contoh laporan hasil observasi sekolah

Contoh Teks Laporan Observasi Singkat Terlengkap (Sekolah, Lingkungan, Hewan, Tumbuhan)

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi – Observasi adalah proses peninjauan yang dilakukan secara cermat dengan memperhatikan kaidah-kaidah tertentu. Bila kamu seorang pelajar atau mahasiswa, pasti pernah ditugaskan untuk mengobservasi suatu objek lalu disuruh membuat teks laporan hasil observasi nya, kan?


Pengertian Laporan Hasil Observasi


contoh laporan hasil observasi
reference.com

Laporan hasil observasi adalah sebuah teks yang di dalamnya terdapat informasi fakta dan kesimpulan mengenai suatu objek yang sebelumnya sudah diteliti di lapangan atau bisa juga berdasarkan temuan-temuan.

Secara umum, tujuan membuat teks laporan hasil observasi adalah untuk melaporkan hasil temuan-temuan tersebut secara objektif dan sistematis, yang kemudian diharapkan akan berguna untuk menyelesaikan suatu permasalahan atau menguji sebuah hipotesis yang telah ada.


Tujuan Khusus Teks Laporan Hasil Observasi


contoh laporan hasil observasi singkat
http://www.chhs.niu.edu/

Bila secara umum teks laporan hasil observasi adalah untuk melaporkan hasil kegiatan observasi yang telah dilakukan, secara khusus teks laporan hasil observasi bertujuan untuk:

Lihat juga: Contoh Laporan Diskusi Secara Singkat dan Lengkap

  • Mengatasi persoalan tertentu
  • Menemukan cara atau teknik baru terhadap suatu hal
  • Untuk mengambil kebijakan / keputusan yang lebih efektif
  • Untuk melakukan perbaikan dan pengawasan
  • Untuk mengetahui perkembangan atas suatu masalah yang timbul

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi


contoh laporan hasil observasi sekolah
lazuardi-high.sch.id

Ada beberapa fungsi yang dihasilkan dari pembuatan laporan hasil observasi, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Melaporkan pertanggung jawaban atas tugas dan kegiatan observasi yang telah dilakukan
  • Sebagai sumber informasi tertulis yang terpercaya
  • Menjelaskan dasar penyusunan kebijakan, keputusan, dan pemecahan masalah dalam suatu pengamatan
  • Media untuk pendokumentasi

Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi


contoh laporan hasil observasi tentang lingkugan
smkdarululumbandungharjo.wordpress.com

Teks laporan hasil observasi memiliki syarat-syarat atau kaidah-kaidah yang harus dipenuhi agar laporan hasil observasi yang dibuat bisa dipertanggung jawabkan. Ciri-ciri laporan hasil observasi adalah sebagai berikut:

1. Objektif

Objektif berarti teks laporan hasil observasi disajikan sesuai dengan keadaan objek yang sebenarnya di lapangan, tanpa dipengaruhi pandangan atau pendapat pribadi.

2. Universal

Universal berarti teks laporan hasil observasi tidak tendensi atau memihak pada satu pihak tertentu. Dengan kata lain, laporan hasil observasi yang dibuat haruslah berlaku umum; untuk semua orang dan berbagai tempat.

3. Faktual

Sebuah teks laporan hasil observasi haruslah faktual atau berdasarkan kenyataan di lapangan, mengandung kebenaran tentang objek yang telah diteliti. Kenapa harus faktual? Karena laporan yang tidak faktual tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Lihat juga: Contoh Laporan Singkat Kegiatan

4. Sistematis

Sistematis berarti teratur, berurutan, dan sesuai dengan standar yang berlaku dalam penulisan teks laporan hasil observasi secara umum.

5. Objek yang diobservasi / dijadikan bahasan merupakan objek tunggal

6. Tidak ada bagian penutup dari penulis laporan.

Penulis hanya bertindak sebagai pelapor yang melaporkan objek berdasarkan analisis dan pengamatan yang telah dilakukan.


Struktur Teks Laporan Hasil Observasi


contoh teks laporan observasi hewan
alvipunyacerita.wordpress.com

Laporan hasil observasi secara garis besar dibagi menjadi tiga bagian. Bagian-bagian yang akan disebutkan di bawah ini adalah tata cara untuk membuat teks laporan hasil observasi secara menyeluruh.

1. Definisi Umum

Di bagian pertama, yakni definisi umum, teks laporan hasil observasi memuat konsep dasar atau pengertian dari objek yang diobservasi atau isu / topik yang diangkat untuk kemudian diteliti. Misalkan akan membuat laporan hasil observasi sekolah, maka terlebih dahulu harus dijelaskan definisi atau konsep dasar tentang sekolah, sistem pendidikan, dan hal-hal terkait dengan sekolah secara umum.

2. Definisi Bagian

Bagian kedua dari teks laporan hasil observasi menjelaskan lebih rinci tentang konsep atau isi dari topik yang sebelumnya telah dijelaskan di bagian pertama.

3. Deskripsi Manfaat

Bagian terakhir dari teks laporan hasil observasi memuat segala macam manfaat dari objek yang diobservasi dan dari proses observasi / pengamatan / penelitian yang telah dilakukan.

Lihat juga: Contoh Laporan Audit Independen Wajar tanpa Pengecualian

Adapun struktur yang lebih sederhana bisa dibagi menjadi dua bagian saja, yaitu:

1. Pernyataan Umum / Klasifikasi

Pada bagian ini memuat tentang informasi mengenai sesuatu yang diteliti atau hasil observasi yang telah dilakukan.

Bagian ini juga biasa disebut sebagai bagian pembuka informasi secara umum dengan menjelaskan kalisifikasi / penggolongan mengenai objek yang akan dilaporkan, misalkan benda, tumbuhan, fenomena sosial, fenomena alam, lingkungan, sekolah, organisme, dll.

Selain itu, objek yang diteliti, diklasifikasikan berdasarkan perbedaan maupun persamaannya di bagian ini. Kemudian kriteria tersebut digunakan untuk membedakan kelas, sub kelas dan rincial yang lebih detail lagi.

2. Paragraf yang Terdiri dari Aspek yang Dilaporkan

Pada bagian kedua ini, dijelaskan secara rinci informasi yang akan dilaporkan berdasarkan hasil observasi dengan memperhatikan ciri-ciri atau kaidah penulisan teks laporan hasil observasi yang sudah disebutkan di atas tadi.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Sekolah Singkat


SMK N 2 Kota Tasikmalaya

SMKN 2 Kota Tasikmalaya merupakan Sekolah Menengah Kejuruan yang terletak di Jl. Sindanggalih, Kelurahan Kahuripan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya. Sekolah terbesar di Tasikmalaya ini memiliki 7 jurusan yaitu, Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Otomotif (OT), Mesin, Listrik, Gambar Bangunan (GB), Broadcast (BC), dan Audio Video (AV). Semua jurusan dilambangkan dengan warna-warna yang berbeda di lencana pundak. Merah untuk TKJ; biru donker untuk OT; biru muda untuk mesin; kuning untuk listrik; coklat untuk GB; hijau untuk BC, dan orange untuk AV.

Peraturan di sekolah ini mengharuskan semua siswanya memiliki rambut pendek. Maksimal 2 cm di bagian atas kepala dan 1 cm di bagian sisi kepala. Jumlah siswa laki-laki mendominasi dengan presentase 83% dibandingkan perempuan yang hanya 17% saja. SMKN 2 Tasikmalaya memiliki segudang prestasi, di antaranya juara futsal se-nasional pada tahun 2010 dan di tahun-tahun berikutnya; 2011 juara 3, 2012 juara 2.

Sistem belajar di SMKN 2 Tasikmalaya adalah teori dan praktek dengan presentase 70% : 30%. Teori terdiri dari pelajaran-pelajaran umum seperti matematika, bahasa inggris, fisika, kimia, dan agama. Sementara kegiatan praktek disesuaikan dengan jurusan yang diambil oleh siswa.

Semua siswa pada semester akhir kelas XI atau semester awal kelas XII diwajibkan untuk melakukan program Prakerin (Praktek Kerja Industri) di perusahaan-perusahaan luar, baik yang sudah berafiliasi dengan sekolah maupun belum. Siswa dibebaskan untuk memilih tempatnya masing-masing.

Di area lingkungan SMKN 2 Tasikmalaya terdapat dua jenis lingkungan yakni, lingkungan biotik (benda hidup) dan lingkugan abiotik (benda tak hidup). Lingkungan biotik terdiri dari pepohonan, tanaman hias, dan hewan-hewan umum yang sering berada di alam; sedangkan lingkungan abiotik terdiri atas gedung sekolah, peralatan belajar,

Lingkungan abiotik di SMKN 2 berupa gedung sekolah yang terdiri dari, ruang kelas, ruang guru, ruang TU, ruang BK, perpustakaan, masjid, koperasi, pos satpam, dan kamar mandi. Gedung praktek siswa terdiri dari bengkel otomotif, bengkel mesin, bengkel listrik, bengkel elektronik, studio broadcasting, lab komputer, dan lab gambar. Kantin terdapat di 5 tempat di setiap penjuru sekolah.

Selanjutnya peralatan sekolah seperti kursi, meja, papan tulis, spidol, dan LCD proyektor. Peralatan olahraga terdiri dari bola sepak, bola basket, bola tenis, pingpong, jaring bola voli, jaring tenis meja dan mejanya. Berikutnya ada lapangan yang terdiri dari lapangan upacara, lapangan sepak bola, lapangan futsal, basket, badminton, dan voli.

Lingkungan hidup atau biotik di SMKN 2 Tasikmalaya terdiri dari pepohonan besar di antaranya mahoni dan mangga. Lalu tanaman hias yang ditanam di sepanjang jalan gerbang utama menuju gerbang dalam sekolah; dari pos satpam sampai parkiran dalam.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Tentang Lingkungan


Banjir Kali Ciliwung

Lingkungan merupakan sesuatu yang ada di sekitar manusia, menopang kehidupannya, sekaligus mempengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan hidup adalah kesatuan yang terbentuk dari saling terhubungnya ruang, benda, dan makhluk hidup di dalamnya. Termasuk manusia. Oleh karena itu lingkungan harus dijaga agar keberlangsungan hidup manusia tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Dalam lingkungan hidup terdapat 2 ekosistem yaitu, ekosistem darat dan ekosistem perairan. Di antara keduanya, ekosistem airlah yang paling berpengaruh terhadap kehidupan manusia. 2/3 bumi adalah air. 60% – 70% kandungan dalam tubuh manusia juga air.

Ciliwung adalah sungai yang kerap menimbulkan banjir setiap tahunnya. Terutama di bagian hilir. Sungai ini melewati wilayah DKI Jakarta, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Kota Depok. Sungai ini menjadi salah satu sungai terpenting di Tatar Pasundan dengan panjang aliran utama 120 km.

(jelaskan tentang fakta-fakta sungai ciliwung; peningkatan debit air ketika curah hujan, dll)

Hasil pengamatan kami, banjir kali ciliwung disebabkan oleh dua faktor:

1. Ulah Manusia

Ledakan penduduk di Jakarta, terutama di sekitar sungai ciliwung tidak dibarengi dengan kesadaran tentang bahayanya membuang sampai di kali, akhirnya terjadi penumpukan sampah di sungai ciliwung … (dijelaskan sesuai fakta yang ada, ini hanya contoh).

2. Faktor Alam

Setelah diteliti lebih lanjut, ada faktor lain yang mempengaruhi banjir kali ciliwung, yakni rusaknya ekosistem di sepanjang kali ciliwung. Normalisasi yang dilaksanakan oleh PemProv DKI pun hanya menyasar beberapa wilayah saja, akibatnya … (dijelaskan sesuai dengan pengamatan yang dilakukan).


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan Singkat


Kelinci

Kelinci tergolong hewan mamalia dari family Leporidae. Kelinci dapat ditemui dengan mudah di berbagai belahan bumi. Dahulu kelinci adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Sampai sekarang, secara umum kelinci dibagi menjadi dua klasifikasi yaitu, kelinci bebas dan kelinci peliharaan.

Dilihat dari jenis bulu, kelinci dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu, berbulu panjang dan berbulu pendek. Menurut rasnya, kelinci terbagi menjadi beberapa jenis lagi, di antaranya Lyon, Angora, American Chinchilla, English Spot, Himalayan, dan Dutch. Dan hasil dari observasi kami kelinci jenis Lyon adalah hasil persilangan luar antara Angora dan jenis kelinci yang lainnya.

Kelinci selalu diidentikan dengan wortel sebagai pakannya, tetapi observasi kami membuktikan bahwa kelinci dapat diberi pakan sayur-sayuran hijau, rumput awetan, umbi-umbian, biji-bijian, dan pelet juga lahap dimakan kelinci.

Penelitian membuktikan bahwa daging kelinci dapat digunakan sebagai obat yang mampu menyembuhkan penyakit asma. (sebutkan fakta-fakta dan hasil observasi terhadap kelinci; umur maksimal kelinci, jadwal makan kelinci, dll.)

Demikianlah beberapa contoh laporan hasil observasi yang bisa dijadikan sebagai referensi kalian yang sedang membuat tugas observasi mengenai berbagai macam hal (Sekolah, Lingkungan, Hewan, Tumbuhan, dll.)

Baca Juga: Contoh Laporan Prakerin

2 thoughts on “Contoh Teks Laporan Observasi Singkat Terlengkap (Sekolah, Lingkungan, Hewan, Tumbuhan)

Apa Komentarmu?