Contoh Laporan Singkat Kegiatan Paling Lengkap

Contoh Laporan Singkat Kegiatan – Jika kita bekerja pada sebuah institusi atau berorganisasi di sekolah, setiap kegiatan yang diselenggarakan, baik itu kegiatan pelatihan, bakti sosial, pramuka, lomba, 17 Agustus, dan acara-acara lainnya, pasti selalu dimintai pertanggungjawabannya, entah itu berupa laporan tertulis ataupun dokumentasi berupa foto.

Nah, namun sayangnya masih banyak dari kita yang mungkin kebingungan dalam membuat laporan kegiatan yang singkat, padat, dan jelas tanpa menghilangkan esensi dari laporan itu sendiri.

Selain sebagai pertanggung jawaban, laporan kegiatan ini juga berfungsi untuk evaluasi, sehingga bila di lain waktu akan mengadakan acara yang hampir sama, kita bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.


Tips Membuat Laporan Kegiatan Singkat


contoh laporan singkat kegiatan pramuka
PetaPixel

Sebenarnya, membuat laporan itu dimulai tepat saat pertama kali kita mengadakan kegiatan. Jadi hal terpentingnya adalah: catat hal-hal penting yang terjadi di semua sisi. Baik itu sisi administrasi, sisi dokumentasi, maupun dari sisi acara itu sendiri.

Jadi tips yang paling penting adalah: Mencatat


Format Laporan Kegiatan Singkat


contoh laporan kegiatan singkat seminar
Tribunnews.com

Laporan kegiatan singkat tidak seperti laporan-laporan pada umumnya yang memiliki bab-bab dan format baku. Sedikitnya, dalam laopran kegiatan singkat tersebut terdapat nama kegiatan, lokasi kegiatan, tema kegiatan, foto headline beserta keterangannya, tanggal kegiatan, panitia, jumlah peserta, latar belakang kegiatan, tujuan, narasi kegiatan, kesimpulan.

Urutannya seperti ini,

LAPORAN KEGIATAN SINGKAT
Judul Kegiatan
Lokasi

“Tema Kegiatan”

Headline Foto

(keterangan)

Tanggal Kegiatan
Panitia
Jumlah Partisipan
Latar Belakang Kegiatan
Tujuan Kegiatan
Narasi Kegiatan
Kesimpulan

Adapun untuk format yang lebih lengkap: Contoh Laporan Kegiatan Diskusi


Contoh Laporan Kegiatan Singkat tentang Penggalangan Dana


LAPORAN SINGKAT KEGIATAN PENGGALANGAN DANA
Judul KegiatanPenggalangan Dana untuk Palestina
LokasiCar Free Day Kota Tasikmalaya

“Sebesar Kepedulian, Seperti Itulah Rasa Syukurmu”

Lembaga Dakwah Kampus Tasikmalaya

Lembaga Dakwah Kampus Universitas Siliwangi Tasikmalaya mengadakan penggalangan dana untuk Palestina di CFD Tasik.

Tanggal Kegiatan3 Mei 2015 @07:00 – 09:00
PanitiaKetua Pelaksana: Agung

Sekretaris: Yulia

Bendahara: Intan

Koordinator Lapangan: Rizki

Acara: Diki, Hasan

Tim Sunduk: Siti, Taupik, Asep, Acep, Aris, Willy, Wiyat, Mina, Endah, Fadil, Arif, Yusuf, Heri, Hilman

Orator: Nanang, Dendi, Robi, Eva, Annisa

Tim Dokumentasi: Ramdan, Mulkan, Nala, Esa

Konsumsi: Fatma, Saidah, Ema

Logistik: Akbar, Deni, Agus

Jumlah Partisipan-+ 1000 orang (pengunjung car free day)
Latar Belakang KegiatanPalestina sebagai Negara yang terus dijajah oleh zionis Israel seperti luput dari perhatian pemerintah kita, padahal jika melihat dari sejarah, Palestina dan Mesir adalah dua negara awal yang mengakui kedaulatan Indonesia.

Selain itu, dari sisi agama, mereka tentu adalah saudara kita. Sebagai orang muslim yang telah sama-sama mengakui Tuhan Yang Maha Esa dan kerasulan Muhammad saw.

Tetapi ini bukanlah soal agama, ini soal kemanusiaan.

Kebiadaban yang dilakukan oleh bangsa Israel dengan memboikot warga Palestina dari dunia luar, khususnya Jalur Gaza membuat mereka kekurangan pasokan makanan.

Tidak hanya itu, anak-anak Palestina dibunuh tanpa sebab yang pasti.

Atas dasar itulah kami mengadakan acara penggalangan dana untuk membantu meringankan beban mereka.

Tujuan Kegiatan1. Menumbuhkan solidaritas antar sesama muslim

2. Mengedukasi masyarakat tentang keadaan Palestina

3. Membantu warga Palestina

Narasi KegiatanPada hari minggu, 3 Mei 2016, Lembaga Dakwah Kampus Universitas Siliwangi melaksanakan agenda penggalangan dana untuk kemanusiaan terhadap warga Palestina.

Semua panitia dan anggota yang akan terlibat dalam kegiatan tersebut sudah berkumpul di Sekretariat organisasi pada pukul 06:00 untuk melakukan briefing dan persiapan-persiapan lain.

Total anggota yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 60 orang; 33 perempuan dan 17 laki-laki. Semua anggota mengenakan jaket organisasi.

Peralatan yang dibawa antara lain: bendera organisasi, bendera kecil palestina, kardus bekas, spanduk kegiatan, megaphone, kain putih kosong, spidol, dan 2 kamera DSLR untuk dokumentasi.

Semua yang terlibat kemudian secara bertahap menuju ke lokasi untuk menentukan area penggalangan dana. Dan pukul 7:00 pas semua anggota sudah berkumpul di Tugu Adipura Jl. KHZ. Mustofa.

Agenda dimulai dengan pembacaan do’a, lalu semua anggota (khususnya tim sunduk) menyebar ke berbagai sisi sebagai pundi bagi warga yang ingin menyisihkan hartanya untuk Palestina. Sementara di area utama, orator menyampaikan pesan-pesan secara bergiliran.

Di lain tempat, tim konsumsi sudah siap dengan air mineral gelas dan roti.

Orasi ditutup dengan longmarch menyusuri Jl. KHZ Mustofa sebagai tempat diselenggarakannya CFD. Semua rangkaian kegiatan selesai tepat pukul 09:15.

KesimpulanMelihat apa yang terjadi di Palestina mendorong Lembaga Dakwah Kampus Universitas Siliwangi Tasikmalaya untuk menggalang dana di atas nama kemanusiaan.

Hal ini sesuai dengan statusnya sebagai mahasiswa yang dituntut untuk lebih peka pada permasalahan. Masyarakat yang secara langsung terlibat dalam kegiatan ini teredukasi tentang keadaan Palestina yang sebenarnya; keadaan yang tidak dipublikasikan di media-media televisi Indonesia.

Selama proses berlangsung, banyak masyarakat Tasikmalaya yang ternyata baru mengetahui berita Palestina, maka kegiatan ini dinilai efektif dan mengedukasi.

Evaluasi– Kurang siapnya orator menyampaikan, membuat orasinya terbata-bata. Untuk kedepannya orator harus bisa menguasai bahan bacaan dan mempersiapkan mental untuk menguasai arena orasi.

– Sunduk/pundi yang dibawa tidak sesuai jumlahnya dengan anggota yang hadir. Untuk kedepannya harus dilebihkan jumlah kardusnya.

– Kurangnya kesadaran untuk membalas konfirmasi jarkom dari panitia inti pada anggota sehingga menyebabakan kurangnya perangkat yang siapkan.

Dokumentasi Kegiatan
 Foto-foto

Contoh Laporan Singkat Kegiatan Pramuka


LAPORAN SINGKAT KEGIATAN PRAMUKA
Judul Kegiatan Perkemahan Sabtu – Minggu dan Lomba Keterampilan Pramuka
Lokasi Situ Gede, Mangkubumi, Tasikmalaya

“Pramuka Pembentuk Kaum Muda Tangguh”

contoh laporan kegiatan pramuka tasikmalaya

Walikota Tasikmalaya Melantik Anggota Pramuka

Tanggal Kegiatan7 – 8 Mei 2016
PanitiaKetua Pelaksana: Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tasikmalaya

Sekretaris:

Bendahara:

Koordinator Lapangan:

Acara:

Logistik:

 Jumlah PartisipanAnggota Pramuka Penggalang
Latar Belakang KegiatanPembangunan Nasional di Indonesia ternyata menimbulkan beragam masalah dan tantangan bagi kaum muda, khususnya terkait dengan semangat kebangsaan. Kemudahan mendapatkan informasi dengan lalu lintas yang cepat, menyebabkan banyak kaum muda yang mengalami internasionalisasi nilai-nilai dan budaya.

Era globalisasi memang menakutkan, identitas suatu bangsa bisa saja meluntur bila kedatangan budaya-budaya baru dari barat tidak disaring dengan pengetahuan-pengetahuan tentang bangsa kita sendiri.

Mengatasi hal tersebut, banyak hal yang bisa dilakukan dan di antaranya melalui kegiatan kepramukaan. Sejarah dan observasi sudah membuktikan bahwa, bila kaum muda sejak dini aktif dalam kegiatan lapangan, temasuk pramuka, bukan saja dapat menjadi filter budaya-budaya global yang masuk, tetapi juga membendung munculnya berbagai masalah dan tantangan.

Terlebih dari itu, menjadikan kaum muda memiliki identitas kebangsaan, watak, dan kepribadian mulia yang nantinya akan berperan penting dalam mewujudkan masyarakat yang madani.

Kegiatan kepramukaan seringkali menghasilkan calon-calon pemimpin masa depan yang siap mental dan fisiknya, tangguh menghadapi masalah dan tekanan, serta menjadi penggerak di tengah-tengah masyarakat.

Tujuan Kegiatan1. Aktualisasi Pembinaan Kepramukaan di Gugus Depan bagi Pramuka Penggalang di alam terbuka secara interaktif, rekreatif, dan edukatif

2. Meningkatkan pengetahuan, sikap, wawasan, dan keterampilan Pramuka Penggalang

3. Mengindentifikasi potensi tiap-tiap kelompok Regu Pramuka Penggalang

4. Menyelenggarakan kegiatan bagi Pramuka Penggalang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tasikmalaya

Narasi KegiatanKegiatan Kepramukaan ini dimulai pada hari Sabtu pukul 07:00 dan berakhir pada hari Minggu 13:00.

Perkemahan Sabtu – Minggu dan Lomba Keterampilan Kepramukaan ini berlansung dengan lancar. Dimulai dari lomba berkemah yang meliputi bagaimana cara mendaftar ulang, teknik-teknik mendirikan tenda, mengatur dan menghias area tenda, bagaimana manajemen piket tenda (keamanan swadaya).

Dilanjutkan dengan lomba kedisiplinan dan keterampilan meliputi, membuat gapura, pioneering, penjelajahan alam, menaksir tinggi pohon, kecepatan arus dan lebar sungai, membuat sketra panorama, PPPK membalut kaki patah, lengan patah, dan mengangkat pasien dengan tandu.

Setelah itu dilanjutkan dengan lomba pengetahuan meliputi pengetahuan tentang kepramukaan dan umum, membaca dan melakukan perintah dengan semaphore, dan juga membaca perintah sandi kotak dan rumput.

KesimpulanKegiatan ini sangat penting untuk menumbuhkan kembali semangat kebangsaan kaum muda yang sudah mulai terkikis oleh pengaruh globalisasi.

Adanya pramuka harus bisa dimanfaatkan dengan maksimal dalam tugas dan fungsinya sebagai organisasi resmi di Indonesia.

Evaluasi(evaluasi setelah kegiatan selesai)
Dokumentasi Kegiatan
 Foto-foto

Contoh Laporan Singkat Kegiatan Seminar dan Pelatihan


LAPORAN SINGKAT KEGIATAN SEMINAR DAN PELATIHAN
Judul Kegiatan Seminar dan Pelatihan Organisasi Kreatif
Lokasi Kampus Unsil Tasikmalaya

“Sila ke-6 Kreatif Harga Mati!”

 

contoh laporan singkat kegiatan seminar dan pelatihan

Panitia berfoto bersama, Ta’lim Alif LDK Mercubuana Jakarta, MDC (Muslim Designer Community), dan Pimpinan Redaksi Islampos

Tanggal Kegiatan6 Februari 2016
PanitiaKetua Pelaksana: Adi Pujiawan

Sekretaris: Givany Salsabila

Bendahara: Dini Nurhanifah

Koordinator Lapangan: Asep Darul Padli

Acara: Makhrus

Logistik: Rizal

Dokumentasi: Tria Moulina

KonsumsiFatma Anisa Sari

 Jumlah Partisipan150 Orang
Latar Belakang KegiatanDunia sudah memasuki zaman baru, semua yang ada ter-digitalisasi. Siapa yang tertinggal, nasibnya mungkin akan mirip seperti Siemens atau Nokia.

Arus deras globalisasi menjadi pisau bermata dua. Akan menjadi sesuatu yang membuat masalah bila yang dibawa globalisasi, yaitu teknologi, dipergunakan dengan salah.

Akan menjadi sesuatu yang bermanfaat bila teknologi itu dipergunakan untuk menunjang dan mengakselerasi gerak kita mencapai tujuan.

Organisasi sebagai wadah yang pasti mempunyai visi tentu akan membutuhkan teknologi sebagai kendaraan untuk mempercepat proses pencapaian tujuan.

Dan hari ini, banyak organisasi yang sudah mendigitalkan diri mereka untuk kemudian mengeksiskan diri dan menebar manfaat lebih banyak. Namun, persaingan semakin ketat. Dibutuhkan gebrakan baru supaya tidak tenggelam.

 

Tujuan Kegiatan1. Optimalisasi Sosial Media untuk kebermanfaatan

2. Mempererat silaturahim organisasi-organisasi di Tasikmalaya

3. Menganalisa peluang di dunia maya

Narasi Kegiatan 

Kegiatan seminar dan pelatihan organisasi kreatif ini dilaksanakan pada tanggal 6 Februari 2016 dengan sasaran peserta adalah organisas kampus dan SMA se-Priangan Timur (Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Garut).

Sebagai pemateri, panitia mengundang LDK Ta’lim Alif Jakarta sebagai youtuber kreatif, MDC (Muslim Designer Community) sebagai desainer kreatif, dan Pimpinan Redaksi Islampos sebagai perwakilan dari portal berita.

Kesimpulan 

(kesimpulan dari kegiatan)

Evaluasi(evaluasi setelah kegiatan selesai)
Dokumentasi Kegiatan
 Foto-foto

Demikianlah contoh laporan singkat kegiatan yang bisa kalian jadikan referensi untuk membuat laporan kegiatan sendiri. Semoga bermanfaat.

Apa Komentarmu?