Nama Kebun Binatang di Indonesia – Tempat Wisata Keluarga Asik!

Nama Kebun Binatang di Indonesia – Sebentar lagi liburan tiba. Sudah menjadi hal yang lazim bagi keluarga untuk melakukan piknik atau rekreasi ke luar kota. Banyak destinasi wisata yang menjadi pilihan untuk berlibur, salah satunya kebun binatang.

Tidak bisa dinafikkan bahwa belibur ke kebun binatang, selain menjadi wahana bermain dan rekreasi juga menjadi tempat edukasi. Makanya, banyak sekali orang tua yang mengajak anaknya untuk ke kebun binatang ketika libur sekolah tiba. Termasuk ketika libur lebaran, kebun binatang di Indonesia dipadati oleh pengunjung baik lokal maupun mancanegara.

Nah, berikut ini adalah gambar dan nama kebun binatang yang ada di Indonesia.


Kebun Binatang Ragunan


google.com

Kebun binatang Ragunan terletak di DKI Jakarta, tepatnya di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Tempatnya luas, kira-kira sekitar 140 hektar. Kebun binatang Ragunan ini dibangun pada tahun 1864, yang itu berarti menjadi kebun binatang pertama di Indonesia dan bertahan hingga hari ini, malah koleksi binatangnya terus bertambah.

Tercatat ada sekitar 4040 spesimen yang terdiri dari 295 spesies. Ragunan kini menjadi tempat wisata keluarga di Jakarta yang tidak pernah terlewat, selain juga menjadi destinasi para pelajar dalam kegiatan study tournya.


Taman Safari


katalogwisata.com

Taman Safari menjadi kebun binatang yang juga banyak dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Koleksi binatang yang ada di Taman Safari sangat beragam; ada sekitar 2500 koleksi binatang dari hampir seluruh dunia; termasuk binatang langka seperti benggala, singa, harimau, jerapah, anoa, gajah, orang utan, komodo, dll.

Lembaga Konservasi Taman Safari diketahui memiliki 3 kebun binatang, satu di Bogor, satu di Prigen, dan satu lagi di Bali. Taman Safari sangat direkomendasikan sekali bagi kamu yang sedang mencari destiasi wisata bareng keluarga di Jawa Barat; atau juga untuk pasangan pengantin baru yang sedang menikmati bulan madu, cobalah untuk rekreasi ke Taman Safari.


Kebun Binatang Gembira Loka


youtube.com

Pindah ke Yogyakarta, ada Kebun binatang Gembira Loka di sana. Tidak kalah dengan kebun binatang lain, Gembira Loka juga mempunyai koleksi binatang yang beragam dari seluruh dunia, termasuk di antaranya simpanse, harimau, gajah asia, dan orang utan.

Kebun binatang Gembira Loka menjadi magnet tersendiri bagi para turis yang kebetulan sedang melancong ke Yogyakarta, disamping juga para turis mengunjungi Gunung Kidul, Candi Borobudur, dan Malioboro.

Lokasi Gembira Loka ini tepatnya di Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. Bila kamu sedang wisatawan lokal atau keluarga yang sedang mencari destinasi liburan yang asik, ke Yogyakarta saja.


Kebun Binatang Pematang Siantar


perempuannovember.com

Kebun Binatang Pematang Siantar atau lebih tepatnya Taman Hewan Pematang Siantar adalah salah satu destinasi wisata yang terkenal di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Berdiri pada tahun 1936, kebun binatang ini memiliki luas daerah sekitar 4.5 hektar dengan berbagai macam koleksinya; beberapa di antara koleksi Kebun binatang Pematang Siantar adalah Harimau Putih, Siamang, dan Harimau Sumatera.

Pematang Siantar juga mengoleksi binatang jenis Mamalia dengan jumlah 201 ekor dari 51 spesies, Reptil ada sekitar 59 ekor dari 19 spesies, Aves ada 455 ekor dari 113 spesies, dan masih banyak lagi koleksinya.

Untuk kamu yang sedang menjadi tempat liburan yang terjangkau dan ‘hangat’ Taman Hewan Pematang Siantar bisa menjadi pilihan.


Kebun Binatang Surabaya


beritadaerah.co.id

Bonbin atau Kebon Binatang Surabaya pernah menjadi kebun binatang paling populer se-Asia Tenggara karena koleksinya yang super lengkap; ada sekitar 2806 binatang dari 351 spesies dikonservasi di sini. Tidak heran kalau Kebun binatang Surabaya ini menjadi lirikan para wisatawan asing ketika berkunjung ke Surabaya.

Memiliki luas 15 Hektar, kebun binatang ini cocok untuk kamu para pelancong dari luar pulau yang sedang ingin menikmati keindahan Kota Surabaya, tidak terkecuali juga untuk kamu para travel blogger yang ingin mendokumentasikan Kebun binatang terbaik se-Asia Tenggara ini di blog kalian.


Seaworld Ancol Indonesia


wisata-tanahair.com

Seaworld memang menjadi tempat wisata keluarga yang paling asik karena ianya adalah miniature dari pesona laut yang tiada bandingannya. Berdiri sejak tahun 1992 Seaworld Indonesia menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati keseruan di tempat yang sama, akuarium raksasa Seaworld.

Area Seaworld mempunyai luas sekitar 3 hektar dan luas bangunan total 4500 m2 dengan rupa-rupa akuarium, lorong bawah air (antasena), museum, glow theatre, terapi ikan dokter, perpustakaan, dan komputer edukatif yang berisi informasi-informasi mengenai spesien hewan laut yang ada di sana.

Sebagai tempat rekreasi kelurga, tentu Seaworld juga memiliki fasilitas seperti tempat makan, toko souvenir, dll. Nah, kamu sedang mencari tempat liburan yang asik? Ke Seaworld aja.


Taman Safari and Marine Park Bali


bernardbaliadvisor.com

Berjauhan dari 2 Taman Safari lainnya, Taman Safari Marine Park terletak di pulau Bali. Sebagai Taman Safari ke-3 yang dibangun, kepopulerannya bisa dibilang mengalahkan 2 Taman Safari lainnya yang terletak di Bogor dan Prigen.

Coba kamu cari informasi tentang tempat wisata bali dengan kata kunci bahasa Inggris ‘things to do in Bali’, yang itu berarti turis-turis mencari kegiatan atau tempat wisata di Bali, dan kamu akan mendapati Taman Safari and Marine Park masuk dalam list mereka. Keren bukan?


Batu Secret Zoo


upload.wikimedia.org

Batu Secret Zoo adalah tempat rekreasi dan kebun binatang modern yang bertempat di Kota Batu, Jawa Timur. Tanah seluas 14 hektar tersebut masih menjadi bagian dari Jatim Park 2.

Batu Secret Zoo baru dibangun sekitar tahun 2008 berbarengan dengan Jatim Park 2, untuk kemudian diresmikan oleh Presiden SBY pada tahun 2010. Kebun Binatang Batu Secret Zoo dikelola dan dimiliki oleh Jawa Timur Park Group.

Kebun binatang ini punya banyak sekali binatang dari seluruh penjuru bumi, seperti Singa Afrika, Gajah Sumatra, dll. Karena memang dimaksudkan untuk rekreasi keluarga, maka di Batu Secret Zoo terdapat banyak sekali wahana asik seperti Giant Wheel, River Adventure, Log Flume, dan wahana bermain lainnya yang sama-sama asik.


Bali Bird Park (Taman Burung Bali)


bejitour.com

Di Bali, selain Taman Safari dan Marine Park, terdapat pula penangkaran binatang khusus burung yang menampilkan atraksi-atraksi.

Bali Bird Park ini berlokasi di Jl. Serma Cok Ngurah, Gambir, Singapadu, Bali. Ada banyak sekali fasilitas yang bisa kamu nikmati di sini selain juga bisa mengamati kehidupan alami burung-burung yang didatangkan dari berbagai sisi dunia.

Berdiri pada tahun 1995, Bali Bird Park memiliki luas daerah sekitar 2 hektar dengan ribuan koleksi binatang jenis unggas, termasuk jenis burung langka yang dilindungi, di antaranya Jalak Bali, Burung Cendrawasih, Burung Rajawai, dan Burung Elang. Ada juga jenis burung yang berasal dari Amerika Selatan seperti Toucan, Makaw. Tidak ketinggalan burung Beo yang berasal dari Afrika


Kebun Binatang Medan


tribunnews.com

Berlokasi di Kelurahan Simalingkar B, Medan, Kebun binatang ini terhitung baru. Diresmikan tahun 2005, kebun binatang ini sempat banyak menuai kritik karena fasilitas yang disediakan untuk hewan terbilang kurang layak, suasana gersang, dll.

Tetapi kritik-kritik itu ternyata tidak menyurutkan para pengunjung untuk tetap mengunjungi Kebun binatang Medan ini. Tercatat ada 1000 orang / pekan mengunjungi Kebun binatang Medan yang mempunyai luas 30 hektar ini.


Taman Buaya Asam Kumbang


bastanmedia.blogspot.com

Masih di Medan. Selain Kebun Binatang Medan, ada juga Taman Buaya Asam Kumbang yang berlokasi di Jl. Bunga Raya, Desa Ayam Kumbang.

Kebun binatang ini merupakan taman reptil terbesar di Indonesia. Ada sekitar 2400 lebih reptil termasuk di dalamnya buaya yang sudah berumur lebih dari 40 tahun.

Cocok dijadikan sebagai tempat liburan keluarga sembari mengedukasi anak-anak tentang binatang-binatang reptil.


Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan


beritadaerah.co.id

Dikenal juga dengan nama Kebun Binatang Bukittinggi, Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan terletak di atas Bukit Cubadan Bungkuak, Bukittinggi. Kebun binatang ini termasuk salah satu kebun binatang tertua di Indonesia dan juga menjadi kebun binatang dengan koleksi terlengkap di Sumatra.

Nah, buat kamu yang sedang memilih tempat wisata di Sumatra, khususnya Bukittinggi, Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan bisa menjadi pilihan.


Taman Aneka Rimba Jambi


beritasatu.com

Taman ini bersebelahan dengan Bkamura Sultan Thaha Syaifudin. Memiliki luas daerah sekitar 36 hektar, kebun binatang ini dominan ditumbuhi oleh pepopohan rindang; sehingga cocok untuk dijadikan tempat rekreasi keluarga.

Selain menjadi tempat rekreasi, terdapat beberapa koleksi flora dan fauna yang bisa menjadi penambah kebahagiaan waktu liburan keluarga.


Taman Buaya Indonesia Jaya


djangkarubumi.com

Taman Buaya ini terletak di Bekasi, atau lebih tepatnya di Jl. Suka Ragam. Seperti namanya, kebun binatang ini memiliki berbagai koleksi buaya yang bisa menjadi hiburan tersendiri bagi kamu yang sedang mencari keheningan di tengah keramaian kota Bekasi.

Terdapat juga wahana bermain untuk anak-anak, sehingga Taman Buaya Indonesia Jaya ini bisa menjadi alternatif pilihan liburan keluarga yang terjangkau, khususnya bagi orang Bekasi.


Kebun Binatang Bandung


sky-adventure.com

Akhir-akhir ini Kebun binatang Bandung memang menjadi kontroversi dan mendapat banyak sekali kritikan. Tetapi pada aslinya, kebun binatang Bandung ini sangat asik sekali untuk dijadikan destinasi wisata bila kamu sedang berada di Bandung.

Tentu selain Floating Market, Alun-alun Bandung, Tangkuban Perahu, Cilembang, dan bertemu Kang Emil yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong untuk datang ke Bandung.


Nah, itulah beberapa nama kebun binatang di Indonesia yang sudah biasa dijadikan destinasi wisata liburan keluarga ketika tiba libur sekolah atau lebaran. Sudah ber-rencana ke sini? Ayo rencanakan liburan keluargamu. 🙂

Apa Komentarmu?