Pengertian Efektif dan Efisien: Perbedaan dan Contohnya

Pengertian Efektif dan Efisien – Apa itu efektif? Apa itu efisien? Apa perbedaan di antara keduanya? Bagaimana penggunaan yang tepat untuk efektif dan efisien? Temukan semua jawabannya di artikel ini. Silakan gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian cari. Tks.

***

Kata efektif dan efisien seringkali disandingkan dalam satu kalimat. Kedua kata tersebut seakan-akan memiliki pengertian yang sama. Padahal, arti efektif dan efisien itu sangat berbeda.

Misalnya ketika membuat rumusan masalah dalam laporan penelitian atau proposal, seringkali kata efektif dan efisien digunakan untuk menyatakan tujuan dari pembuatan karya ilmiah tersebut.

Atau dalam kegiatan manajemen bisnis. Efektif dan efisien selalu jadi tolok ukur apakah bisnis tersebut berjalan dengan baik atau tidak.

Nah, untuk itu, agar kalian semua lebih paham pengertian dan perbedaan efektif dan efisien, kami tulis artikel ini. Silakan dibaca.

Pengertian Efektif dan Efisien

Sebelum ke perbedaan dan cara penggunaannya yang pas, alangkah baiknya kalian mengetahui pengertian dari masing-masing kata tersebut.

Pengertian Efektif dan Efisien

Secara umum, pengertian efektif adalah proses pencapaian target atau tujuan secara tepat, terlepas dari berbagai pilihan yang tersedia.

Artinya, dari serangkaian pilihan yang tersedia untuk mencapai sebuah tujuan, kalian akan disebut efektif kalau memilih salah satunya, yang menurut analisa kalian paling tepat.

Sementara, pengertian efisien adalah proses pencapaian target atau tujuan, dengan menggunakan sumber daya seminimal mungkin guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Artinya, terlepas dari ketersediaan sumber daya yang kalian punya; entah itu tenaga, waktu, mesin, ataupun uang, kalian hanya menggunakannya sedikit. Tetapi dengan penggunaan yang sedikit tersebut, tujuan kalian tetap tercapai dengan baik.

Perbedaan Efektif dan Efisien

Efektif dan efisien bisa dijelaskan dalam beberapa poin berikut ini:

EFEKTIFEFISIEN
Berorientasi tujuanBerorientasi proses
Pemilihan proses berdasarkan cara tercepat.Pemilihan proses berdasarkan cara terhemat.
Mengerjakan sesuatu dengan efektif cenderung tidak memerlukan waktu yang lamaMengerjakan sesuatu dengan efisien memerlukan waktu yang sedikit lebih lama.
Memaksimalkan penggunaan sumber dayaMeminimalisir penggunaan sumber daya
Biaya yang dikeluarkan tinggiHemat biaya
tabel perbedaan efektif dan efisien

Dari tabel di atas, dapat disimpulkan kenapa kata efektif dan efisien selalu disandingkan. Dengan melakukan suatu pekerjaan dengan efektif dan efisien, sebuah organisasi, perusahaan, atau bahkan individu bisa mencapai tujuannya dengan penggunaan sumber daya yang sedikit, tetapi tetap bisa mencapai hasil yang maksimal.

  • Efektif dan efisien
    Target bisa dicapai dengan cepat dan biaya yang minimal.
  • Efektif tapi tidak efisien
    Target bisa dicapai dengan sangat cepat, tetapi harus mengeluarkan biaya yang tinggi.
  • Tidak efektif tapi efisien
    Target bisa dicapai dengan waktu yang cenderung lama, tetapi hemat sumber daya.
  • Tidak efektif dan tidak efisien
    Target lama tercapai tetapi penggunaan sumber daya boros sekali.

Contoh Efektif dan Efisien

Sebagai contoh, ada sebuah ilustrasi yang bisa menjelaskan tentang efektif dan efisien, agar lebih mudah dimengerti. Begini …

Di hari libur ini, Anto yang tinggal di Jakarta ingin berlibur ke Surabaya. Ada beberapa pilihan yang bisa dia ambil untuk bisa sampai; naik kereta, naik bus, atau pesawat.

  • Jika Anto memilih naik Pesawat, dia harus mengeluarkan uang sebesar Rp.1.500.000,- tetapi hanya menempuh perjalanan selama 2 jam saja. Ini artinya Anto melakukan pekerjaan tersebut dengan efektif tapi tidak efisien. Sebab dia harus mengeluarkan biaya yang relatif mahal untuk satu perjalanan tersebut.
  • Jika Anto pergi ke Surabaya menggunakan Bus, dia hanya mengeluarkan uang sebesar Rp.200.000,- tetapi harus menempuh perjalanan selama 17 jam dengan fasilitas yang tidak nyaman (tidak bisa BAB, BAK, dll). Ini artinya Anto melakukan pekerjaan tersebut dengan efisien tapi tidak efektif.
  • Nah, agar perjalanan Anto bisa dilakukan secara efektif dan efisien, dia harus memikirkan jalan tengah. Harapannya Anto bisa sampai ke Surabaya dengan biaya yang relatif lebih murah dengan waktu perjalanan yang tidak terlalu lama. Misalnya menggunakan kereta yang hanya dengan uang Rp.400.000,- bisa sampai di Surabaya dalam waktu 9 jam.

Tips Agar Perkejaan Bisa Efektif dan Efisien

Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa kalian praktikkan agar setiap perkejaan yang sedang digeluti bisa efektif dan efisien.

1. Manajemen Waktu

Hal pertama yang harus kalian lakukan agar pekerjaan kalian efektif dan efisien adalah manajemen waktu. Jadi, sebelum suatu pekerjaan dilaksanakan, tentukan deadline dan hal apa saja yang harus kalian lakukan dalam rincian waktu.

Misal, hari ini kalian harus menyelesaikan tiga buah artikel. Tentukan deadlinenya jam berapa, sembari menuliskan beberapa kegiatan yang tidak boleh melenceng dari waktu yang ditentukan.

Selain itu, list hal-hal tidak produktif atau distraktif yang dapat membuat pekerjaan kalian teralihkan, agar energi kalian tidak terbuang percuma.

2. Rileks tapi Serius

Jangan menjadikan efektif dan efisien sebagai hantu. Rileks saja. Jangan takut. Mengerjakan suatu pekerjaan dalam keadaan tertekan tidak akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Mungkin saja target kalian tercapai. Tapi kualitas dari pencapaian tersebut bisa jadi tidak membahagiakan.

Maka rileks. Tapi tetap serius dalam melakukan pekerjaan. Jadikan jadwal yang sudah kalian atur sebelumnya menjadi acuan. Kalau ada pekerjaan yang selesai lebih cepat dari yang sudah direncanakan, santai saja dulu.

3. Tidak Multitastikng

Multitasking bukanlah sebuah solusi. Mengerjakan banyak hal dalam satu waktu hanya akan membuat kalian stres dan tertekan. Pekerjaan mungkin akan selesai lebih cepat, tapi energi yang kalian keluarkan lebih banyak sehingga cepat merasa lelah.

4. Jangan Bandingkan dengan Orang Lain

Salah satu hal yang bisa membuat sebuah pekerjaan efektif dan efisien adalah bekerja berdasarkan kemampuan sendiri. Energi dan stamina setiap orang berbeda-beda. Jangan bandingkan kecepatan kerja orang lain dengan kecepatan kalian; jangan lupakan kalau hal tersebut juga bagian dari sumber daya.

5. Jangan Lupa Istirahat

Masukan istirahat sebagai kegiatan yang wajib kalian lakukan. Jangan menyisakan waktu untuk beristirahat, tapi luangkanlah waktu untuk melakukannya.


Tanya Jawab Efektif dan Efisien

Tidak hanya di brainly, kalian juga bisa menemukan tanya jawab di artikel ini.

Apa itu efektif?

Secara umum, efektif adalah cara untuk melakukan sebuah pekerjaan dengan cepat dan tepat, tetapi cenderung menggunakan sumber daya yang banyak.

Apa itu efisien?

Secara umum, efisien adalah cara untuk melakukan sebuah pekerjaan dengan menggunakan lebih sedikit sumber daya, tetapi bisa mencapai hasil yang maksimal dengan waktu yang lebih lama.

Apa itu efektif dan efisien?

Efektif dan efisien adalah cara untuk mencapai sebuah tujuan dengan cepat, tepat, dan tidak menggunakan sumber daya yang banyak.

Apa perbedaan efektif dan efisien?

Perbedaannya terletak pada orientasi. Efektif berorientasi pada hasil sementara efisien berorientasi pada proses.


Demikian. Itulah sekelumit tentang efektif dan efisien. Mulai dari pengertian, perbedaan, contoh, dan tips agar kalian bisa bekerja dengan efektif dan efisien. Silakan bagikan artikel ini ke teman-teman kalian. Semoga bermanfaat!

Penulis lepas. Penyuka blog.

Apa Komentarmu?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.