20+ Makanan Khas Sunda yang Menggoyang Lidah dan Bikin Kangen

MAKANAN KHAS SUNDA – Berikut ini akan kami sajikan berbagai macam makanan khas sunda, dari mulai cemilan sampai makanan berat. Akan kami selipkan juga beberapa minuman asli masyarakat Sunda yang paling enak dan menyegarkan dahaga kita semua.

Sebelumnya, sudah tahu suku sunda? Sunda adalah salah satu suku bangsa di Indonesia bagian barat (terutama Jawa Barat dan Banten) yang terkenal dengan keramahannya; someah. Dan tidak lupa juga awewenya yang cantik. He he.

Pakaian daerahnya bernama pangsi. Kalau mau lebih jelas bagaimana pangsi itu, tengok pakaian yang sering dipakai oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Atau lihat gambar di bawah ini.

baju pangsi
Baju pangsi

Alat musik tradisional yang terkenal bahkan bisa dibilang mendunia adalah angklung, bahkan ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Asli mantap, kan?

Itu saja perkenalan singkat tentang sunda, kalau ingin tahu lebih lengkap, silakan baca:

Berikut ini adalah makanan khas sunda, penjelasan, beserta gambarnya.

Nasi Liwet

makanan khas sunda nasi liwet

Nasi liwet adalah makanan kumpul-kumpul orang sunda. Apapun kegiatan yang dilaksanakan bareng-bareng, pasti ujung-ujungnya ngaliwet; beres kerja bakti, ngaliwet. Syukuran, ngaliwet. Ngaliwet dan ngaliwet. Karena apa-apa selalu berujung pada nasi liwet, kadang-kadang ngaliwet ini terlihat seperti kebudayaan / adat yang sudah mengakar sejak jaman dulu. Yah, apapun itu, nasi liwet tetap the best bagi orang-orang sunda, apalagi kalau dimakan sambil lesehan. Beuh. Tidak ada yang tidak setuju.

Nasi Timbel

makanan khas sunda nasi timbel

Nasi timbel adalah makanan yang terkenal di tanah air, namun barangkali sedikit saja orang yang tahu daerah asalnya dari mana. Nah, kalian datang ke tempat yang tepat. Ini penjelasannya …

Meskipun kalian bisa menemukannya di daerah lain seperti Jakarta, Tangerang, dll. nasi timbel yang mempunyai cita rasa kuat, unik, dan penampilan yang khas itu asli berasal dari sunda. Biasanya masyarakat sunda menjadikan nasi timbel ini untuk bekal bepergian atau menjadi makanan pas piknik keluarga. Tapi sekarang, banyak rumah makan yang menjadikannya sebagai menu utama.

Nasi Tutug Oncom (TO)

makanan khas sunda nasi tutug oncom

Makanan khas sunda yang satu ini asli berasal dari daerah Tasikmalaya. Bahan dasar dari nasi yang satu ini hanya oncom saja yang diaduk bersama nasi hangat. Mudah bin gampang dibuat, mudah juga disajikan. Rasanya sangat bisa menggoyang lidah. Apalagi kalau ditambah dengan lalapan dan sambel hejo. Nikmat dunia.

Warung-warung TO tradisional dapat dengan mudah ditemukan di Tasikmalaya. Coba saja. Tapi di zaman yang semakin modern ini, ada beberapa UKM membuat inovasi dengan menjual TO (oncomnya saja) dalam bentuk sachet. Ingin mencobanya? Silakan hubungi:

Lotek

makanan khas sunda lotek

Di Jakarta banyak sekali penjual (mirip) lotek sampai-sampai dianggap sebagai makanan yang sama. Padahal berbeda. Makanan yang sering ditemui di Jakarta; khas betawi itu namanya gado-gado, bukan lotek. Mulai dari sini dibedakan, ya … he he.

Secara umum, karedok mencampurkan sayur-sayuran seperti kubis, basil, terong hijau, timun, tauge, dan sayur hijau lainnya, lalu dilumuri dengan saus kacang. Mantap pisan.

Ada dua lotek; lotek asak yang dibuat dari sayur-sayuran yang matang dan lotek atah yang dibuat dengan sayur-sayuran mentah. Biasanya dicampur dengan ketupat, lontong, dan kerupuk.

Karedok dan Pencok Kacang

makanan khas sunda pencok kacang

Nah, untuk karedok dan pencok kacang, bumbu yang dipakai sama. Yang membedakan hanya sayur yang dijadikan bahan dasarnya saja. Kalau karedok biasanya menggunakan leunca, sedangkan pencok biasanya menggunakan kacang panjang.

Selain cara membuatnya yang sederhana, Karedok dan Pencok sangat pas di lidah orang sunda, sehingga tidak sedikit masyarakat sunda yang menjadikannya makanan sehari-hari. Mau coba? Resepnya banyak lho di internet, he he.

Ayam Bekakak

makanan khas sunda ayam bekakak

Di sunda namanya Bakakak Hayam. Menjadi salah satu makanan khas sunda yang enak disantap bareng-bareng dengan keluarga. Sederhananya, ayam bekakak ini adalah olahan ayam tanpa dipotong dulu alias utuh, lalu dipanggang dengan bumbu khas yang akan membuat lidah kita semua meleleh.

Jadi, bila ada yang bertanya apa namanya makanan ayam khas sunda? Jawab saja bakakak hayam!

Jalabria

jajanan khas sunda jalabria

Makanan khas sunda yang mirip donat? Namanya jalabria. Rasanya legit dan mantap untuk dijadikan cemilan. Sangat bisa juga jadi isi snack box pas acara-acara seminar maupun pengajian. Meskipun digolongkan sebagai jajanan pasar, jalabria tetap bisa menjadi makanan yang asik untuk dihidangkan di acara-acara resmi seperti rapat-rapat kantor.

Merakyat.

Kue ini terbuat dari tepung ketan hitam yang permukaannya dilumuri gula merah kawung ataupun kelapa cair yang kemudian dikeringkan.

Burayot

makanan sunda burayot

Burayot adalah makanan khas sunda yang berasal dari Garut. Berbentuk seperti tetesan air yang menggelantung, kue burayot termasuk kue yang memiliki penampilan khas.

Bahan dasar burayot adalah gula merah, kacang tanah, tepung beras, dan minyak kelapa. Cara memasaknya cukup sederhana dan sebentar. Tapi bila ingin ‘instan’, penjual kue burayot ini dapat dengan mudah ditemukan di tempat-tempat wisata di Garut seperti wisata Candi Cangkuang / Situ Cangkuang.

Karena terpusat di Garut, barangkali kalau kamu–warga sunda- yang ingin mencoba kue ini di Kuningan, Lembang, Majalengka, Tangerang, Bogor, Karawang, dan daerah sunda lain, perlu usaha lebih karena akan sangat langka ditemukan.

Peuyeum

kuliner khas sunda peuyeum

Salah satu kuliner yang top di tanah sunda adalah peuyeum. Makanan hasil fermentasi dari ubi kayu atau singkong ini sering disamakan dengan tape singkong. Apa iya sama? Begini penjelasannya.

Seperti yang ditulis sajiansedap(dot)com, peuyeum lebih tahan lama daripada tape singkong. Letak perbedaan keduanya adalah cara pembuatannya serta tekstur yang dihasilkan. Bila tape singkong lebih berair, peuyeum cenderung kering.

Karena tekstur yang kering itulah, peuyeum biasa dijual dengan cara digantung. Sehingga sering orang memanggilnya dengan sebutan tape gantung.

Awug

makanan khas sunda awug

Awug adalah makanan khas sunda yang boleh dibilang ‘hampir punah’. Kenapa? Karena sudah sangat langka sekali ditemukan. Tapi bila ingin mencoba kuliner ini, coba kalian mampir ke paund, pasar minguan sekitaran UNPAD.

Awug dibuat dengan bahan dasar tepung beras dan campuran kelapa, gula merah, dan aroma daun pandan. Biasanya disajikan di atas daun pisang seperti tumpeng. Hmmm …

Cireng, Cilok, Cibay, Cimol, Cigor, Cilor, Ci …

makanan khas sunda cilok

Makanan yang diawali dengan ‘ci’ ini bisanya berasal dari tanah sukapura atau Tasikmalaya. Ci berarti aci atau tepung tapioca. Maksudnya, cemilan-cemilan tersebut berbahan dasar tepung tapioka. Yang membedakan hanya cara pembuatannya.

Cireng artinya aci digoreng, cilok artinya aci dicolok; cibay, aci ngambay; cimol, aci dikemol; cigor, cilok goreng; cilor, aci telor, dll. Mau coba makanan cicicicici ini? Ayo ke Tasikmalaya!

Sangking menjamur dan disukainya makanan ini, sampai-sampai ada yang membuat franchisenya lho. Ehm.

Seblak

makanan khas sunda seblak

Seblak sebetulnya menjadi cemilan baru bagi masyarakat sunda. Makanan khas sunda yang rajin disajikan pedas ini ada dua; seblak basah dan seblak kering.

Bahan dasarnya adalah kerupuk yang dilayukan dengan disiram air panas, entah siapa yang memulainya. Tapi, bermula dari Bandung, menyebar ke Cimahi, Soreang, melingkupi seluruh Jawa Barat, bahkan sampai ke Bali. Nampaknya memang cemilan ini memanjakan lidah sekali. Mau coba?

 

Apa Komentarmu?