teks ekplanasi fenomena sosial

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Padat Jelas TERLENGKAP

Contoh Teks Eksplanasi – Teks eksplanasi adalah media / teks yang berisi proses tentang “Kenapa?” dan “Bagaimana” suatu peristiwa bisa terjadi.

Teks eksplanasi biasanya menjadi bahan pelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan pada siswa kelas VII pada kurikulum 2013. Apa yang dibahas macam-macam, biasanya menjelaskan mengenai fenomena alam ataupun fenomena sosial.

Eksplanasi sendiri berasal dari bahasa Inggris Explanation yang mempunyai arti tindakan menjelaskan atau menerangkan sebuah pernyataan atau fakta.

Maka bila didasarkan pada segi bahasa, pengertian Teks Eksplanasi (Explanation Text) adalah sebuah teks yang memuat proses-proses yang berkaitan dengan fenomena-fenomena sosial, alam, budaya, ilmu pengetahuan, dan lainnya.


Struktur Teks Eksplanasi (Explanation Text)


Teks eksplanasi mempunyai struktur-struktur yang menjadi pembangun, yang ketika struktur itu dipenuhi, teks ekplanasi kita akan menjadi informatif; memberikan informasi yang menyeluruh.

1. Pernyataan umum

Pernyataan umum memuat tentang penjelasan umum mengenai peristiwa atau fenomena (sosial, alam, dll.) yang akan dibahas di dalam teks; penjelasannya bisa berupa pengenalan fenomena tersebut secara umum (gambaran umum peristiwa).

Dalam pernyataan umum juga memuat hal-hal yang menjawab pertanyaan khalayak tentang peristiwa tersebut, khususnya pertanyaan “Apa?”, “Kenapa?”, dan “Bagaimana?”

2. Deretan Penjelas

Deretan Penjelas, memuat penjabaran proses kenapa peristiwa tersebut bisa terjadi. Biasanya deretan penjelas bisa terdiri beberapa paragraf. Pada paragraph inilah dirincikan sebab dan akibat dari sebuah fenomena yang terjadi.

3. Interpretasi

Interpretasi (Opsional) merupakan teks penutup ekplanasi yang sifatnya pilihan; boleh ditulis, boleh juga tidak.

Teks penutup yang dimaksud di sini adalah teks yang menjadi kesimpulan atau intisari dari pernyataan umum dan deretan penjelas yang sudah ditulis di paragraf-paragraf sebelumnya. Tetapi sangat dianjurkan untuk menuliskan teks penutup, sebagai penegasan apa yang sebenarnya kita tulis dalam teks ekplanasi tersebut.

Baca juga: Contoh Teks Anekdot Singkat Beserta Strukturnya [Lucu]

Opsionalnya bisa berupa tanggapan ataupun mengambil kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks ekplanasi tersebut (Mahsun, 2013).


Contoh Teks Ekplanasi Singkat Tentang Bencana Alam Beserta Strukturnya


teks eksplanasi tentang bencana alam

Tsunami

Pernyataan Umum:

Tsunami berasal dari bahasa jepang yakni tsu yang berarti pelabuhan; dan nami yang berarti gelombang, yang kemudian diartikan sebagai ombak besar di pelabuhan.

Secara istilah, tsunami adalah perpindahan badan air yang dipicu oleh perubahan permukaan laut secara vertikal secara tiba-tiba.

Banyak sekali penyebab tsunami, seperti gempa bumi yang episentrumnya di bawah laut, letusan gunung api bawah laut, longsor bawah laut, atau bahkan disebabkan hantaman meteor ke laut.

Gelombang tsunami ini bisa merambat ke segala arah dengan kecepatan 500 – 1000 km/jam. Setara dengan kecepatan pesawat terbang.

Deretan Penjelas Sebab Akibat

Gelombang tsunami dapat terjadi karena beberapa faktor,

  1. Gempa Bumi yang Berpusat di Bawah Laut

Gempa bumi di dasar lautan ini adalah penyebab utama terjadinya gelombang tsunami. Begitu pun yang menghancurkan Banda Aceh tahun 2004 silam; dan tsunami yang memporak-porandakan Pulau Mentawai pada tahun 2010.

Sebagai Negara yang diliputi oleh ring of fire dan Negara kepulauan yang dikelilingi oleh samudera, Indonesia sangat berpotensi terkena tsunami. Meskipun begitu, tidak semua gempat bumi yang episentrumnya di bawah laut berpotensi menimbulkan tsunami.

  1. Letusan Gunung Berapi

Letusan gunung berapi bisa menyebabkan terjadinya gempa vulkanik. Tsunami besar yang terjadi di tahun 1883 juga akibat dari meletusnya Gunung Krakatau yang berada di Selat Sunda; meletusnya Gunung Tambora di NTT pada tahun 1815.

  1. Longsor Bawah Laut

Longsor bawah laut ini terjadi akibat adanya tubrukan antara lempeng benua dan lempeng samudera. Proses tersebut mengakibatkan terjadinya pegunungan dan palung laut. Tsunami yang diakibatkan longsoran bawah laut ini dikenal juga dengan nama tsunamic submarine landslide.

  1. Hantaman Meteor di Laut

Jatuhnya sebuah meteor ke laut juga bisa menyebabkan tsunami karena daya hantamnya yang besar dapat memicu gelombang yang juga besar.

Interpretasi atau Simpulan

Tsunami dapat dengan mudah memporak-porandakan daratan. Untuk itu penting bagi kita untuk sejak dini mengenal tanda-tanda tsunami agar kerugian yang ditimbulkan dari bencara tersebut dapat dikurangi.

teks eksplanasi fenomena alam

Banjir Bandang

Pernyataan Umum

Banjir termasuk ke dalam satu dari sekian gejala alam yang secara langsung mempegaruhi kehidupan manusia, baik itu menimbulkan kerusakan secara fisik maupun mental.

Dalam pengertiannya, banjir adalah luapan air dengan debit besar yang menggenangi dan menerjang suatu daerah. Peristiwa meluapnya air tersebut kemudian masuk ke kawasan pemukiman yang dihuni oleh manusia akibat sungai sudah tidak mampu lagi menampung air tersebut.

Deretan Penjelas Sebab Akibat

Terjadinya banjir sedikitnya disebabkan oleh dua faktor; yaitu faktor alam dan faktor manusia.

Faktor alam adalah curah hujan yang tinggi, letak geografis berada lebih rendah dari permukaan laut, adanya pasang naik air laut, dan mungkin karena daerahnya terletak pada cekungan yang dikelilingi perbukitan di mana jalan keluar air menjadi sempit.

Sedangkan faktor manusia adalah kegiatan penebangan hutan, buang sampah tidak pada tempatnya, sehingga saluran air tersumbat dan kemudian air meluap.

Banjir dapat menimbulkan kerugian besar bagi manusia. Banyak barang-barang berharga yang ter-rendam banjir. Sarana public porak-poranda, bahkan tidak sedikit nyawa manusia melayang sia-sia

Interpretasi

Banjir dapat menimbulkan kerugian bagi ummat manusia, oleh karena itu harus mempelajari dengan menyeluruh mengenai sebab-sebab banjir agar bisa dilakukan pencegahan sebelum bencana alam itu terjadi.


Contoh Teks Ekplanasi Singkat Sosial Beserta Strukturnya


teks ekplanasi fenomena sosial

Pengangguran

Pernyataan Umum

Pengangguran adalah salah satu fenomena sosial yang berhubungan dengan aspek ketenaga kerjaan yang telah menjadi permasalahan sejak dahulu dan muncul di masyarakat.

Layaknya sebuah penyakit kronis, pengangguran telah menyerang sisi kehidupan dalam kehidupan bermasyarakah. Entah sudah berapa banyak penanggulangan yang sudah dilakukan, tetapi permasalahan tersebut tidak serta merta menghilang.

Tidak hanya di Indonesia saja, tetapi masalah pengangguran ini ada di semua Negara di dunia. Pada setiap rezim, agenda pemberantasan pengangguran selalu menjadi prioritas utama.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Deretan Penjelas dan Sebab Akibat

Secara umum, fenomena sosial pengangguran ini diartikan sebagai orang dewasa yang tidak memiliki pekerjaan, sedang mencari pekerjaan, atau tidak mendapatkan suatu penghasilan.

Ada beberapa faktor mendasar yang memang menjadi sebab munculnya pengangguran. Hematnya, pengangguran tercipta karena adanya kesenjangan antara kesempatan bekerja dan pencari kerja. Pengangguran juga dapat disebabkan karena terjadinya perubahan strukturan pada tenaga kerja pada tingkat keterampilan yang berbeda-beda.

Sehingga kualifikasi kompetensi yang dimiliki pencari kerja tidak up to date; tidak sesuai lagi dengan tuntutan baru. Dan bisa juga pengangguran ini terjadi karena adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Berawal dari pengangguran, masalah dapat berlanjut ke permasalahan ekonomi. Bila jumlah penganggur terus meningkat, maka akan timbul kekacauan sosial; seperti misalkan menjadi gelandangan dan melakukan tindakan criminal.

Interpretasi

Berdasarkan uraian di atas, maka sudah barang tentu fenomena sosial pengangguran ini adalah masalah yang sangat besar dan berefek domino. Oleh karena itu harus segera dicari solusinya; salah satunya adalah dengan memperbanyak lowongan kerja atau diadakan pelatihan menjadi pengusaha.


Contoh Teks Ekplanasi Kompleks Beserta Strukturnya


teks ekplanasi kompleks

Bahaya Rokok

Pernyataan Umum

Rokok adalah kertas yang berbentuk silinder dengan ukuarn sekira 70 – 120 mm (bervariasi tergantung Negara) dengan diameter 10 mm yang di dalamnya diisi daun-daun tembakau yang sebelumnya telah dicacah.

Rokok dibakar di salah satu ujungnya dan dinikmati oleh perokok dengan cara dihisap; dihirup lewat mulut di ujung lainnya.

Deretan Penjelas dan Sebab Akibat

Rokok biasa dijual dalam bungkusan berbentuk kemasan kertas atau kotak yang muat dalam saku. Sejak beberapa tahun terakhir, bungkus rokok tersebut disertai pesan-pesan kesehatan yang memperingati para perokok agar tidak merokok dan menjaga kesehatannya.

Bahaya itu antara lain kanker paru-paru, serangan jantung, gangguan kehamilan dan janin. Tetapi kemudian peringatan itu hanya menjadi hiasan saja; tidak dipatuhi sama sekali.

Sudah banyak riset yang membuktikan bahwa rokok memang menyebabkan ketergantungan, disamping juga menyebabkan penyakit-penyakit berat seperti kanker, jantung, pernapasan, pencernaan, dll. Juga dapat membuat impotensi.

Zat-zat berbahaya yang terkandung dalam rokok adalah:

  1. Nikotin

Nikotin ini mengandung candu yang bisa menyebabkan seseorang ketagihan untuk terus-terusan menghisap rokok. Pengaruh lainnya yaitu dapat merusak jaringan otak secara perlahan.

  1. Tar

Bahan dasar pembuat aspal. Bahan ini dapat menempel pada paru-paru untuk kemudian menimbulkan iritasi bahkan kanker; meningkatkan produksi lender di paru-paru, membuhuh sel dalam saluran darah, dan menyebabkan kanker paru-paru.

  1. Karbon Monoksida

Gas yang bisa menyebabkan penyakit jantung sebab gas ini sifatnya mengikat oksigen di dalam tubuh yang bertugas mengikat hemoglobin dan memperlancar peredaran darah.

  1. Zat Karsinogen

Dapat memicu pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

  1. Zat Iritan

Zat ini mengotori saluran udara dan kantung udara di paru-paru. Dapat menyebabkan batuk.

Interpretasi

Secara jelas kita sudah dapat melihat bagaimana paru-paru perokok mengalami perubahan warna. Paru-paru sehat itu berwarna merah muda; sementara paru-parunya para perokok berwarna kuning kecoklatan.

Selain itu pada bagian trakea atau pipa udara paru berubah menjadi agak kecoklatan dan tersumbat. Itu semua adalah bahaya rokok. Oleh karena itu, mulai dari sekarang kita harus menjaga kesehatan dengan berhenti merokok dan menghindari asap rokok.


Itulah beberapa contoh teks ekplanasi singkat (fenomena sosial, tentang bencana alam, kompleks, dll). In syaa Allah akan diupdate listnya di waktu mendatang. Dan pembahasannya akan lebih lengkap.

  • Teks Eksplanasi Gempa Bumi
  • Teks Eksplanasi Gunung Meletus
  • Teks Eksplanasi Pelangi
  • Teks Eksplanasi Tanah Longsor
  • Teks Eksplanasi Hujan Asam
  • Teks Eksplanasi Gerhana Matahari
  • Teks Eksplanasi Kekeringan
  • Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan

 

Contoh Teks Eksplanasi

Apa Komentarmu?