Contoh Laporan Perjalanan Wisata Study Tour Singkat Padat Jelas Lengkap

Contoh Laporan Perjalanan Wisata Singkat – Di postingan-postingan sebelumnya telah dibahas mengenai jenis-jenis laporan (laporan kegiatan, laporan diskusi, laporan observasi, laporan audit, dll) yang biasa dibuat sebagai bentuk pertanggung jawaban atas kegiatan yang telah dilakukan.

Kali ini, satriabajahitam akan membahas mengenai contoh laporan perjalanan wisata yang singkat, padat, dan jelas. Kenapa laporan perjalanan yang singkat, padat, jelas? Supaya tidak memakan banyak waktu untuk membuat tetapi esensi dari laporan itu terpenuhi.

Untuk kalian yang ingin mempelajari bagaimana contoh laporan perjalanan wisata yang lengkap bisa dipelajari di artikel ini: Contoh Laporan Perjalanan Wisata yang Sesuai Prosedur


Pengertian Laporan Perjalanan


contoh laporan study tour singkat
savannah–jayne.tumblr.com

Laporan perjalanan merupakan tulisan yang berkaitan dengan pertanggung jawaban atau pemberitahuan lebih lanjut mengenai rangkaian kegiatan / cerita yang disusun sesuai urutan ruang dan waktu yang terjadi dalam kegiatan yang sebenarnya.

Oleh karena itu, sebuah laporan perjalanan haruslah memakai bahasa yang komunikatif dan benar ejaannya supaya yang membaca bisa paham terhadap isi laporan / apa yang hendak diberitahukan.


Contoh Laporan Perjalanan Wisata Singkat Study Tour ke Bali


Laporan Perjalanan Singkat Study Tour ke Bali

SMKN 2 Kota Tasikmalaya

Disusun Oleh: …

Indonesia, selain dikenal sebagai Negara dengan julukan Tanah Surga juga dikenal dengan nama Balinesia. Bali memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong dari luar negeri, terlepas dari apakah mereka tahu Bali itu di Indonesia atau bukan. Mereka tahunya cuma Bali.

Bali adalah sebuah provinsi di Indonesia yang beribukotakan Denpasar. Secara geografis, Bali terletak di antara pulau Jawa dan Lombok. Mayoritas penduduk Bali menganut agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan wisata, keunikan seni budaya, dll. Khususnya bagi wisatawan asal Jepang dan Australia.

Bali juga dikenal dengan nama Pula Dewata dan Pulau Seribu Pura.

Kami, dari SMKN 2 Tasikmalaya mengadakan study tour ke Bali pada tanggal 21 Oktober 2016. Kegiatan study tour tersebut rutin diselenggarakan oleh sekolah walaupun dari tahun ke tahun tempat yang dikunjungi berbeda.

Rute perjalanan kami ke Bali adalah sebagai berikut:

Dari Tasikmalaya naik kereta menuju ke Surabaya, lalu dari Surabaya menuju banyuwangi naik Bis, tepatnya menuju Pelabuhan Ketapang untuk kemudian menyebrang laut sampai di Bali.

Kereta kami dijadwalkan berangkat pukul 19:59, oleh karena itu semua peserta study tour sudah berada di Stasiun Tasikmalaya selepas shalat Maghrib. Total peserta yang ikut kegiatan ini adalah 105 orang termasuk guru-guru dan staff TU. Jadi, satu gerbong kereta dipesan untuk sekolah kami saja; satu gerbong mempunyai total 106 kursi.

Nama kereta yang kami tumpangi adalah Mutiara Selatan; kereta kelas ekonomi dengan harga tiket per orang sebesar Rp.290.000.

Kereta dijadwalkan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pada pukul 06:43 tetapi di perjalanan terjadi keterlambatan sekitar 30 menit. Kami pun tiba di Stasiun Surabaya Gubeng sekitar pukul 07:15 pagi. Setelah itu kami sarapan dengan perbekalan masing-masing.

Beberapa dari kami ada yang mandi di Stasiun, beberapa lagi beristirahat di Mushala; menunggu jadwal pemberangkatan bis menuju ke Pelabuhan Ketapang. Bis baru berangkat pukul 08:00 dari stasiun dan memakan waktu 7 jam perjalanan untuk sampai di Pelabuhan.

Alhamdulillah perjalanan menuju pelabuhan tidak diwarnai kemacetan, sehingga pukul 15:00 tepat kami sampai. Kami istirahat, sholat, dan makan sebelum melanjutkan perjalanan menyebrang dengan menggunakan kapal feri yang terjadwal untuk berangkat pukul 16:30.

Pukul 16:35 bus menaiki kapal feri untuk kemudian berlayar menuju Pulau Dewata, tujuan utama study tour kami. Penyebrangan dari pelabuhan menuju Pulai Bali memakan waktu satu jam saja. Jadi jika ditotal, perjalanan dari Tasikmalaya – Bali adalah 22 jam.

Setelah sampai di Bali, kami langsung menuju hotel yang sebelumnya sudah di Pesan yakni hotel A. Kami semua melakukan kegiatan pribadi sampai malam, artinya bebas melakukan apa saja. Istirahat boleh, jalan-jalan boleh, makan-makan juga boleh.

Besoknya kami berkumpul untuk mengadakan acara utama yakni tour sambil study; jalan-jalan sambil belajar. Kami dijadwalkan 2 hari satu malam di Bali, jadi kami akan pulang kembali ke Tasikmalaya tanggal 24 Oktober 2016.

Tempat Study Tour di Bali yang Kami Kunjungi

  • Pura Taman Ayun
contoh laporan perjalanan wisata
en.wikipedia.org

Pura Taman Ayun terletak di Desa Mengwi. Pura ini adalah peninggalan Kerajaan Mengwi pada abad ke-17 tepatnya dimulai pada tahun 1632 dan selesai pada tahun 1634. Pura Taman Ayun ini didirikan oleh kerajaan Mengwi yang mempunyai nama lain yaitu Mangpura, Mangarajia, dan juga Kawiyapura, pada saat pemerintahan Raja I Gusti Agung Putu.

  • Pegunungan Bedugul dan Danau Beratan
contoh laporan perjalanan wisata singkat
justgola.com

Terletak di Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan. Di sini kami disuguhi pemandangan yang indah sekali. Suasananya sejuk. Selain itu ada juga Pura yang tidak kalah cantik yakni Pura Ulun Danu. Pura ini adalah tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu, Dewi yang diyakini oleh warga sekitar sebagai Dewi pemberi kesuburan.

  • Tanah Lot
contoh laporan perjalanan study tour singkat
guesthouseinbali.com

Ini adalah objek terakhir yang kami kunjungi di hari pertama kegiatan. Tanah Lot adalah objek wisata di Pulau Bali dengan panorama yang sangat indah. Di Tanah Lot ada dua Pura yang tempatnya di atas batu besar. Satu Pura terletak di atas bongkahan batu besar, dan yang satunya lagi berada di atas tebing. Pura ini adalah tempat masyarakat sekitar memuja dewa-dewa laut.

  • Pantai Tanjung Benoa
contoh laporan perjalanan study tour singkat ke bali
aquilatravel.co.id

Hari ini adalah hari terakhir, jadi kami dijadwalkan untuk jalan-jalan lebih banyak. Spot pertama yang kami kunjungi adalah Pantai Tanjung Benoa di mana kita bisa menikmati pemandangan indah laut lepas dan juga permainan-permainan laut yang menyenangkan seperti parasailing, banana boat, fly fish, jet ski, dll.

  • Hawaii
contoh laporan perjalanan singkat wisata ke bali
hawaiibali.com

Usai makan siang, kami berbelanja oleh-oleh di Hawaii; pusat oleh-oleh Bali. Di sana ada kopi kintamani, kacang disco, pia legong, kerajinan manik-manik, jogger, baju dengan motif barong, batik bali, kacang rahayu, mukena khas bali, kacang kapri tari bali, dll.

Kesimpulan Perjalanan Wisata Study Tour

Berdasarkan pengalaman yang didapat saat melakukan perjalanan wisata ke bali, dapat disimpulkan bahwa Indonesia sangat kaya sekali akan tempat wisata yang tidak hanya indah tetapi juga punya sejarah yang harus dipelajari agar kita semakin mencintai Indonesia.

Demikian laporan perjalanan singkat wisata study tour ke Bali ini kami buat sebagai pertanggung jawaban dan pemenuhan tugas dari sekolah.

 

Apa Komentarmu?