Orang Ganteng Sintesa: Sebuah Catatan Akhir Tahun

ORANG GANTENG SINTESA – Alhamdulillah, akhirnya kami tiba di penghujung perjalanan sebagai seorang santri Sintesa. Rasa syukur tak terbendung ini tiada lain dan tiada bukan hanya ditujukan pada Allah swt. yang telah secara rahasia mempertemukan kami, orang-orang yang berbeda dari perangai sampai pun pada tujuan hidup, di sebuah panggung yang terus berjalan-beriringan bersama waktu.

Sholawat. Adalah rutinan terindah pada setiap majlis kami yang tetap tak berubah, dihaturkan pada Sayyidina Muhammad saw. Semoga kami tercatat sebagai ummatnya.

Setiap awal akan berujung pada akhir. Dan hari ini, selangkah lagi, kami akan tiba pada akhir itu: wisuda. Dalam rangka merayakan rasa syukur dan mengekalkan ilmu, akhirnya kami sepakat membuat sebuah kompetisi SEO nyeleneh tapi ngangenin: Menaklukkan keyword orang ganteng sintesa di tingkat pertama, orang ganteng *daerah masing-masing* di tingkat kedua, orang terganteng Indonesia di tingkat ketiga, dan akhirnya (mudah-mudahan) keyword orang terganteng di dunia juga bisa kami taklukkan.

Saya merasa perlu untuk sedikit menjelaskan makna orang ganteng ini. Kemarin, saya bertanya pada seorang teman perempuan; ceritanya riset, tapi bukan juga; saya memang biasa bertanya seperti itu. Kurang lebih setiap yang saya tanya mempunyai jawaban serupa. Begini …

Apa kegantengan itu bagi perempuan berpengaruh besar? Dibandingkan dengan prestasi mending mana? Terus sama yang humoris, sama yang bisa bikin nyaman. Nah, gimana?

Jawabannya,

Kalau saya, ganteng aja belum cukup. Lagi pun, kalau ganteng, itu cuma bonus. Kalau prestasi, iya. Tapi bukan prestasi dalam hal nilai-nilainya bagus di Sekolah atau Kampus; tapi punya capaian dalam hal tertentu. Lebih dari itu semua tanggung jawab.

Dari jawaban itu saya mendapatkan premis yang mengerucut pada sebuah simpulan: orang ganteng itu yang punya capaian dan bisa bertanggung jawab. Tanggung jawab di dunia dan akhirat. Tanggung jawab untuk dirinya sendiri sampai pun tanggung jawab untuk Indonesia; sebagai pemuda.

Berangkat dari itu semua, saya kemudian terinspirasi menjadikannya sebagai bahan untuk kompetisi orang ganteng sintesa ini tanpa direncanakan terlebih dahulu. Semesta memang pandai berkonspirasi.

Baiklah, ini adalah daftar orang ganteng yang memperoleh kegantengannya bukan dengan oprasi plastik, namun dengan pencapaian-pencapaian yang berbeda dari pemuda-pemuda seumuran dengan mereka, yang mungkin, masih minta jajan ke orang tua.

Daftar Isi

1. Orang Ganteng Sintesa: Pamungkas Adipura

orang ganteng tulungagung

(Peringkat * Orang Ganteng Tulungagung; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia)

Klimis-klimis pomade. Di antara semua santri, beliau adalah orang terganteng se-Tulungagung. Iya, karena hanya beliau yang berasal dari Tulungagung. Maka pantas kalau orang ganteng Tulungagung ini disematkan pada beliau.

Beliau juga, di antara para santri, barangkali adalah orang yang ilmu bisnisnya lebih matang. Beliau pernah secara formal belajar bersama Mas Jaya (Jaya Setiabudi), mentor bisnis yang telah menelurkan pengusaha-pengusaha sukses di Indonesia lewat YEA (Young Entrepreneurs Academy).

Beliau turun gunung, membumi bersama kami di Pesantren Sintesa. Barangkali semua orang yang tahu harta rahasia di balik ilmu internet marketing khususnya SEO, akan berani mengorbankan segalanya. Beliau salah satunya.

Pendapat saya tentang beliau? Wibawa. Selanjutnya … akan diupdate, ngejar selesai posting dulu.

2. Orang Ganteng Sintesa: Oki Adi Putra

orang ganteng lampung indonesia

(Peringkat * Orang Ganteng Lampung; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia)

CIKICIK. Tidak ada kata yang lebih dapat menggambarkan beliau selain ‘cikicik’. Berasal dari Lampung, laki-laki ini bisa memahami dua bahasa daerah: Jawa dan Sunda.

Pernah mengenyam pendidikan di jurusan–rumpun- arsitektur, membuat dirinya dekat dengan dunia desain. Baik desain rancang bangunan ataupun desain logo. Pernah beberapa kali memenangkan kontes desain logo dengan hadiah $.

3. Orang Ganteng Sintesa: Niko Febrian Nur

orang ganteng banjarmasin

(Peringkat * Orang Ganteng Balikpapan; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia)

Sarjana Ekonomi Syariah ini mengalihbentukkan kertas-kertas tanda tamat belajarnya dari Universitas menjadi ilmu yang tidak semua orang bisa dapatkan. Dan mahal. Beliau adalah satu dari sekian banyak santri yang memilih untuk mendalami ilmu Internet Marketing ketimbang daftar menjadi seorang karyawan.

Bisnisnya saat ini adalah berjualan container (sangar, le); bisnis yang tidak akan mungkin bisa terpikirkan oleh orang yang bergerak dalam bisnis seorang diri. Ya beliau masih sendiri.

Nanti dilanjut …

4. Orang Ganteng Sintesa: Nanang Rifai

orang ganteng solo

(Peringkat * Orang Ganteng Solo; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia)

Santri yang satu ini adalah penjelajah gunung dan pangeran padang pasir. Joss. Beliau, sebelum menjadi santri sintesa, memang sering mendaki gunung lewati lembah. Untuk satu gunung saja, beliau kadang sudah khatam beberapa kali. Jadi pas terakhir santri sintesa angkatan 4 rihlah ke Gunung Lawu, beliau tinggal murojaah saja.

Sebelumnya, beliau juga pernah punya pengalaman menjadi ‘survival’ di tanah Arab. Alhasil, beliau tahu sesuatu yang tidak semua orang tahu tentang Arab.

Nanti dilanjut …

 

5. Orang Ganteng Sintesa: Muhammad Faiz

orang ganteng bekasi

Peringkat * Orang Ganteng Bekasi; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia.

Tubuh kecilnya tidak menghalangi sayapnya mengepak, sampai-sampai buaya yang tergolong amphibi pun, sekarang bisa melayang-layang di udara. Alligatorsky. Sampai saat ini saya gak paham apa itu, tapi sementara saya menebak kalau itu adalah nickname gamenya. Iya, beliau adalah gamer yang HQQ.

Berasal dari Bekasi, berjarak beberapa ratus kilometer selalu menjadi candu bagi dirinya. Bayangkan saja, awal masuk pesantren dia bilang ingin kuliah di Jember, tapi ternyata takdir berkata lain. Setelah wisuda Agustus ini dari pesantren, takdir mambawanya kuliah di Universitas Sumbawa. Lebih jauh.

Nanti dilanjut …

6. Orang Ganteng Sintesa: Muhammad Asyrof

orang ganteng palembang indonesia

Peringkat * Orang Ganteng Palembang; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia

Pembelajar sejati. Menghempaskan diri dari dunia akademik, tidak membuat pikirannya terjerat pada kejumudan dunia antah berantah. Bahkan, Asyrof ini menguncup menjadi pribadi yang lebih matang. Kuliah bukan untuk tersesat, tetapi untuk melesat.

Beliau adalah salah satu desainer di situs frelance Fiverr. Desain-desain yang dia buat disukai banyak orang, utamanya desain minimalis. Ya, desain minimalis adalah spesialisasinya seperti tubuhnya yang juga minimalis.

Nanti dilanjut …

7. Orang Ganteng Sintesa: Ichsan Rachmad

orang ganteng jakarta indonesia

Peringkat * Orang Ganteng Jakarta; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia

Menempuh perjalanan 12 jam naik kereta, tidak menyurutkan semangatnya untuk belajar Internet Marketing di Pesantren Sintesa. Masuk dalam jajaran santri berumur tidak tua, rasa takzim dia pada santri-santri yang lebih berumur darinya terlihat dari sikapnya yang tidak pernah bisa mencak-mencak meskipun sering dibully teman satu meja, terkhusus di bagian depannya.

Api harapan menjadi jurnalisnya masih ada meskipun telah padam berkali-kali. Semua akan sampai pada apa yang ditakdirkannya, jangan pernah menyerah pada keadaan (kecuali memang harus).

Nanti dilanjut …

8. Orang Ganteng Sintesa: Hilman Abdul Fatah

orang ganteng tasikmalaya indonesia

Peringkat * Orang Ganteng Tasikmalaya; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia

Kepala suku sunda di Pesantren Sintesa. Allah mencetaknya sebagai manusia humoris yang persuasif. Maksudnya, kalau ketawa itu otomatis ngajak santri lain. Wajar memang kalau orang sunda seperti itu, justru kalau ada orang sunda yang garing aneh. Sunda; suka bercanda.

Oleh sebab sejak muda telah bergerak dari kobong ke bobong, kini dia menjadi pembela yang tak kenal jarak. Aksi bela Islam tempo hari, beliau ikut. Izin ke pihak pesantren untuk pulang, lalu bergabung dengan pembela lainnya dari Ciamis yang menjadi sorotan semesta hari itu. Ya, beliau salah satu alumni dari pesantren Huda Ciamis yang melakukan long march dari Ciamis ke Jakarta, menginspirasi kita semua kalau ghirah itu masih ada pada bitis-bitis orang sunda.

Nanti dilanjut …

9. Orang Ganteng Sintesa: Heri Mahpudin

orang ganteng purwakarta

Peringkat * Orang Ganteng Purwakarta; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia

Santai~ menjadi kata yang paling sering diungkapkan beliau. Ya, Heri memang orangnya santai, tapi punya tangan tak terlihat. Tangan di atas. Menjadi orang paling ringan tagannya di Pesantren Sintesa, terlama durasi piketnya, terbanyak rumput yang dibabatnya, dll. Saya tidak ingin menyebut hal yang lebih spesifik, biarlah hanya dia dan Dia yang tahu.

Berangkat dari seorang youtuber tanpa ‘Hi Guys!’; maksud saya, beliau youtuber edukasi, membuatnya punya pegangan bahkan sebelum menjadi seorang santri. Sudah makan asam garam belajar bahasa Inggris di Pare, hingga akhirnya tahu mana lembaga bagus dan kurang bagus, nyaman dan kurang nyaman ketika ingin belajar bahasa Inggris di sana.

Nanti dilanjut …

10. Orang Ganteng Sintesa: Fragil Putra Gestama

orang ganteng kediri indonesia

Peringkat * Orang Ganteng Kediri; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia

Ayah. Jiwa keayahannya tidak didapatnya dari umur, melainkan dari pengalaman dan kebiasaan. Lapang dadanya menerima titipan makan anak santri lain. Luas penerimaannya ketika disuruh handle pekerjaan yang dilimpahkan dari sang raja.

Menjadi seorang sarjana tidak membuatnya congkak. Mungkin beliau mengamalkan kutipannya Tan Malaka,

Bila kaum muda yang telah belajar di sekolah menganggap dirinya terlalu tinggi dan pintar untuk melebur dengan masyarakat yang bekerja dengan cangkul dan hanya memiliki cita-cita yang sederhana, maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali! (Tan Malaka)

Dan kami, adalah masyarakat yang ‘bekerja dengan cangkul’. Setidaknya itu anggapan diri kami sendiri.

Nanti dilanjut …

11. Orang Ganteng Sintesa: Fatah Abdurrahman

orang terganteng bekasi

Peringkat * Orang Ganteng Bekasi; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia

….

….

….

Hening. Itulah yang paling pas disematkan pada beliau. Tapi keheningan bukan berarti tidak bekerja apa-apa. Di antara semua santri yang mengambil ‘mata kuliah’ blog bahasa Inggris, progress beliau masuk pada jajaran tercepat.

Sebagai seorang mahasiswa sastra Inggris di salah satu kampus di Purwokerto, membuatnya bisa membuat artikel bahasa Inggris +- 2000 kata dengan tangan sendiri, ketika santri-santri lain harus merogok koceknya lebih dalam.

Nanti dilanjut …

12. Orang Ganteng Sintesa: Dzulfikar Abdul Fatah

orang ganteng semarang indonesia

Youngest but Tallest. Dia adalah santri termuda di angkatan IV Santri Sintesa, tetapi menjadi santri yang mempunyai postur paling tinggi: lebih kurang 189 cm. Rerata tinggi manusia di Indonesia itu 165 – 175 cm. Dan beliau di atas rata-rata.

Mempunyai keahlian menyelesaikan rubik dengan cepat dan satu tangan, dia dikagumi salah satu teman saya, tapi gak pernah saya bilang. Kodong, dia masih kecil belum tahu anu-anuan. Biarlah pikirannya tetap jernih.

Nanti dilanjut …

13. Orang Ganteng Sintesa: Deni Septian

orang terganteng purwakarta indonesia

Peringkat * Orang Ganteng Purwakarta; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia

Satu daerah asal dengan Heri, Deni memiliki separuh sifat darinya; santai ~ meskipun umurnya beberapa tahun lebih muda. Barangkali memang dia mewarisi sifat kakak domisilinya? Dia juga memiliki separuh dari sifat Fatah: senyap. Mereka berdua adalah orang yang paling jarang muncul di grup santri.

Penggemar Barcelona yang malah betah memakai jersey Real Madrid ini punya matriks tersendiri dalam mencari aged domain, bahkan dengan memakai tools gratisan. Iya, di saat santri yang lain kalang kabut tidak punya akun domcop, dia santai sendiri memilah dan memilih aged domain.

Nanti dilanjut …

14. Orang Ganteng Sintesa: Asep Firmansyah

orang ganteng sukabumi indonesia

Peringkat * Orang Ganteng Sukabumi; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia

The Bangbungters. Menjadi anak bungsu tidak membuatnya manja dan ingin dielus-elus (bewoknya). Beliau malah menjadi anak yang paling bisa menjadi andalan orang tua. Didikan yang dia dapatkan membuatnya menjadi laki-laki yang mandiri. Sampai lupa kalau masih sendiri.

Telah terbiasa memutus urat malu sejak sekolah, Asep menantang arus gengsi dengan berjualan apa saja yang dia bisa. Dari kelas ke kelas dia tawarkan apa yang bisa dia tawarkan. Sampai kebutuhan hidup sehari-harinya tak lagi menjadi beban orang tua.

Pengalaman bekerjanya di Jepang selama tiga tahun, membuat Asep menjadi santri yang punya insight lebih banyak daripada santri lain. Misalnya, ketika santri lain masih bingung mau berjualan apa, beliau sudah bisa mengimport topi ke Jepang.

Nanti dilanjut …

15. Orang Ganteng Sintesa: Arya (Panjang Namanya, Gak Inget)

orang ganteng balikpapan indonesia

Peringkat * Orang Ganteng Balikpapan; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia

Y X G K U Y. Mendeskripsikan arya, cukup dengan satu kata sebenarnya. Dan saya rasa, semua santri akan setuju dengan kata ini. Apa? ‘Semangat’. Dibandingkan dengan santri lainnya, beliaulah orang yang progressnya mengalami akselerasi tanpa sadar. Beliau pula, di antara santri lain, yang paling dulu mendapatkan trafik banyak.

Tidak lain dan tidak bukan, hal tersebut adalah karena keuletan beliau dalam bekerja. Ketika santri lain hanya, mungkin, bisa membuat dua artikel maksimal dalam satu hari, Arya bisa membuat artikel sampai tiga bahkan lebih.

Ditempa di sebuah pesantren mandiri, membuatnya menjadi laki-laki yang punya pikiran panjang. Ketika santri lain, mungkin, masih berpikir di domain ‘bagaimana caranya agar produk ini laku keras?’ atau ‘bagaimana caranya agar trafik saya tinggi?’, beliau sudah punya ancang-ancang membangun sebuah tim bisnis.

Nanti dilanjut …

16. Orang Ganteng Sintesa: Agusti Muhsy

orang ganteng magetan indonesia

Peringkat * Orang Ganteng Magetan; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia

Otot. Agusti dinobatkan sebagai santri ter-otot nasional versi saya sendiri. Mantan atlet binaraga ini, menjadi inspirasi santri lain, khususnya santri cungkring seperti saya.

Beliau adalah pekerja keras, sekeras ototnya. Maksud saya, di antara semua santri, yang biasa mengerjakan hal-hal ‘berat’ seperti mengganti pintu WC, membuat gantungan baju, dll. adalah Agusti. Hal tersebut merupakan sebuah kehormatan besar yang beliau terima dari King-nya Sintesa IV, sehingga membuat Agusti menduduki posisi yang tidak bisa digeser oleh orang lain.

Dari kesemua itu; dari keras dan tebalnya otot beliau, hatinya lembut. Sering beliau ngobrol dengan saya perihal ini dan itu. Dari sana saya bisa menilai kalau Agusti ini memiliki–semacam- bagian hati yang bisa merasakan dan peka pada sesuatu. Tapi sayang beliau belum punya seseorang untuk dimengerti kode-kodenya.

Nanti dilanjut …

17. Orang Ganteng Sintesa: Hendratno

orang ganteng lampung indonesia

Peringkat * Orang Ganteng Lampung; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia

Pejuang kultum. Hendrat menjadi santri yang durasi mondoknya lebih lama dibandingkan santri lainnya. Beliau sudah berada di Sintesa sejak angkatan II, dan baru resmi menjadi santri Sintesa di angkatan IV.

Berlandaskan sebuah impian menjadi programmer handal, Hendrat terbang dari Lampung ke Yogyakarta. Tetapi kemudian mimpinya terkena gerhana, gelap, tak terlihat. Lalu muncul matahari baru untuknya, yaitu SEO. Akhirnya, beliau memutuskan untuk pensiun ngoding dan fokus cari earning dari website.

Beliau adalah orang yang amanah dan pantang mundur sebelum semuanya selesai. Buktinya, karena terikat janji menyelesaikan pendidikan di Pondok Programmer sampai tamat, setelah di Sintesa ini beliau akan menuntaskan apa yang telah dimulai di sana.

Nanti dilanjut …

18. Orang Ganteng Sintesa: Abdullah Azzam

orang ganteng indramayu indonesia

Peringkat * Orang Ganteng Indramayu; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia

Azzam punya adab. Meskipun satu angkatan, pada santri yang jelas-jelas umurnya lebih tua dari beliau, selalu ada ‘mas’ atau ‘kang’ di awal nama-nama mereka.

Azzam menjadi imam sholat yang punya ciri khas sendiri, yang mana ciri itu sulit ditiru bahkan oleh Kakashi sekali pun. Azzam menjadi pemain cadangan ketika mentri agama berhalangan menjalankan tugas. Hal itu karena dia berpengalaman melakukan aktiviti yang ditinggalkan mentri tersebut, seperti misalkan memimpin pembacaan al-ma’tsurat, dll.

Nanti dilanjut …

19. Orang Ganteng Sintesa: Zaenal Abidin

orang ganteng blora indonesia

Peringkat * Orang Ganteng Blora; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia

Masbidin panggilannya. Menjadi raja semenjak kerajaan Sintesa IV didirikan. Belau adalah santri yang durasi ibadahnya lebih panjang dibandingkan santri yang lain. Mungkin ini efek dari namanya: Abidin (ahli ibadah).

Sebakda menyelesaikan sekolah SMK, beliau lanjut bekerja di Ibu Kota; bekerja di perusahaan otomitif level internasyenel. Hebatnya, dan mungkin tidak bisa ditiru oleh santri-santri lain, di tengah padatnya waktu banting tulang-peras keringat-menggulung lipatan dahi dan daki, Masbidin sanggup menggenjot tubuhnya ke level lebih tinggi. Ya, beliau bekerja sambil kuliah dan menghafal Qur’an.

Nanti dilanjut …

20. Orang Ganteng Sintesa: Ucup

orang ganteng malang

Peringkat * Orang Ganteng Malang; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia

Tekun. Satu sifat yang dimiliki Yusuf. Barangkali beliaulah yang paling sering bergossip ria di forum-forum internet marketing bila dibandingkan dengan semua santri. Hal tersebut membuatnya selalu mempunyai trik baru. Bagai rasul, Yusuf membagikan trik-trik itu kepada teman kelompoknya terlebih dahulu sebelum disebar ke forum umum. Tadarruj.

Arek Malang berkaca mata ini (difoto dilepas), adalah pribadi yang jenaka, tetapi pula tegas; teliti dan cermat, sehingga disukai para santri. Baik itu untuk dibully maupun untuk dipuji. Terlepas dari semua hal-hal yang membuatya tidak rapi, Yusuf punya wajah yang rupawan, itu pun menurut ibunya sendiri dan mang Asep di blognya. Gak tahu kalau mbak Dwi ~

Nanti dilanjut …

21. Orang Ganteng Sintesa: Yanuar ‘uncal’ Hadi

orang ganteng lumajang

Peringkat * Orang Ganteng Lumajang; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia

Ikhlas. Pada beliau, saya merasa banyak sekali dosa. Hampir setiap hari saya dan rekan-rekan santri lain membercandai mas Hadi ini. Tetapi sejujurnya, kami semua kagum pada beliau karena keikhlasan-keikhlasan, kerja-kerja, sabar-sabar, dan penerimaan-penerimaan atas segala hal yang terjadi pada kehidupannya.

Terbiasa menjalankan puasa daud sejak hampir tiga tahun yang lalu, membuat sikap dan kata-katanya lebih terjaga. Belum pernah saya dengar beliau balik membercandai santri yang membercandainya. Di balik pribadinya yang unik, dia menyimpan ilmu-ilmu ngeri yang tidak semua santri ketahui. Tapi kadang tercyduk; tahu-tahu sudah jual saldo paypal saja ~

Nanti dilanjut …

22. Orang Ganteng Sintesa: Yanuar Firmansyah

orang ganteng cilacap indonesia

Peringkat * Orang Ganteng Cilacap; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia

Suhu, begitu followers-followers di facebook menyebutnya. Gelar tersebut Yanuar dapatkan ketika berhasil menyabet peringkat ke-2 dalam kontes affiliate menjual salah satu tools marketing facebook. Cara belajarnya yang berbeda membuatnya menjadi orang yang berbeda pula.

Maksud saya, beliau selalu mencoba untuk memandang sesuatu dari sudut yang tidak seorang pun berdiri di sana. Jadi beliau sering menjadi penyeimbang ketika ada ketimpangan pendapat dan tendensi pada satu pihak saja, memberi referensi pendapat-pendapat baru yang bisa (lebih) mewaraskan kami yang kadang kalap dimakan nafsu.

Nanti dilanjut …

23. Orang Ganteng Sintesa: Wafa Luthfan Wardana

orang ganteng ciamis indonesia

Peringkat * Orang Ganteng Ciamis; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia

Suhu. Sarjana satu ini adalah business master addict. Maksud saya kecanduan sama mastah-mastah bisnis seperti Kang Rendy, Pak Laksita Utama Suhud, Pak Subiakto Priosoedarsono, Dewa Eka Prayoga, dll. Mirip-mirip Pamungkas. Yang membuatnya unggul dari santri lain adalah ilmu Facebook Adsnya. Kemarin saja menjadi pemateri bagaimana menggunakan facebook ads dan piksel dari A – Z.

Lahir di Ciamis, lalu kuliah di Yogyakarta, membuat anggota clan Sunda lainnya menyebut beliau sebagai amphibi. Bahasa Sunda bisa, Bahasa Jawa bisa. Dan sekarang beliau sedang (ingin fokus) belajar Bahasa Arab. Mudah-mudahan beliau juga mempelajari bahasa wanita, yang berbelit-belit.

Nanti dilanjut …

24. Orang Ganteng Sintesa: Rolif

orang ganteng cirebon indonesia

Peringkat * Orang Ganteng Cirebon; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia

Lahir di saat-saat reformasi bergelora, ayahnya menamai beliau dengan nama yang ‘beda’. Rolif Refo Ferdian. Saya duga, Rolif lahir saat Indonesia krisis moneter tahun ’98, jadi semuanya serba harus dihemat-diirit-irit, dan itu berimbas pada pakaian Rolif yang selalu lebih kecil dari pakaian santri kebanyakan.

Hemat. Sampai-sampai kopiah yang selalu dipakainya sejak pertama kali mondok menguning keemasan, serupa artefak dari zaman batu. Saya duga, kalau bisa dijual dengan copywriting menjebak, kopiah tersebut bisa laku terjual dengan nominal yang tinggi.

Nanti dilanjut …

25. Orang Ganteng Sintesa: Riski Abadi

orang terganteng malang

Peringkat * Orang Ganteng Malang; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia

26. Orang Ganteng Sintesa: Purwanto d’ Caprio

orang ganteng purbalingga indonesia

Peringkat * Orang Ganteng Purbalingga; Peringkat * Orang Terganteng di Indonesia; Peringkat * Orang Terganteng di Dunia

Apa Komentarmu?