Makanan Khas Garut Selain Dodol yang KUDU Kamu Coba!

Makanan Khas Garut – Ketika kamu mendengar kata Garut, pasti yang terbesit dalam pikiranmu adalah dodol dan domba. Bener, kan?

Garut memang menawan. Banyak hal yang bisa kamu nikmati di Garut, termasuk kuliner, oleh-oleh, dan wisatanya.

Kota ini memiliki julukan Switzerland Van Java. Kenapa? Karena Garut merupakan daerah yang menghasilkan coklat di Pulau Jawa. Makanya, sekarang ada produk chocodot; produk coklat kekinian.

Daerah ini juga pernah disinggahi Charlie Chaplin. Wisata alamnya mah, beuuh … jangan ditanya. Hijau. Banyak gunung buat mendaki (Cikuray, Guntur, Papandayan, dll.)

Nah, bila kamu berkesempatan berlibur ke Garut, jangan lewatkan makanan khas Garut yang enak dan khas; seperti makanan sunda lainnya yang punya ciri tersendiri.

Inilah 9 makanan khas Garut penggoyang lidah yang harus kamu coba ketika berkunjung ke kota dodol ini.


1. Baso Aci


makanan khas garut baso aci enak

Maksudnya bakso yang terbuat dari tepung kanji. Atau kalau di daerah sunda lain namanya cilok. Tetapi bedanya, bila cilok itu dikering (tanpa kuah) kalau baso aci / bakso kanji itu pake kuah.

Makanan khas Garut baso aci ini enak dicampur mie dan sayur-sayur. Ditambah sama ketupat dan kerupuk. Mantap!


2. Moring Garutan


makanan khas garut moring murah enak

Moring itu singkatan dari Cimol Kering. Cimol juga sama terbuat dari tepung kanji, tetapi lebih tipis. Nah, cimol kering ini versi lainnya; dibuat keras seperti kerupuk.

Kamu akan banyak menemukan makanan ini di pinggir jalan. Tetapi sekarang sepertinya sudah ada UKM yang melirik makanan ini dan mengemasnya dengan kemasan yang bagus. Sehingga rasanya pun jadi banyak.

Makanan khas Garut ini kini tersedia rasa pedas, keju, barbekyu, original, dll. Cocoklah buat camilan.


3. Burayot


makanan khas garut burayot enak

Burayot adalah makanan khas Garut yang terbuat dari kacang merah, beras merah, dan gula merah. Jika kamu ingin mencicipi makanan khas Garut yang satu ini, bisa datang ke tempat oleh-oleh Garut.

Burayot ini kue yang biasa warga Garut sajikan kalau sedang lebaran.


4. Dorokdok


makanan khas garut dorokdok murah enak

Dorokdok adalah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi yang kemudian diolah dengan bumbu-bumbu rahasia istimewa.

Kamu akan dengan mudah menemukan dorokdok di Garut. Dan biasanya, bus yang melintasi garut juga kalau sedang ngetem dimasuki pedagang dorokdok.

Terus apa bedanya dengan kerupuk kulit biasa? Beda! Dorokdok rasanya lebih gurih dan crispy. Enak dijadikan makanan pendamping dengan baso aci.


5. Opak Bungbulang


makanan khas garut opak bungbulang enak

Bungbulang adalah nama sebuah daerah di Garut. Daerah yang populer dengan batu akik dan pantainya ini memproduksi opak yang lumayan sudah terkenal dan renyah dengan.

Oleh karena itu disebutlah Opak Bungbulang. Cocok buat dijadikan oleh-oleh karena enteng dan enak.


6. Ladu


makanan khas garut ladu enak

Ladu adalah makanan khas Garut yang terbuat dari beras ketan. Jajanan ini dipopulerkan oleh masyarakat Malangbong, Garut.

Sekarang jajanan ini dapat dengan mudah ditemukan di tanah sunda, khususnya priangan timur seperti Tasikmalaya, Ciamis, dan Banjarsari.

Rasanya manis. Karena itu dinamakan ladu. (ladu = manis).


7. Es Goyobod


makanan khas garut es goyobod seger

Nah, bila kamu sedang berkunjung ke Garut dan dahaga, bisa mencoba es goyobod. Apalagi kalau kamu sedang di alun-alun Garut, kamu dapat dengan mudah menemukan es ini di sana.

Es Goyobod terbuat dari tepung kanji yang dicampur dengan sirup, alupkat, dan agar-agar. Segerrrr!


8. Chocodot


makanan khas garut chocodot murah

Inilah makanan khas Garut yang kekinian. Seperti yang disebutkan di atas, Garut adalah pemroduksi coklat di Pulau Jawa. Chocodot adalah salah satu produk olahan coklat tersebut.

Kenapa disebut kekinian? Karena kemasannya yang unik seperti …


9. Dodol


makanan khas garut dodol enak

Dan ini adalah makanan khas Garut yang paling pamungkas. Bagaimana tidak. Siapa di Indonesia ini yang tidak kenal dengan Dodol Garut?

Dodol itu banyak jenisnya; ada dodol wijen, dodol buah, dodol kacang, dodol coklat, dodol durian, dodol coklat, dll.

Selain banak jenisnya, dodol Garut juga sudah menjadi bisnis yang menggiurkan sehingga banyak yang memproduksi dengan brand sendiri. Contohnya Dodol Garut Picnic.

Belum pernah coba dodol? Ke mana saja? Heu.


Nah, itulah beberapa makanan, kuliner, atau oleh-oleh khas Garut yang harus kamu coba ketika berwisata ke kota intan ini. Jangan lewatkan atau kamu menyesal.

Tags: makanan khas garut, makanan khas garut selain dodol, makanan khas garut jawa barat, makanan khas garut selatan, makanan khas garut ladu, makanan khas garut emplod, makanan khas garut yang enak, makanan khas garut burayot, makanan khas garut cocodot, resep makanan khas garut, pusat oleh-oleh khas garut, makanan khas garut sukagalih, tarogong kidul, souvenir khas garut, tempat makan garut, kerajinan khas garut, oleh oleh khas garut chocodot, makanan dan minuman khas garut, makanan khas garut yang terkenal

Apa Komentarmu?