Inilah Manfaat Eceng Gondok untuk Kehidupan Sehari-hari!

Manfaat Eceng Gondok – Eceng gondok sudah kadung dianggap sebagai tanaman yang tidak ada manfaatnya karena mengganggu ekosistem bawah air, liar. Selain juga selalu membuat pemilik kolam kewalahan karena eceng gondok adalah tanaman yang tumbuh cepat bahkan tak terkendali.

Di beberapa kasus, pertumbuhan eceng gondok yang tak terkendali itu menyumbat saluran air dan akhirnya menyebabkan banjir. Waduh! Tapi jangan salah, ternyata eceng gondok ini ada manfaatnya juga, lho! Inilah kami list beberapanya.

Manfaat Eceng Gondok

1. Membantu Meringankan Penyakit Maag

manfaat eceng gondok meringankan penyakit maag

Hanya sedikit saja orang yang tahu kalau eceng gondok bisa dimanfaatkan untuk meredakan penyakit maag. Bagaimana cara mengolah eceng gondok untuk meringankan maag? Caranya adalah dengan merebus eceng gondok dan meminum air rebusannya.

Ada senyawa alami yang bisa menetralkan asam lambung terkandung dalam tumbuhan tersebut. Maka dengan meminum air rebusannya, dipercaya bisa menredakan gejala maag seperti mual, perih, dan muntah-muntah.

2. Mengatasi Sakit Gigi

manfaat eceng gondok mengatasi sakit gigi

Sakit gigi memang menyebalkan. Selalu datang tiba-tiba. Menyebabkan kita jadi tidak enak makan, tidak enak tidur. Nah, ternyata salah satu manfaat eceng gondok adalah bisa meringankan rasa sakit itu!

Belum diketahui secara rinci bagian mana dari eceng gondok yang bisa meredakan sakit gigi, namun ada orang yang melaporkan rasa sakitnya berkurang setelah mencoba berkumur-kumur dengan air rebusan tumbuhan liar tersebut.

Perlu digaris bawahi, kumur-kumur dengan air rebusan eceng gondok hanya dimaksudkan sebagai penanganan pertama. Bila kemudian sakit gigi tidak kunjung mereda, sangat dianjurkan untuk bergegas menemui dokter gigi.

3. Pembersih Polutan Logam Berat

manfaat eceng gondok pembersih polutan gelap

Sering kita lihat eceng gondok tumbuh subur di ekosistem air yang berdekatan dengan pabrik. Di daerah penulis pun begitu. Setelah diperhatikan, ternyata guna eceng gondok tersebut adalah untuk menjernihkan air di sana. Ya, meskipun tidak akan menjadi sangat jernih sekali, sih. Tapi bila dibandingkan dengan kolam / sungai yang di sana tidak ada eceng gondok, lebih bersih yang ada tumbuhan itu.

Oh, ya, eceng gondok juga berfungsi untuk menyerap residu pestisida!

4. Bahan Kerajinan Tangan

kerajinan tangan eceng gondok

Barangkali teman-teman tidak menyangka, bila ternyata eceng gondok dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan kerajinan tangan yang cantik. Masyarakat di Jawa Timur dan Jawa Tengah, misalnya, sering menjadikan tanaman eceng gondok sebagai bahan baku anyaman kerajinan tangan; daun dan batangnya yang selesai dikeringkan bisa diolah menjadi sandal, tas, dompet, bahkan tirai.

Kerajinan bahan baku eceng gondok ini ternyata tidak hanya menyasar pasar dalam negeri saja, namun sudah menyambangi pasar mancanegara. Nah, setelah tahu informasi ini, apakah teman-teman tertarik untuk mejalankan usaha kerajinan eceng gondok?

5. Bahan Pembuat Pupuk Organik

pupuk organik eceng gondok

Se-dianggap merugikan bagaiamapun, eceng gondok tetaplah makhluk hidup / organisme, yang bila mati bisa dimanfaatkan penguraiannya menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti pupuk.

Sebuah penelitian mengemukakan bahwa tanaman ini memiliki asam humat yang menghasilkan senyawa fitohara. Senyawa fitohara tersebut diklaim bisa mempercepat pertumbuhan tanaman.

Kandungan senyawa lain seperti triterpenoid, alkaloid, kalsium, dll, juga membuat eceng gondok ini sangat mungkin untuk dijadikan campuran bahkan bahan utama pembuatan pupuk organik.


Demikianlah beberapa manfaat eceng gondok untuk kehidupan sehari-hari kita. Semoga bermanfaat!

Apa Komentarmu?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.