Anatomi adalah … | Pengertian Anatomi dan Cabang Ilmunya Lengkap

Anatomi adalah – Anatomi merupakan ilmu yang mengkaji struktur organisme hewan, tumbuhan, dan manusia. Atau definisi lainnya, anatomi adalah ilmu yang mempelajari struktur atau susunan dari tubuh organisme dan hubungan antar bagian yang satu dengan yang lainnya.

Penting untuk Dibaca: Apa itu Organisme?

Secara bahasa, anatomi berasal dari bahasa Yunani yang artinya pembedahan atau pemotongan; ana (bagian) dan tomi (memotong).

Bagian tubuh hewan dan manusia sangat kompleks, sehingga ilmuwan memecah ilmu anatomi ke dalam beberapa cabang lagi, yaitu …

Cabang Ilmu Anatomi

cabang ilmu anatomi

  1. Gross anatomi yang mempelajari struktur tubuh organisme yang bisa dilihat dengan mata.
  2. Anatomi mikroskopik atau histologi yang mempelajari susunan organ tubuh memakai alat mikroskop atau kaca pembesar. Misalnya penyelidikan tentang jaringan dan mempelajari sel.
  3. Anatomi sistemik yang mempelajari setiap sistem yang berada di dalam tubuh. Setiap sistem yang terdapat di dalam tubuh memiliki jaringan yang sama dan membentuk fungsi khusus; misal sistem otot, jantung, dan lainnya.
  4. Anatomi regional yang mengkaji letak organ di dalam tubuh. Hal ini sangat penting untuk dipelajari sebelum melakukan pembedahan / operasi. Misalnya mengetahui letak pembuluh darah, saraf, dan lainnya.
  5. Anatomi perkembangan (embriologi) yang mengkaji tentang perubahan-perubahan pada sel pertama kehamilan sampai anak lahir.
  6. Anatomi permukaan (surface anatomy) yang mempelajari letak organ di dalam tubuh yang kemudian diproyeksikan ke permukaan tubuh.
  7. Anatomi perbandingan (comperative anatomy) yang mempelajari perbandingan susunan tubuh manusia dengan organisme lainnya.
  8. Anatomi radiologi (anatomy X-ray) yang mempelajari struktur organ tubuh manusia secara radiologi / sinar X-ray / rontgen.
  9. Anatomi antropologi yang mengkaji tentang perbedaan ukuran tubuh manusia di satu tempat dan tempat lainnya.

Tambahan tentang Anatomi

anatomi manusia

Anatomi manusia melingkupi pengetahuan tentang kerangka, saraf, otot, pembuluh darah, dan organ-organ yang terdapat dalam tubuh manusia. Ilmu anatomi; ilmu tentang susunan tubuh manusia ini sangatlah penting sehingga mengisi sebagian besar porsi pendidikan medis di Eropa Barat.

Pada tahun 1543, Andreas Vesalius mempublikasikan anatomi klasiknya yang didasarkan pada pembedahan manusia. Tahun itu kemudian dianggap menjadi awal kemajuan ilmu anatomi, sehingga setelahnya banyak orang yang menemukan hal-hal baru. Contoh sederhananya tentang sistem peredaran darah yang ditemukan oleh William Harvey. Terus sampai hari ini. Ilmu anatomi terus berkembang. Dengan itu, resiko operasi pembedahan bisa ditekan ke angka paling minimal.


Demikian penjelasan pengertian anatomi / definisi anatomi. Bila ada yang perlu ditanyakan, silakan tulis di kolom kokmentar. Selamat belajar!

Apa Komentarmu?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.