Desain Kolam Ikan Minimalis untuk Ikan Hias di Dalam Rumah / Luar Rumah

DESAIN KOLAM IKAN MINIMALIS – Sedang mencari inspirasi untuk membuat kolam ikan di rumah Anda? Di sini kami akan memberikan beberapa desain kolam ikan minimalis sampai modern-rumit yang bisa menjadi referensi untuk Anda, bahkan Anda bisa memakai desain kolam yang ada di artikel ini secara persis sama.

Ada beberapa desain yang kami lampirkan di sini, silakan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sebab tidak semua orang mempunyai lahan yang sama, budget yang sama, atau keinginan yang sama ketika ingin membuat sebuah kolam ikan.

Tidak hanya itu, peruntukkan kolamnya pun tidak mungkin sama. Mungkin Anda yang membaca artikel ini sedang mencari desain kolam ikan koi atau kolam ikan hias lainnya. Boleh jadi juga Anda yang membaca artikel ini mencari desain kolam ikan lele, nila, emas, dll.

Artikel ini bersifat inspirasi. Desain-desain kolam yang ada di sini bisa Anda modifikasi, seperti misalkan mengganti dasaran kolam dengan terpal, atau membuat dinding-dinding kolam ikan dengan fiber dan kaca.

Baiklah, berikut desain kolam ikan yang bisa Anda jadikan contoh untuk membuat kolam ikan di dalam rumah, depan rumah, berukuran mini, sedang, dan besar.

1. Kolam Ikan Depan Rumah Berukuran Sedang

kolam ikan unik

Jika Anda memiliki lahan atau tanah dengan bentuk memanjang, maka desain kolam ikan yang dibuat pun harus mengikuti bentuk tanah tersebut. Anda bisa membuat kolam ikan dengan panjang 2 kali atau 3 kali lebih dari ukuran lebarnya.

Kolam ikan akan terlihat praktis jika ditempatkan di bagian sudut halaman. Anda bisa membuat kolam dengan memanjang seperti aliran sungai alami. Pada bagian ujung yang ukurannya pendek bisa dibuat air terjun buatan untuk membuat kolam tampak hidup.

Kolam ikan hias yang bentuknya memanjang bisa juga dibuatkan air terjun bertingkat buatan agar terlihat lebih bagus. Pada bagian tepi kolam, dapat Anda tanami tumbuh-tumbuhan kerdil dari yang hijau dan tumbuhan yang berwarna-warni.

2. Kolam Ikan Belakang Rumah Ukuran Besar

kolam ikan sederhana

Pohon besar bisa Anda biarkan, walaupun Anda akan membangun sebuah kolam besar. Pohon besar bisa dijadikan centre kolam, sehingga kolam akan lebih bergaya. Anda bisa membangun kolam ikan koi yang mengelilingi pohon besar tersebut.

Kolam dibuat bentuk kotak biasa saja supaya pohon di tengah kolam menjadi pusat perhatiannya. Desain kolam ikan dengan pohon besar di tengah, dapat Anda tambahkan dengan tanaman-tanaman lain untuk meningkatkan warna hijau.

Pilih lah tanaman dengan daun lebar untuk membuat kolam ikan tampak sederhana tetapi elegan. Untuk menambah suasana, bisa dibuatkan aliran air yang memancar di salah satu sudut kolam.

3. Kolam Ikan Minimalis Dinding Kaca

kolam ikan mini

Banyak orang yang kesulitan membangun kolam ikan di lahan yang kecil. Padahal lahan kecil juga bisa dibuat indah dengan sebuah kolam ikan. Untuk lahan sempit tentunya lebih cocok dengan kolam yang ukurannya mini. Anda bisa membangun kolam ikan ukuran 1 meter lebih.

Untuk mempercantik kolam ikan yang minimalis, air pancur di tengah kolam bisa menjadi pilihannya. Desain kolam ikan dengan ukuran sekecil ini, terkadang membuat Anda tidak bisa mendapatkan pemandangan yang banyak.

Namun hal tersebut bisa diatasi dengan mengganti salah satu dinding kolam dengan kaca yang bisa tembus pandang. Adanya kaca tersebut bisa membuat Anda melihat kolam dari atas, dan ditambah dengan pemandangan kolam dari samping. Kolam kaca seperti ini juga cocok untuk Anda yang memelihara ikan dengan corak samping tubuh yang cantik.

4. Kolam Ikan Halaman Rumah Ukuran Besar

desain kolam ikan kecil

Untuk halaman belakang rumah yang tidak terpakai, dapat dimanfaatkan untuk membuat kolam ikan. Akan cantik dengan membangun kolam galian dengan ukuran yang cukup luas. Ada dapat mendesain kolam dengan air pancur yang keluar dari tempat pancuran semen bertingkat.

Tidak perlu menempatkan di tengah, di samping kolam pun air pancur bisa menambah gaya. Agar tampak alami, Anda bisa menambahkan pada desain kolam ikan buatan dengan replika burung bangau yang berkerumun di pinggiran kolam.

Jangan lupa juga untuk memberikan sentuhan hijau dengan tanaman di sekitar kolam. Anda bisa menanami tanaman seperti tali putri, pucuk merah, atau tanaman lain yang banyak memiliki warna hijau.

5. Kolam Ikan Minimalis Depan Rumah

desain kolam ikan hias

Kolam ikan yang ditempatkan di halaman depan rumah akan lebih cocok dengan kolam galian. Kolam cukup dibuat dengan bentuk kotak sederhana. Untuk menambah kesan adem dan asri, menambahkan dua kendi tanah bisa menjadi pilihan tepat.

Kendi tanah liat bisa ditempatkan permanen di dua sudut kolam yang sejajar. Kendi tersebut dapat digunakan untuk tempat pancuran air. Jika perlu, Anda dapat menambahkan luberan air yang dibuat di tengah-tengah antar kendi. Desain kolam ikan ini, pinggiran yang menghadap kendi bisa dicor sekalian untuk tempat menikmati pemandangan kolam ikan.

Akan tambah asri jika di halaman rumah Anda, ada pohon buah atau pohon rindang untuk memberi keteduhan saat Anda melihat-lihat kolam ikan.

6. Kolam Ikan Minimalis Three Tank

kolam ikan koi

Tiga kolam sekaligus dalam satu halaman. Pilihan yang sangat berani untuk membangun banyak kolam pada satu tempat. Kolam sebanyak ini tentu lebih cocok untuk lahan yang luas. Kolam bisa dibangun dengan bertingkat, satu kolam dengan posisi tertinggi, satu di tengah-tengah, dan sisanya dibuat paling rendah.

Agar menambah nila seni, kolam bisa dimodifikasi bentuknya. Pilih kolam yang berada di tengah dan buat dengan pinggiran yang berliku-liku. Desain kolam ikan dapat dibuat dengan bentuk seperti badan biola. Bentuk yang tidak biasa tersebut bisa dipilih untuk kolam besar agar terlihat lebih sederhana namun tetap cantik. Untuk tanaman-tanaman, dapat ditempatkan di sebelah kompleks kolam.

7. Kolam Ikan Hias Minimalis Belakang Rumah

desain kolam ikan mini

Halaman belakang bisa Anda manfaatkan dengan membuat kolam ikan minimalis galian. Kolam dengan bentuk persegi panjang berukuran sedang. Kolam yang cukup menarik dengan air kolam hampir sama tingginya dengan batas kolam.

Untuk tambahannya, di empat sudut kolam diberi air pancur kecil. Tidak perlu menggunakan tempat air pancur, tetapi cukup dengan paralon atau pipa untuk memancarkan air ke atas.

Desain kolam ikan dapat terlihat lebih unik dengan tambahan replika batu bulat di pinggiran salah satu sisi kolam. Batu buatan tersebut dibangun dengan warna cokelat. Untuk tanaman kolam dapat memilih tanaman yang mempunyai banyak daun dengan warna hijau kuat. Warna hijau tersebut dapat membantu bebatuan terlihat kontras dan unik.

8. Kolam Ikan Minimalis Dalam Rumah

kolam ikan sederhana

Kolam ikan koi juga dapat di dalam rumah dekat tangga, asalkan bisa memperoleh cahaya dari luar. Untuk ukurannya, tentu dibuat kecil, hanya memanfaatkan ruang yang tersisa di samping anak tangga. Kolam minimalis dengan tambahan gaya dari luberan air yang sengaja dibuat di bagian tengah atas kolam.

Anda bisa membuat desain kolam ikan dalam rumah dengan sederhana namun menambah kesan alami di dalam rumah. Sebagai hiasan, untuk pinggiran tanaman kolam bisa memilih tanaman kecil berdaun lebat. Penempatannya bisa di dinding dengan membuat rak khusus. Rak yang berfungsi sebagai pot dibuat dengan tempelan batu alam atau sesuai dengan dinding, sehingga menimbulkan efek tanaman yang tumbuh di dinding.

9. Kolam Ikan Sederhana di Pekarangan

kolam ikan mini

Jika Anda bosan dengan kolam galian yang biasa-biasa, Anda bisa membangun kolam dengan air yang berada di atas tanah. Kolam seperti ini tentu dibuat dengan bantuan semen untuk membangunnya. Kolam ini cocok untuk pemandangan di halaman belakang rumah, meskipun sah-sah saja kalau ingin dibangun di depan rumah.

Untuk menutup bagian semen kolam, Anda sebaiknya menggunakan kayu atau bahan lain yang tampilannya seperti kayu alami. Dinding kolam yang ditutup semennya mulai dari bagian samping sampai sisi atas kolam. Desain kolam ikan yang posisinya tinggi ini dapat Anda hiasi dengan menggunakan tanaman hias yang mempunyai bunga berwarna-warni. Pilih pot kecil atau sedang untuk diletakkan di sisi atas kolam.

10. Kolam Ikan Minimalis Unik dari Kayu

kolam ikan di rumah

Kolam ikan minimalis terbaik, serba guna, dan praktis, ini lah sebutan untuk desain kolam ikan yang satu ini. Anda bisa membangun kolam ikan berukuran kecil dengan bentuk segi enam. Bagian pinggir kolam ikan ditutup dengan papan-papan kayu.

Agar terlihat lebih unik, papan-papan dibentuk bersilang sehingga menghasilkan lubang atau sela-sela antara papan kayu. Untuk bagian atas kolam agar terlihat lebih rapi, diberikan 3 papan kayu dengan posisi tidur dan menempel satu sama lain.

Kolam ikan dengan bentuk dan desain yang mungil ini akan lebih hidup dengan tambahan air pancur di tengah. Air pancur yang cocok adalah air pancur biasa dari pipa yang tekanan airnya tidak terlalu kuat, sehingga pancurannya tidak terlalu tinggi.

11. Kolam Ikan Dinding Batu Sederhana

kolam ikan mini

Memanfaatkan batu alam untuk membuat kolam ikan merupakan salah satu pilihan yang tepat. Kolam dengan bentuk mendekati bundar dapat dibangun dengan menumpuk-numpuk batu alam untuk sisi-sisi yang mengelilingi kolam.

Batu alam dengan bentuk balok ditempatkan di dekat dinding dan ditumpuk hingga tingginya melebihi tinggi kolam. Sedangkan untuk desain kolam ikan, menggunakan batu alam yang lebih pipih, namun dengan permukaan yang lebih luas. Batu alam yang pipih ini digunakan untuk bagian lengkungan kolam.

Di luar lengkungan menjadi kolam untuk ikan. Di luar lengkungan juga diberi air, tetapi tidak untuk ikan. Di luar lengkungan tersebut pula, Anda bisa menempatkan tanaman-tanaman hias berukuran pendek. Sedangkan di bagian dalam lengkungan tempat ikan bisa diberi tambahan tanaman air dan air pancur di tengahnya.

12. Kolam Ikan Minimalis Ukuran Sedang di Halaman Belakang Rumah

kolam ikan fiber

Kolam ikan yang sederhana, rapi, dan tenang, dapat dibuat untuk menambah pemandangan di teras belakang rumah. Membangun kolam dengan bentuk persegi panjang biasa. Dinding kolam juga hanya ditutup dengan keramik biasa.

Luas pinggiran atas kolam sama dengan ukuran dinding kolam yang terlihat dari luar. Kesan rapi dapat dibuat tanpa memberi tanaman untuk kolam, maupun membuat desain kolam ikan yang berlebihan. Anda bisa membuat kolam ikan cukup dengan menambahkan tanaman di tengah-tengahnya.

Kolam ikan yang seperti ini cocok untuk Anda yang ingin kolam tenang dan ditempatkan di tengah-tengah teras. Tanpa tanaman, sisi dekat kolam bisa dilalui orang tanpa gangguan.

13. Kolam Ikan Minimalis dari Paving Blok

kolam ikan belakang rumah

Membangun kolam ikan dapat lebih unik dengan penutup dinding yang berbeda dari biasanya. Kolam ikan yang dibangun seperti kolam pada umumnya, dapat lebih menarik dengan penutup dinding berupa lubang-lubang. Lubang yang ada dapat menggunakan pavling.

Kesan kolam yang rapi dan juga tenang. Desain kolam ikan yang dibangun seperti ini, bisa ditempatkan di halaman depan rumah. Anda tidak perlu repot mengurus tanaman kolam seperti kebanyakan. Kolam ikan tanpa tanaman ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang suka praktis.

14. Kolam Ikan Mini Air Terjun Kecil

desain kolam ikan depan rumah

Rumah dengan kolam ikan memang lebih hidup suasananya. Anda bisa membangun sebuah kolam ikan di halaman belakang dengan desain seperti ini. Membangun dua kolam, dengan satu kolam kecil untuk air saja dan satu kolam yang lebih besar untuk diisi ikan.

Desain kolam ikan seperti ini akan menghasilkan luberan air yang membuat kolam tampak lebih hidup. Kolam tempat menampung air untuk diluberkan, dibuat dengan membelah salah satu sisinya sehingga ada dua tempat untuk aliran air. Fungsinya adalah membuat air terjun kembar buatan agar kolam lebih cantik. Untuk kolam ikannya sendiri tidak perlu terlalu tinggi. Sejajar dengan kolam pancuran dibangun lantai untuk Anda menikmati kolam cantik tersebut.

15. Kolam Ikan Sedang di Pekarangan Rumah

kolam ikan lele

Desain kolam yang lainnya adalah kolam biasa namun berukuran besar untuk menampung ikan dalam jumlah yang lebih banyak. Untuk air yang mengalirnya dibuat dari sebuah tampungan dengan bentuk seperti kepala kendaraan, bekas konter warter, atau bisa juga menggunakan papan yang membuat aliran air bisa lebih lebar.

Desain kolam ikan dihias dengan memberi warna mencolok di tempat tampungan air luberannya. Menggunakan pompa air dan membiarkan airnya meluber ke dalam kolam ikan. Bagian dinding kolam dibuat tanpa tambahan apa-apa, hanya dengan semen biasa. Mungkin kolam ikan ini tidak terlalu cocok untuk kolam di halaman depan rumah.

16. Kolam Ikan dari Kaleng Bekas

desain kolam ikan hias

Kaleng bekas bisa dimanfaatkan untuk membuat kolam ikan mini depan rumah. Ya, Anda bisa membangun kolam dengan bentuk berkelok-kelok di pinggirannya. Pada bagian atas dinding kolam dapat dihias dengan memanfaatkan kaleng bekas. Kaleng tersebut ditancapkan pada semen yang masih basah, sehingga dapat menempel kuat. Supaya terlihat lebih menarik, desain kolam ikan Anda dengan menambahkan cat.

Bisa memilih warna cat sesuai keinginan, namun yang lebih cocok untuk mengelilingi sebuah kolam adalah warna biru. Gunakan cat warna biru untuk menutup dinding kolam, termasuk kaleng penghias kolam. Kolam unik dan cantik ini dapat dibuat air terjun mini yang keluar dari kendi buatan. Di samping kendi, menjadi tempat untuk meletakan tanaman-tanaman penghias kolam.

17. Kolam Ikan Dinding Batu di Halaman Belakang Rumah

kolam ikan hiasan mini

Kolam ikan dengan dibuat dari batu-batuan memang masih banyak dipilih. Kesan alami menjadi alasan kolam dengan bebatuan disukai. Membuat kolam ikan dengan bentuk oval di halaman depan atau pun belakang rumah. Desain kolam ikan yang satu ini cukup sederhana karena dibuat dengan menggali tanah.

Pinggiran kolam hanya dibatasi dengan batu-batu alam. Sementara desain tambahannya terletak pada batu balok yang ditambahkan di salah satu sisinya. Balok batu yang digunakan ditempatkan dengan posisi tidur dan bertumpuk silang, seperti menggunakan batu bata saat membangun rumah. Sela-sela balok batu tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat aliran air. Menggunakan celah bebatuan, membuat kolam seolah-olah memiliki air yang memancar dari dalam batu.

18. Kolam Ikan mini Hiasan

desain kolam ikan dalam rumah

Kolam dengan air terjun bertingkat, begitu menarik untuk menambah keindahan di halaman rumah. Pilihan kolam ini cocok untuk tanah atau lahan yang sempit. Dibuat dengan pipa yang ditutup bahan lain serupa bambu alami.

Bambu tersebut seperti mengeluarkan air dari dalam batangnya yang kemudian jatuh ke batang bambu lain. Anda bisa membuat kolam dengan desain pancuran seperti ini hingga 3 tingkatan atau 3 pancuran air dari yang paling tinggi hingga yang jatuh ke kolam.

Desain kolam ikan dengan pancuran tinggi dan bertingkat ini, juga banyak dibuat dengan desain yang menyerupai kendi miring. Untuk kesan alami, lebih kuat pada kolam dengan pancuran berbentuk bambu. Sedangkan untuk kendi hitam dan bak-bak penampung kecil, lebih terlihat modern.

19. Kolam Ikan Hias Mini Depan Rumah

kolam ikan hias

Desain untuk kolam selanjutnya adalah dengan membuat dinding kolam seperti batu dan tanah liat yang berwarna cokelat. Anda bisa membangun kolam dengan bentuk yang lebih unik dari yang hanya kolam kotak atau bundar.

Tambahkan kendi tanah liat agar lebih menyatu dengan desain kolam ikan yang berwarna cokelat alami tersebut. Air yang keluar dari kendi akan terlihat seperti air yang tumpah. Cukup satu kendi saja bisa, dengan ditempatkan di ujung kolam. Tambahan lainnya, bisa dengan membuat tempat pijakan yang menuju kolam. Selain untuk tambahan desain, pijakan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk Anda mendekati kolam.

20. Kolam Ikan Dalam Rumah yang Minimalis

kolam ikan depan rumah

Kolam ikan modern yang satu ini cocok untuk pilihan Anda yang ingin memiliki kolam ikan dalam rumah yang elegan. Bentuknya biasa, kolam kotak seperti umumnya. Untuk menambah kesan elegan, dibuat dengan menambahkan batu alam dengan permukaan rata.

Di dua sisi kolam dibangun kolam air untuk menampung air yang akan jatuh ke kolam ikan. Desain kolam ikan ini memang tampak elegan karena batu alam yang digunakan. Pada kolam penampungan air dibuat lubang untuk mengeluarkan air ke kolam ikan.

Bisa dibuat hingga empat air terjun, jika Anda ingin kolam ikan yang lebih ramai. Gemericik suara air yang dihasilkan bisa memberikan efek relaksasi. Sementara itu di pinggiran kolam ikannya, bisa ditambah tanaman hias. Namun untuk tanaman hias, lebih rapi jika ditempatkan di dalam pot.


Itulah beberapa desain kolam ikan yang bisa Anda pakai sebagai inspirasi ketika ingin membuatnya di depan rumah atau di dalam rumah. Beberapa desain di atas sangat minimalis dan tidak membutuhkan budget banyak; beberapa lagi dibuat dari barang bekas, beberapa desain kolamnya rumit tetapi sebanding dengan tampilannya yang bisa memanjakan mata.

Apa Komentarmu?