makanan khas temanggung buntil

Makanan Khas Temanggung yang WAJIB Kamu Coba

Makanan Khas Temanggung – Temanggung adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang langsung berbatasan dengan Kabupaten Semarang di timur, Kabupaten Wonosobo di barat, Kabupaten Magelang di Selatan, dan Kabupaten Kendal di utara.

Di Temanggung terdapat berbagai tempat wisata yang bisa dikunjungi, diantaranya Jumprit, Monumen Meteroit, Curug Lawe, Pikatan Waterpark, Taman Kartini, dll.

Bagi kalian yang ingin mengunjungi Temanggung, jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner / makanan khas Temanggung yang dikenal mempunyai nama-nama ‘ekstrim’.

Ini dia beberapa makanan khas Temanggung yang bisa kamu coba,


1. Sego Gono


makanan khas temanggung sego gono
kompasiana.com

Sego Gono adalah makanan khas Temanggung yang terbuat dari nasi bercampur sayuran kol, buncis, dan daun lembayung yang sebelumnya telah diiris tipis-tipis. Sego Gono disajikan juga dengan parutan kelapa, ikan teri, tempe, kentang, dan juga sayur-sayur lainnya.

Ena’ ena’.


2. Sego Urap


makanan khas temanggung sego urap
food.detik.com

Sego Urap adalah makanan khas Temanggung yang terbuat dari nasi hangat yang berpadu dengan parutan kelapa gurih-gurih pedas. Biasanya, untuk menambah citarasa, sering disandingkan juga dengan lauk-lauk lainnya seperti telur rebus, tempe, tahu, tak jarang juga ikan asin, bebek, dan ayam.

Tidak ketinggalan kerupuk atau rempeyek. Mantap.


3. Tiwul


makanan khas temanggung tiwul
youtube.com

Tiwul adalah makanan khas Temanggung yang dalam presentasi / penampilan cukup sederhana dan merakyat, tetapi soal rasa … boleh diadu.

Tiwul terbuat dari singkong, ada juga yang terbuat dari tepung gaplek dan diberikan air, diaduk sampai berbentuk butir-butir seperti pasir. Kemudian dipanaskan memakai dandang, kemudian disiram gula merah di atasnya.

Tiwul juga merupakan pengganti makanan pokok yang kalorinya lebih rendah daripada nasi.


4. Empis-empis Tahu Tempe


makanan khas temanggung empis-empis tempe
resepcaramasak.com

Empis-empis tahu tempe mudah sekali ditemukan di Kabupaten Temanggung. Mulai dari warung sederhana sampai restoran mahal menyediakan menu ini.

Empis-empis lebih nikmat bila disantap dalam keadaan hangat dan tentu saja … dengan kerupuk.


5. Buntil


makanan khas temanggung buntil
kokiku.tv

Orang jawa pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan ini. Di Kab. Temanggung juga ada lho dengan khasnya sendiri.

Bahan dasarnya sama, berupa parutan daging kelapa yang dicampur dengan ikan teri dan bumbu-bumbu. Kemudian dibungkus dengan daun pepaya dan direbus dalam santan.


6. Lento


makanan khas temanggung lento
makananminumankue.blogspot.com

Lento adalah makanan khas Temanggung yang terbuat dari singkong yang telah ditumbuk halus untuk kemudian diberikan campuran kedelai dan tepung. Lalu digoreng.

Ada beberapa jenis lento, sehingga kadang disebut lento-lento; tergantung dari kacang yang menjadi campurannya, seperti lento kedelai yang campurannya berupa kacang kedelai; lento kacang hijau yang campurannya berupa kacang hijau; lento singkong yang campurannya berupa singkong dan kacang tolo.


7. Ndas Borok


makanan khas temanggung ndas borok
hanifweb.wordpress.com

Kuliner yang mempunyai nama aneh ini adalah khas Temanggung. Ndas Borok juga berarti kepala borokan kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia.

Makanan ini terbuat dari parutan kelapa dan singkong yang di atasnya ditaburi gula jawa yang meleleh ketika dikukus. Dinamakan Ndas Borok karena memang tampilannya seperti kepala yang borok. Jadi, disarankan ketika memakannya tidak membayangkan kepala yang borok. He he.


8. Bajingan


makanan khas temanggung bajingan
kompasiana.com

Agak sulit untuk menelusuri kenapa makanan ini dinamakan bajingan. Tetapi, Temanggung memang selalu mempunyai cara untuk menarik orang untuk penasaran. Ya, saya penasaran.

Bajingan adalah makanan yang terbuat dari singkong dipotong kecil, kemudian direbus dengan santan dan gula merah.


9. Mendut


makanan khas temanggung kue mendut
resepcaramasak.com

Sebenarnya, mendut adalah kue basah tradisional khas jawa dengan tekstur kenyal. Bahan pembuatnya adalah beras ketan. Rasanya dijamin enak dan manis!

Kue ini mirip dengan kue bugis khas Makassar. Sensasi yang ditimbulkan saat kalian menggigit mendut ini sangat nikmat sekali. Karena saat kue tersebut di gigit, kalian akan dikejutkan dengan isi gula kelapa yang manis dan legit.


10. Ketan Gudig


makanan khas temanggung ketan gudig
temanggungkuliner.blogspot.com

Makanan ini dibuat dengan campuran beras ketan dan kacang gelandang. Warnanya yang ‘ekstrim’; putih mulus dan bertotol-totol akan mengingatkanmu pada penyakit kulit koreng. Tapi jangan ingat-ingat penyakit tersebut ketika kalian memakannya. Heu.

Soal rasa … ena’ ena’.

Makanan ini termasuk salah satu jenis makanan yang termasuk utama ketika ada hajatan.


11. Entho Cothot


makanan khas temanggung entho cothot
kompasiana.com

Entho Cothot adalah makanan ‘ekstrim’ lain khas Kab. Temanggung. Ekstrim karena namanya, bukan rasanya.

Makanan ini terbuat dari singkong yang bagian dalamnya diberi gula, lalu digoreng.

12. Jadah Goreng

13. Perkedel Timpul

14. Tempong

15. Bubur Saren

16. Jali

17. Kupat Tahu Magelang

18. Gesing

19. Corobikan

2 thoughts on “Makanan Khas Temanggung yang WAJIB Kamu Coba

  1. nb

    yang lagi di temanggung jangan lupa mampir di taman rth parakan..nikmati pisang bakar cappucino kedai monyet..dijamin halal nikmat lezat yang pasti bikin ketagihan

Apa Komentarmu?