7 Manfaat Kroto untuk Kenari agar Gacor Panjang

Kroto untuk Kenari – Di artikel-artikel sebelumnya, sudah gamblang dijelaskan bahwa kroto sangat bermanfaat sekali untuk burung kicau. Hal ini karena di alam, burung kenari selain makan biji-bijian juga kadang-kadang makan kroto.

Maka dari itu, menghidangkan kroto sebagai pakan burung kenari atau sebagai extra fooding (makanan ekstra) tentulah sangat baik. Selain membuat burung kenari terus gacor, juga akan menyehatkan.

Hal yang harus diperhatikan adalah … burung kenari adalah jenis burung finch pemakan biji-bijian, tetapi bukan tidak boleh memakan selain itu. Jadi bukan hal yang aneh bila ada beberapa burung kenari yang tidak doyan kroto.

Kita sudah hidangkan di sangkar, tapi tidak disentuh sama sekali.

Tetapi kita bisa membiasakan agar burung kenari mau makan telur semut rangrang atau kroto ini.


Kroto untuk Kenari Cepat Gacor Keras


kroto untuk pakan kenari gacor
youtube.com

Kroto mengandung banyak sekali nutrisi penting yang dibutuhkan burung kenari. Berdasarkan hasil dari sejumlah penelitian mengatakan bahwa, kroto memiliki protein sebanyak 8,2 gram untuk setiap 100 gram kroto.

Lemak dan kalori yang terkandung dalam kroto hanya berkisar 2,6 gram.

Selain itu, dalam kroto terkandung sejumlah mineral seperti zat besi, kalsium, vitamin B1 & B2, potassium, dan sodium. Cukup lengkap.

Kandungan-kandungan di atas dipercaya dapat meningkatkan kemampuan gacor burung kenari.

Tetapi seperti yang sudah disebutkan di atas, tidak semua kenari menyukai kroto. Terus bagaimana? Tenang. Kita bisa melatih burung kenari agar makan kroto dengan memberinya makanan kroto setiap hari.

Memang bagusnya, agar tidak sulit, belajar untuk membiasakan memberi pakan kroto bahkan pada saat burung kenari masih kecil.

Kroto memang istimewa. Berbanding lurus juga dengan harganya. Pada tahun 2014 saja harganya sudah berkisar 250.000/kg. Waw sekali, bukan?


Manfaat Kroto untuk Burung Kenari Biar Gacor Keras


Inilah 7 manfaat kroto sebagai makanan kenari biar gacor keras. Jadi, kalian tidak perlu lagi kebingungan dan bertanya, “Kenari biar gacor dikasih apa?”

  • Meningkatkan stamina dan kualitas suara kicau kenari
  • Sumber energi bagi burung
  • Membuat kenari jadi cepat gacor keras
  • Meningkatkan birahi agar kenari kawin sampai bertelur
  • Mempercepat pertumbuhan kenari
  • Menyehatkan burung kenari
  • Membantu burung kenari bekerja lebih maksimal

Itulah beberapa manfaat yang akan burung kenari dapatkan ketika diberikan pakan kroto. Apalagi jika kroto yang diberikan merupakan kroto super. Beuh.

Baca: Cara Budidaya Semut Rangrang Rumahan agar Menghasilkan Kroto Super


Bahaya Kroto untuk Kenari


kroto untuk pakan kenari gacor keras
www.mediaronggolawe.com

Mungkin beberapa dari kita berpikir bahwa burung kenari yang notabene pemakan biji-bijian, terus dipaksa untuk makana kroto … akan membahayakan.

Apa iya?

Menurut beberapa sumber yang saya baca, kroto berbahaya bagi kenari jika dosis pemberian makannya terlalu banyak.

Seperti halnya ketika kita, manusia, makan sate kambing. Tentu terlalu banyak tidak bagus bagi kesehatan; akan menyebabkan anemia.

Begitu pun kroto bagi burung kenari, jika berlebihan tentu akan memberikan efek samping yang tidak diinginkan.

Memang, segala yang berlebihan itu tidak baik.


Dosis Kroto untuk Kenari


kroto untuk pakan kenari gacor panjang
fjb.kaskus.co.id

Setelah tahu manfaat dan bahaya kroto untuk kenari, hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mengantisipasi efek samping yang tadi saya sebutkan di atas.

Salah satu cara untuk mengantisipasinya adalah dengan memberi dosis tertentu bagi burung kenari yang makan kroto.

Biarlah sedikit, asal rutin.

Sedikitnya, kita bisa memberi makan burung kenari 7 – 10 butur kroto setiap hari, atau sau sendok teh (yang kecil). Jangan lebih dari ini.

Selain itu, berikan kroto yang berkualitas tinggi; atau dengan kata lain kroto super. Nah, beberapa orang memang kesulitan mencari kroto super karena tidak tahu ciri-cirinya.

Untuk mengetahui itu, bisa diidentifikasi dengan bertanya pada penjual kroto … “Apa makanan yang diberikan untuk semut rangrang?”

Iya. Semut rangrang adalah penghasil kroto. Untuk menghasilkan kroto super, semut rangrang harus diperlakukan sedemikian rupa sampai pun dijaga makanannya.

Baca: 8 Makanan Semut Rangrang Penghasil Kroto Super


Tips Aman Pemberian Pakan Kenari Gacor


kroto untuk pakan kenari gacor merdu
youtube.com

Oke, setelah tahu sebanyak apa kroto yang harus diberikan pada burung kenari agar cepat gacor, selanjutnya mari kita bahas mengenai tips-tips saat memberikan kroto pada burung kicau, khususnya kenari.

  1. Pilihlah kroto yang masih segar. Ciri kroto yang masih segar biasanya ditandai dengan warna yang masih putih serta adanya semut rangrang hidup di sekitarnya. Jangan sekali-kali memberikan kroto yang sudah basi pada burung kenari, karena itu akan mengakibatkan keracunan pada burung.
  2. Selain masih segar, pilih pula kroto yang masih utuh berbentuk telur atau larva. Gunakan penyaring khusus untuk memisahkan kroto dan semut rangrang, lalu pilah.
  3. Salah satu pencegahan agar kroto tidak basi atau kadaluarsa adalah dengan menyimpannya di dalam kulkas. Jika kamu adalah salah satu yang melakukan hal ini, maka boleh-boleh saja. Tetapi ketika akan diberikan pada burung kenari, baiknya dihangatkan terlebih dahulu.
  4. Salah satu cara untuk mengatasi burung yang tidak doyan makan kroto adalah dengan menyelipkan kroto ke dalam daun, atau dengan mancampurkannya dengan tepung kedelai, tepung jangkrik, dll.
  5. Pemberian pakan kroto hendaknya dilakukan pagi hari dengan dosis seperti yang sudah disebutkan di atas tadi. Ditambah, baiknya dilakukan setelah burung kenari selesai dimandikan.
  6. Kroto memiliki kandungan air yang lumayan banyak, jadi bakal mudah basi. Simpan kroto di tempat yang baik, seperti kulkas, untuk menjaga kualitas kroto.

***

Demikian artikel tentang manfaat kroto untuk kenari agar cepat gacor keras.

Jadikan ini referensi untuk kalian yang sedang melatih kenari untuk kontes gacor atau sekadar ingin burung kenari milik kalian sehat dan mempunyai daya tahan tubuh yang kuat.

Semoga bermanfaat.

Apa Komentarmu?