sejarah Internet Secara Singkat

arti internet

Pada mulanya internet adalah jaringan komputer yang diciptakan tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika melalui ARPA yang kemudian disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).

Pada saat itu mereka mempresentasikan tentang bagaimana sebuah perangkat komputer berbasis UNIX bisa melakukan komunikasi dengan komputer lainnya dalam jarak jauh melewati saluran telepon.

Lalu proyek ARPANET ini dikenalkan pada tahun 1972 ke khalayak umum dan berkembang sangat pesat, mengundang banyak lembaga untuk bergabung, mengganti nama menjadi MILNET, DARPA Internet, dan terakhir hanya internet.

Begitulah sejarah singkat internet. Artikel lengkapnya bisa kamu baca di sini sejarah internet

Pengertian Internet

definisi internet

Baik, sekarang kita akan lanjut ke pembahasan utama tentang apa itu internet? Di bagian ini kami akan bagi penjelasan tentang arti internet ke dalam beberapa bagian: 1) pengertian internet menurut para ahli. 2) definisi internet menurut orang awan. 3) kesimpulan jaringan internet.

Mari kita mulai.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

1. Onno W. Purbo

“Internet pada dasarnya adalah media yang dipakai untuk meng-efisienkan proses komunikasi yang diperantarai dengan berbagai aplikasi seperti web, VoIP, dan email.” (Prihatna, 2005)

2. Allan

“Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lainnya secara fisik dan juga mempunyai kemampuan untuk menguraikan dan membaca berbagai protokol komunikasi yang dalam hal ini Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP).” (2005)

3. Strauss, El-Ansary, dan Frost

Jaringan internet adalah keseluruhan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa komputer di dalam jaringan ini saling berbagi-pakai file; bisa diakses dan digunakan, seperti halaman web.” (2003)

4. Oetomo

“Jaringan internet merupakan singkatan dari international network, yang bisa didefinisikan sebagai sebuah jaringan komputer yang sangat besar dan terdiri dari jaringan-jaringan yang lebih kecil.” (2002)

5. Randall dan Latulipe

“Internet adalah sebuah jaringan global yang terdapat di dalam jaringan komputer yang bisa diakses di mana saja.” (2001)

6. Kayo, Mori, dan Takano

“Internet merupakan jaringan yang mempunyai 3 keistimewaan; bebas, dinamis, dan interaktif. Bebas berarti memberikan kuasa kepada pengguna untuk berbagi-pakai informasi. Dinamis berarti informasi di internet senantiasa baru. Interaktif berarti satu pengguna bisa berkomunikasi langsung dengan pengguna lainnya.” (1996)

7. Supriyatno

“Internet adalah hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang memiliki sistem operasi dan aplikasi, baik itu sama ataupun berbeda, di mana hubungan tersebut memanfaatkan perangkat komunikasi yang telah maju seperti telepon dan satelit.” (2006)

8. Harjono

“Internet merupakan kumpulan beberapa komputer di seluruh dunia–yang jumlahnya bisa sampai jutaan, yang bisa saling berhubungan atau terkoneksi satu sama lainnya melalui kabel / serat optik, satelit atau telepon.” (2009)

9. Ramdhani

“Internet yaitu sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang bisa menghubungkan berbagai situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, hingga perorangan.” (2003)

10. Tim Peneliti dan Pengembangan Wahana Komputer

“Internet ialah metode untuk menghubungkan berbagai macam komputer ke dalam satu jaringan global yang luas.” (2005)

11. Greenlaw dan Hepp

“Internet ialah sebuah sistem informasi global yang tersambung secara logika oleh alamat unik yang berbasis Internet Protocol (IP) dan memiliki dukungan komunikasi Transmission Control Protocol (TCP). Hal tersebut mengakibatkan internet dapat digubah, digunakan, dan juga diakses secara umum maupun khusus.” (2002)

12. Turban, Rainer, dan Potter

“Definisi internet ialah suatu jaringan besar yang mengoneksikan jaringan komputer baik dari organisasi bisnis, organisasi pemerintahan, maupun sekolah-sekolah di seluruh dunia secara langsung dan juga cepat.” (2005)

13. Lutfy SY

“Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang saling terkoneksi secara global, yang memungkinkan pengguna internet saling berbagi-pakai atau bertukar informasi dan dta melalui jaringan tersebut.”

14. Engineers Garage

“Tidak ada definisi baku tentang apa itu internet dan internet tidak pernah membatasi diri untuk setiap definisi tertentu. Namun bisa dikatakan, internet adalah jaringan kabel atau tanpa kabel yang saling berkomunikasi dan bertujuan untuk mengirimkan informasi.”

15. Sibero

“Internet atau inter-connected Network ialah sebuah jaringan komputer yang mengoneksikan komputer dengan komputer lainnya secara global. Internet bisa juga disebut jaringan alam, jaringan yang sangat luas.” (2011)

16. Lani Sidharta

“Internet merupakan bentuk interkoneksi dari sebuah jaringan komputer, yang mana bisa memberikan bentuk layanan informasi dengan lengkap. Internet juga bisa menjadi rekan maya dan/atau virtual yang ampuh untuk kepentingan bisnis, politik, dan bahkan hanya untuk hiburan.” (1996)

17. Ned Snell

“Internet yaitu sebuah koridor berbagai macam jenis sumber daya yang ada padanya, dan sumber daya tersebut diakses melalui perangkat yang berbeda-beda.”

18. Sarwono

“Internet yaitu sekumpulan jaringan yang mempunyai skala global. Tidak ada seorang pun yang sanggup bertanggung jawab untuk menjalankan internet itu sendiri.” (2012)

19. Berners Lee

“Interet ialah suatu jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan lain.”

20. Kamus Oxford

“Internet ialah jaringan komputer global yang menyediakan berbagai fasilitas informasi dan komunikasi, yang terdiri dari jaringan interkoneksi menggunakan protokol komunikasi standar.”

21. Federal Networking Council

“Internet merujuk kepada sebuah sistem informasi global, yang secara logika dihubungkan dengan alamat unik (IP).”

22. Wikipedia

“Internet adalah kependekan dari interconnection networking: keseluruhan jaringan komputer yang saling terkoneksi satu sama lain. Agar komputer itu saling terhubung, internet memanfaatkan sistem standar yaitu protokol TCP / IP untuk melayani pertukaran paket dalam jaringan tersebut di seluruh dunia.”

23. Kamus Besar Bahasa Indonesia

“Internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit.”

Demikian itulah beberapa pengertian internet menurut para ahli. Silakan dicatat dan dipahami maksud atau inti dari semua definisi yang dikemukakan oleh para beliau di atas sehingga kita bisa mendefinisikan sendiri di kemudian hari.

Definisi Internet Menurut Orang Awam

pengertian internet

Kami sengaja meletakan bahasan ini setelah bahasan internet menurut para ahli. Tujuannya agar kita bisa memperbandingkan bagaimana khalayak umum mengartikan jaringan internet secara sederhana dan kemudian mengambil kesimpulan yang bisa diterima semuanya.

Menurut orang awam, internet adalah “Mengirim pesan di facebook, bisa menonton video di youtube. Bisa kirim foto dan ketemu sama teman-teman di masa lalu. Banyak resep makanan juga. Bisa beli barang di tokopedia dan bukalapak. Upload foto di instagram. Pokoknya internetan bisa di hape atau komputer asal punya kuota. Hehe.”

Kesimpulan Jaringan Internet

jelaskan pengertian internet

Dari dua perbandingan di atas, sudah bisakah kita menyimpulkan apa itu internet? Ini kesimpulan versi kami:

Internet merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan perangkat-perangkat elektronik-komunikasi di seluruh dunia dari mulai laptop sampai handphone, untuk kemudian berbagi-pakai informasi, berinteraksi, dan bersenang-senang.

Apa kamu setuju? Kalau tidak, silakan tinggalkan pengertian internet menurutmu di kolom komentar. 🙂

Apa Komentarmu?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.