Faktor Penyebab Anak Susah Makan

Faktor Penyebab Anak Susah Makan – Setiap Ibu pasti ingin melihat buah hatinya sehat dan terpenuhi gizinya. Untuk mencapai ini tentu dengan memberi mereka makan yang kaya akan nutrisi. Apalagi jikalau mengalami kasus ‘kegagalan’ dalam memberikan nutrisi saat anaknya masih bayi 0 – 2 tahun lewat ASI dikarenakan sedikit, meskipun sudah berikhtiar menggunakan obat pelancar ASI, tapi tetap saja.

Alhasil … bagaimana jika anak mengalami susah makan? tentu ini menjadi masalah serius karena bisa menyebabkan anak gampang sakit.

Saat umur 2-5 tahun, banyak anak yang mengalami ini. Mereka sangat susah sekali diajak makan, meskipun para ibu sudah memberikan makanan paling enak sekalipun.

Sebagai seorang ibu yang baik, tentu akan mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Tapi sebelumnya harus tahu dulu apa saja sih penyebab anak susah makan..

Yuk simak penjelasan berikut ini:


1. Kehilangan Selera Makan


Berdasarkan penelitian, faktor ini banyak dialami oleh anak khususnya yang masih bayi. Bayi cenderung akan menyemburkan makanan yang diberikan atau hanya mengemut saja. Hal ini disebabkan karena bayi kehilangan selera makan.

Namun tidak semua bayi mengalami ini, hanya bersifat relatif saja. Solusi untuk mengatasi ini yaitu dengan cara memberikan makanan pendamping agar asupan gizi si bayi tetap terpenuhi.


2. Sedang Tumbuh Gigi


Faktor kemungkinan yang kedua adalah si anak sedang mengalami tumbuh gigi, sehingga harus diberikan makanan yang teksturnya agak kasar.


3. Rasa Ingin Tahu yang Besar


Kita semua tahu bahwa saat anak-anak rasa ingin tahu mereka tentang dunia luar begitu besar. Rasa ingin tahu mereka mengalahkan rasa lapar mereka, sehingga jika sudah masuk waktunya makan mereka malah lebih asik bermain.

Untuk mengatasi ini bisa dengan memberikan kebebasan kepada mereka untuk makan dengan caranya sendiri, maksudnya tanpa disuapi.


4. Bosan dengan Tekstur Makanan yang Itu-itu Saja


Bisa jadi anak susah makan karena mereka bosan dengan bentuk dan tekstur makanan mereka. Maka dari itu orang tua harus kreatif dalam membuat menu untuk mereka. Sajikan juga pada tempat yang berbeda agar mereka semakin tertarik dan meningkatkan nafsu makan.


5. Tak Pernah Benar-benar Lapar


Yang kelima adalah mereka tidak merasa lapar. Ini disebabkan karena ketika sudah makan lalu diselingi dengan makana kecil lain. Misalnya cemilan dan susu, sehingga ketika waktu makan berikutnya tiba, perut mereka masih kenyang.

***

Nah itulah faktor penyebab anak susah makan, semoga bisa membantu bunda ya…

2 thoughts on “Faktor Penyebab Anak Susah Makan

Apa Komentarmu?