Makanan Khas Kebumen yang KUDU Kamu Coba Seumur Hidup Satu Kali

Makanan Khas Kebumen – Kebumen adalah sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Tengah dengan banyak sekali wisata yang pemandangannya mantap.

Jika kamu berkunjung ke Kebumen, jangan lewatkan pula kuliner atau makanan khas Kebumen yang enak dan wajib dicoba. Dijamin membuat lidahmu bergoyang.

Berikut ini adalah list makanan tradisional khas Kebumen yang harus kamu coba.


1. Nasi Penggel


makanan khas kebumen nasi penggel
kaskus.co.id

Nasi Penggel adalah makanan khas Kebumen yang terbuat dari nasi, kikil / jeroan sapi, dan sayur nangka (jangan gori). Bentuk nasi penggel ini bulat; mirip seperti bola pingpong yang disajikan di atas daun pisang yang dipincuk.

Satu pincuk pada umumnya berisi 7 sampai 8 penggel. Rasanya jangan ditanya, gurih dan pastinya mengenyangkan. Sangat pas untuk dijadikan menu makan siang ketika perut keroncongan. Satu porsi nasi penggel bisa didapatkan hanya dengan 8 – 10 ribu rupiah saja.

Di Kebumen, makanan khas ini hanya bisa ditemukan di tempat-tempat tertentu saja. Kenapa? Mungkin karena zaman yang beralih; banyak makanan-makanan luar yang masuk sehingga membuat nasi penggel sedikit dilupakan dan langka.


2. Sate Ambal


kuliner khas kebumen sate ambal
kaskus.co.id

Bagi kamu yang berkampung halaman di Kebumen atau sekitarnya, pasti kenal dengan sate ambal. Sate ayam khas Kebumen ini sangat terkenal dan legendaris ini ‘menjajah’ daerah-daerah di sekitar Kebumen, sehingga menjadi bias darimana asalnya sate ambal ini. Kalau kamu juga bertanya seperti itu … Kebumenlah jawabannya.

Nama ambal diambil berdasarkan daerah asal sate ini pertama kali dibuat yakni desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal yang terletak di pesisir selatan Kebumen.

Kalau dilihat dari tampilannya sepintas, sate ambal ini mirip seperti sate Madura, tetapi bila kamu mencicipinya pasti tahu apa yang membedakan sate Madura dan sate ambal ini. Bumbunya!

Kita mungkin sudah tidak asing dengan sate Madura yang memakai sambal kacang sebagai saus / topingnya; dengan kata lain menggunakan bahan dasar kacang tanah sebagai bumbu. Tetapi berbeda dengan sate ambal, bahan dasar yang digunakan untuk membuat bumbunya adalah sambal tempe.

Sambal tempe yang digunakan ternyata berefek pada ragam citarasa yang dihasilkan, selain juga sate ambal ini dicampurkan dengan jahe dan aneka rempah lainnya. Unik.

Cara pembuatan sate ambal ini yaitu; sebelum dibakar, daging mentah pembuat sate dimasak dahulu sehingga teksturnya lebih lembut. Benar-benar customer friendly banget, deh!

Sate ambal biasanya disajikan secara terpisah dari sambalnya, lengkap dengan ketupan dan lontong.

Nah, bagi kamu yang sedang berada di Kebumen, wajib coba sate ambal ini. Harganya tidak mahal, cukup 10 – 15 ribu, lidahmu sudah bisa dimanjakan dengan sate ambal. Nyam.


3. Sale Pisang


kuliner khas kebumen sale pisang
google

Makanan khas Kebumen yang satu ini selain dijadikan kuliner khas juga biasa dijadikan oleh-oleh. Sale pisang khas Kebumen / oleh-oleh Kebumen ini berasal dari Desa Mangli, Kecamatan Kuwarasan, Kebumen.

Sale pisang khas ini dibuat dari buah pisang yang diiris tipis-tipis, kemudian pisang itu dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari dengan maksud mengawetkannya; membuat pisangnya tahan lama.

Kemudian, pisang kering tersebut digoreng dengan tepung terigu, berbeda dengan sale pisang lain yang tanpa terigu.

Rasa sale pisang khas Kebumen ini gurih dan kayaknya ada manis-manisnya.


4. Soto Tamanwinangun


kuliner khas kebumen soto tamanwinangun
viva.co.id

Tidak hanya Solo, Kudus, dan Semarang yang terkenal akan kelezatan sotonya. Kebumen juga punya soto khas yang rasanya tidak akan gentar bila diadu. Coba, deh, kamu beli soto tamanwinangun yang berasal dari daerah yang sama dengan namanya, Tamanwinangun, Kebumen.

Apa yang berbeda dengan soto yang lain? Soto tamanwinangun ini menggunakan itik serati atau entok (entog). Pada setiap suwiran dagingnya, bumbu soto tamanwinangun meresap dengan mantap.

Satu lagi. Soto tamanwinanung ini tidak menggunakan kuah bening seperti soto-soto lainnya, melainkan memakai kuah santan yang bercampur dengan gurihnya kaldu entok yang nikmat.

Akan lebih mantap kalau soto tamanwinangun ini kamu santap bersama dengan ketupat / lontong, dan tengunya … kerupuk.


5. Yutuk Goreng


kuliner khas kebumen yutuk goreng
kaskus.co.id

Tahu yutuk? Yutuk merupakan sejenis hewan laut yang dapat dengan mudah ditemukan di pesisir pantai di Kebumen, terutama di Pantai Petanahan. Oleh warga setempat, hewan yutuk yang mirip undur-undur ini kemudian diolah menjadi bakwan atau rempeyek khas Kebumen yang gurih dan renyah.

Bila kamu liburan ke Kebumen dan kebetulan mampir di Pantai Petanahan, jangan lupa buat mencicipi makanan khas Kebumen yang satu ini. Rempeyek atau bakwan yutuk ini enak sekali kalau dijaikan lauk pelengkap saat menyantap makanan khas Kebumen lain.

Untuk harga sangat terjangkau sekali, cukup seribu rupiah saja kamu sudah bisa menikmati bakwan yutuk ini. Oh ya, di sana, makanan ini juga biasa disebut rempeyek undur-undur.


6. Soto Ayam Petanahan


kuliner khas kebumen soto ayam petanahan
kompasiana.com

Pantai Petanahan, selain terkenal dengan bakwan yutuknya juga terkenal dengan soto ayam. Salah satu soto khas Petanahan, Kebumen, yang terkenal enak adalah soto Sukarman atau biasa juga dikenal dengan nama Pak Kored.

Soto ayam petanahan ini berisi suwiran daging ayam lengkap dengan potongan ketupat dan toge. Kamu gak akan menemukan so-un atau kubis seperti pada soto-soto umumnya.

Kuah soto Petanahan lebih kental dan terasa gurih karena tersaji dengan bumbu rempah seperti jahe dan kunyit.


7. Lanting


kuliner khas kebumen lanting
harianresep.blogspot.com

Makanan khas Kebumen ini sering juga disebut Klanthing. Selain menjadi makanan khas, lanting sering juga dijadikan buah tangan bersama sale pisang dan jipang kacang. Kebumen pun ternyata dijuluki Kota Lanting (padahal kabupaten).

Makanan ringan kecil ini mempunyai bentuk angka 8 atau kalau dimiringkan membentuk simbol ‘tak terbatas’. Bahan dasar pembuatan lanting adalah singkong. Jika dahulu makanan khas Kebumen ini hanya punya dua rasa; original dan bawang goreng, namun kini sudah banyak rasa yang bisa dicicipi.

Ini berkat eksperimen dari produsen yang paham bahwa bisnis akan mati bila tanpa inovasi. Maka hari ini bila kamu berkunjung ke Kebumen dan berencana membeli lanting, kamu akan disuguhi rasa keju, pedas manis, balado, jagung bakar, serta aneka rasa lainnya.

Rasanya yang gurih dan crispy memang membuat siapa saja yang mencicipinya ketagihan, mirip ketika kamu makan kacang; sulit untuk berhenti. Hati-hati badan melebar ngemil terus.


8. Jipang Kacang


kuliner khas kebumen jipang kacang
innk13.blogspot.com

Satu lagi makanan khas Kebumen yang juga dijadikan oleh-oleh; jipang kacang. Cemilan manis ini konon sudah diproduksi lama sekali tetapi rasanya tetap sama sampai sekarang.

Bahan-bahan pembuat jipang kacang adalah gula jawa, kacang, dan minyak sayur. Sensasi lengket yang dihasilkan ketika memakan jipang kacang ini tentu saja dihasilkan dari gula jawa yang khas.

***

Nah, itulah makanan khas Kebumen yang harus kamu coba ketika berkunjung ke daerah ini. Jangan sampai terlewatkan lalu menyesal, ya.

Apa Komentarmu?