14 Jenis Ikan Cupang Aduan dan Hias Terbesar di Dunia

jenis ikan cupang
sumber: www.youtube.com

Jenis Ikan Cupang Aduan dan Hias – Siapa yang tidak kenal ikan cupang. Ikan yang cantik tapi ‘galak’ ini banyak tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Ikan cupang sendiri, menurut Wikipedia, adalah ikan air tawar yang berhabitat di Asia Tenggara, di seputaran Malaysia, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Indonesia.

Ikan cupang dikatakan ‘galak’ karena sifatnya cenderung agresif dalam mempertahankan wilayah. Ciri ketika ikan cupang sedang marah adalah mengembangnya bulu/sirip di bawah mulut, di dekat insang. Orang sunda biasa menyebutnya dengan ngajerebebeng.

Ikan cupang ini memiliki nama latin Betta sp. Para penggemarnya sendiri sering membagi-bagi kategori ikan cupang ini menjadi 3 jenis; ikan cupang hias, ikan cupang aduan, dan ikan cupang liar.

Indonesia termasuk salah satu Negara yang mempunyai jenis ikan cupang original born, dengan kata lain ikan cupang pribumi, yaitu Ikan Cupang Kepala Ular (Betta channoides) yang ditemukan di Sungai Mahakam, dekat Pampang Kalimantan Timur.

Tidak mau kalah dengan Indonesia, Brunei pun punya ikan cupang originalnya sendiri. Andalan bangsa brunei adalah Ikan Cupang Brunei dengan nama latin Betta macrostoma. Ikan ini sangat dilindungi Sultan Brunei, sampai-sampai dilarang untuk dibawa ke luar negeri.

Ikan cupang merupakan ikan yang kuat dan dapat hidup lama. Sehingga apabila ikan cupang tersebut ditempatkan di baskom air dengan volume yang sedikit, bahkan tanpa sirkulasi udara, ikan cupang ini masih dapat bertahan hidup.


Jenis Ikan Cupang Hias


Seperti yang sudah disinggung di atas, ikan cupang dibagi ke dalam beberapa jenis. Bila banyak penggemarnya mengklasifikasikan ke dalam 3 jenis (hias, aduan, dan liar), Masyarakat Cupang Hias Indonesia (MHCI) mengelompokkannya menjadi 4 jenis/spesies dasar.

1. Ikan Cupang Halfmoon (Setengah Bulan)

jenis ikan cupang hias halfmoon
sumber: ramonaosche.com

Sama seperti namanya, Ikan Cupang Halfmoon memiliki ekor dan sirip (yang seperti menyatu) membentuk setengah lingkaran. Bila dilihat dari samping, sirip Ikan Cupang Halfmoon mirip seperti bulan yang terbelah.

Ikan Cupang Halfmoon dipelihara karena penampilannya yang indah dan anggun. Ikan Cupang Halfmoon mempunyai banyak varian warna, mulai dari kuning, biru, hitam, merah menyala, dll. Oleh karena itu, ikan cupang ini tergolong ikan cupang hias.

2. Ikan Cupang Crown Tail/Ekor Mahkota/Serit

jenis ikan cupang hias crowntail
sumber: www.aquariumfinatics.com

Ikan Cupang Serit dilahirkan oleh para penggemar ikan cupang di Indonesia, tepatnya di daerah Slipi, Jakarta. Disebut crown tail atau ekor mahkota karena ekornya (yang bila dihadapkan ke atas) membentuk mahkota raja.

Ikan Cupang Serit sering diperlombakan di kontes cupang International Betta Congres (IBC) karena keindahan dan variannya. Mulai dari aneka warna sampai bentuk ekor yang berupa-rupa pula.

Bentuk ekor Ikan Cupang Serit ini, ada yang seritnya tunggal, di mana setiap serit hanya memiliki satu tulang sirip; ada juga yang bertulang ganda.

3. Ikan Cupang Double Tail/Ekor Ganda/Cagak

jenis ikan cupang hias double tail
sumber: aquariumfish.net

Seperti Ikan Cupang Halfmoon, ekor Ikan Cupang Double Tail juga membentuk setengah lingkaran. Akan tetapi ada sedikit perbedaan. Sesuai namanya, Ikan Cupang double tail ‘membelah’ ekornya menjadi dua bagian, sehingga lebih terlihat seperti lambang hati yang dimiringkan.

Jenis ikan cupang cagak tergolong sulit dikembangkan. Oleh karena itu, ikan cupang jenis ini masih jarang ditemui di pasaran.

4. Ikan Cupang Veiltail

jenis ikan cupang hias veiltail
sumber: www.pinterest.com

Jenis cupang yang hampir mirip dengan halfmoon dan double tail dengan ekor yang menjumbai anggun. Perbedaan antara Ikan Cupang Veiltail dengan halfmoon dan double tail adalah dari ‘kekuatan’ ekor.

Bila ekor Ikan Cupang halfmoon dan double tail tegak, Ikan Cupang Veiltail layu menguncup ke bawah mirip kerudung yang labuh. Dulu Ikan Cupang Veiltail ini diminati karena kemudahan mendapatkannya, tetapi karena semakin banyak ikan cupang silangan, veiltail sedikit tersisihkan.

5. Ikan Cupang Giant (raksasa)

jenis ikan cupang hias giant
sumber: betta138.blogspot.com

Ikan Cupang Giant berhasil dikembangbiakkan oleh pecinta ikan cupang Thailand. Ukurannnya bisa mencapai 12 cm, jauh lebih besar dari ikan cupang pada umumnya yang paling hanya mencapai 5 cm – 6 cm.

Ikan Cupang Giant dikembangkan dari Ikan Cupang Plakat yang disilangkan dengan ikan cupang jenis lainnya.

Saat ini, hampir setiap jenis cupang memiliki versi giantnya; halfmoon giant, double tail giant, crown tail giant, dll.


Jenis Ikan Cupang Adu


1. Ikan Cupang Plakat/Petarung/Laga

jenis ikan cupang adu
sumber: bettafighters.wordpress.com

Plakat berasal dari bahasa Thailand yang artinya tarung atau laga. Ikan cupang petarung inilah yang kemudian digolongkan para penggemar cupang Indonesia ke dalam jenis ikan cupang aduan.

Seperti kickboxing, di Thailand-lah tradisi adu cupang dimulai dan melegenda.

Ekor dan sirip ikan cupang aduan biasanya pendek, tidak menjumbai seperti halfmoon dan serit. Tetapi justru karena pendek itulah yang membuatnya terkesan kuat. Gerakannya pun mendukung sifat ‘galak’ ikan cupang aduan ini. Tidak gemulai.

2. Ikan Cupang Akarensis (Betta Akarensis)

jenis ikan cupang adu sarawak
sumber: jeniscupang.blogspot.com

Ikan Cupang Akarensis disebut juga Ikan Cupang Sarawak atau Sarawak Betta. Bentuk tubuhnya berupa silinder berwarna kelabu tua. Kepalanya kecil pendek dengan warna sedikit kelabu-hijau.

Sirip anal berwarna kuning transparan dan dihiasi warna hitam di sisi-sisinya. Sementara sirip ekor, punggung, dan perut warnanya sedikit kehijau toska-an; transparan. Ukuran tubuh ikan cupang dewasa maksimal 5 cm.

3. Ikan Cupang Coccina (Betta Coccina)

jenis ikan cupang aduan coccina
sumber: www.seriouslyfish.com

Ikan cupang jenis ini dikenal juga dengan nama Clorat’s Betta. Tubuhnya sama, berbentuk silinder dengan warna merah tua dari sirip hingga kepala.

Bentuk kepalanya bulat panjang berwarna perak kekuning-kuningan. Sirip insangnya transparan merah, sirip anal polos dan panjang. Ukuran Ikan Cupang Coccina ini bisa sampai 7 cm.

Di pasar, cupang ini diperdagangkan dengan nama Cupang Belgi Bangkok.

4. Ikan Cupang Belicca (Betta Bellica)

ikan cupang adu bellica
sumber: www.bee-point.de

Ikan cupang jenis ini disebut juga Standard Betta. Ikan Cupang Belicca didominasi warna kuning kehijauan metalik, atau warna kuning kebiru-biruan.

Bentuk kepalanya bulat panjang dan sirip analnya berwarna kuning transparan. Sirip ekor, punggung, dan perut pendek dengan warna sama; kuning kehijauan atau kuning kebiruan.

Di alam bebas, ikan cupang belicca ini bisa tumbuh sampai ukuran 9 cm.

5. Ikan Cupang Tasyaee (Betta Tasyaee)

ikan cupang adu peaceful betta
sumber: en.wikipedia.org

Ikan Cupang Tasyaee punya nama lain Peacful Betta. Bertubuh silinder dengan warna abu-abu coklat. Sirip anal berwarna abu kebiru-biruan. Sirip ekor dan punggung pendek dengan warna biru transparan. Biasanya dihiasi dengan bercak-bercak biru metalik.

Sirip perut berwarna biru transparan dengan aksen biru tua metalik di tengahnya. Panjang tubuh Ikan Cupang Tasyaee bisa mencapai 7 cm.

6. Ikan Cupang Smaragdina (Betta Smaragdina)

jenis ikan cupang adu smaragdina
sumber: www.ingloriousbettas.com

Ikan Cupang Smaragdina disebut juga Emerald Betta. Bentuk tubuhnya pipih dengan kombinasi warna hijau hitam. Kepalanya bulat pendek berwarna hitam legam. Sirip insangnya berwarna hitam transparan.

Tetapi sirip analnya tidak seperti cupang yang lain, ukurannya agak pendek dengan warna hitam, diujungnya terdapat warna putih.

Sirip ekor dan perut berwarna hijau tua kehitaman dengan totol-totol hitam. Panjang tubuh ikan cupang smaragdina bisa mencapai 6 cm. Di pasaran, ikan ini dijual dengan nama Cupang Adu Belgi Singapura.

7. Ikan Cupang Imbellis (Betta Imbellis)

jenis ikan cupang aduan imbellis
sumber: www.plantedtank.net

Ikan cupang jenis ini disebut juga Sluger’s Betta. Tubuhnya berbentuk silinder dengan warna hijau tua dan biru tua metalik. Kepalanya bulat panjang.

Ikan cupang jenis ini bisa tumbuh sampai ukuran 5 cm. Di pasaran, ikan cupang ini dijual dengan nama Cupang Adu Singapura.

8. Ikan Cupang Splendens (Betta Splendens)

jenis ikan cupang adu spendens siamese fighting fish
sumber: aquariumplants.club

Ikan cupang aduan ini dikenal juga dengan nama Siamese Fighting Fish. Ikan cupang splendens merupakan cikal bakal cupang adu yang kita kenal saat ini.

Bentuk tubuhnya pipih, kepalanya bulat pendek. Panjang tubuh ikan cupang splendens bisa mencapai 6 cm, dan di pasaran … ikan ini dikenal dengan nama Cupang Adu Bangkok.


Ikan Cupang Liar


ikan cupang liar wild betta
sumber: www.rajacupang.com

Ikan cupang liar adalah jenis ikan cupang yang masih ‘suci’. Dalam artian belum dilakukan penyilangan dan rekayasa genetika. Biasanya ikan cupang ini hidup di rawa-rawa, selokan, dan sawah.

Cupang inilah yang menjadi asal muasal ikan cupang yang kita kenali sekarang.

***

Nah, itulah jenis-jenis cupang hias dan aduan yang harus kamu ketahui. Ikan cupang di atas masih bisa dikawinsilangkan sehingga melahirkan jenis cupang yang baru. Untuk budidaya ikan cupang, mungkin akan dibahas di artikel selanjutnya.

Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “14 Jenis Ikan Cupang Aduan dan Hias Terbesar di Dunia

Apa Komentarmu?