Contoh Daftar Pustaka dari Internet yang BENAR & Sesuai Ketentuan

Contoh Daftar Pustaka dari Internet – Membuat daftar pustaka dari internet seringkali membingungkan. Karena, yang saya tahu, ada banyak versi untuk menuliskan daftar pustaka tersebut. Kalau kamu coba bandingkan dari dua atau tiga buku berbeda yang menuliskan daftar pustaka dari internet, akan terlihat perbedaannya. Lalu kamu bingung yang mana yang benar.

Daftar pustaka sendiri termasuk bagian penting yang harus ada dalam sebuah karya tulis. Apalagi jika karya tulis yang kamu buat memang mengambil referensi dari tulisan lain, termasuk dari internet.

Ada seorang dosen yang mengeluh karena mahasiswanya selalu salah ketika menuliskan daftar pustaka dari internet, mereka asal masukkan URL saja. Selesai. Padahal untuk penulisan daftar pustaka dari internet ada aturan-aturannya juga, sama seperti menuliskan daftar pustaka dari majalah, buku, atau makalah lain.

Bagaimana panduan menulis daftar pustaka dari internet dengan baik dan benar? Secara sederhana urut-urutannya seperti di bawah ini:

  1. Nama pengarang. Penulisan nama pengarang sama seperti aturan penulisan nama pada daftar pustaka biasa, yaitu nama depan ditulis di belakang.
  2. Judul. Judul tulisan diberi tanda kutip.
  3. Tanggal Akses
  4. Alamat situs atau blog. Alamatnya harus berupa URL (Uniform Resource Locator) alias: Rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. Seperti ini: http://id.wikipedia.org/wiki/URL

Saya yakin, kamu masuk ke website ini karena ingin tahu tentang contoh daftar pustaka dari internet, bukan untuk mengetahui daftar pustaka secara keseluruhan. Oleh karena ini saya akan coba memberikan informasi utama dahulu (isi: tentang contoh daftar pustaka dari internet) lalu membahas kulit (tambahan mengenai daftar pustaka).

Yuk disimak!


Macam-macam Gaya Penulisan Daftar Pustaka dari Internet dan Contohnya


cara dan contoh menulis daftar pustaka dari internet
abeautifulmess.com

Seperti yang sudah ditulis di atas, daftar pustaka dari internet seringkali ditulis dengan format berbeda-beda, sehingga membuat bingung. Itu tidak salah. Memang ada banyak gaya penulisan daftar pustaka yang valid dan ‘tidak sesat’ yang bisa kamu gunakan untuk karya tulismu.

1. Gaya Penulisan Daftar Pustaka dari Internet APA (American Psychological Association)

contoh daftar pustaka dari internet dari apa

Pertama adalah daftar pustaka yang ditulis berdasarkan standar American Psychological Association. Ketentuan penulisan daftar pustakanya seperti ini:

1.1 Jika tercantum nama penulis

Format:

Nama Belakang Penulis, Nama Depannya. (Waktu dibuatnya artikel memuat tanggal, bulan, dan tahun). Judul Artikel. Diperoleh dari URL Lengkap.

Contoh:

Baja Hitam, Satria. (13 Oktober 2016). Contoh Laporan Singkat Kegiatan Paling Lengkap. Diperoleh dari http://satriabajahitam.com/contoh-laporan-singkat-kegiatan/

1.2 Jika tidak tercantum nama penulis

Format:

Judul Artikel. (Waktu dibuatnya artikel memuat tanggal, bulan, dan tahun). Diperoleh dari URL

Contoh:

Contoh Laporan Singkat Kegiatan Paling Lengkap. (13 Oktober 2016). Diperoleh dari http://satriabajahitam.com/contoh-laporan-singkat-kegiatan/


2. Gaya Penulisan Daftar Pustaka dari MLA (Modern Language Association)

contoh daftar pustaka dari internet menurut mla

Kedua adalah gaya penulisan daftar pustaka yang dibakukan oleh Modern Language Association. Ketentuan penulisannya seperti ini:

2.1 Bila Diketahui Nama Penulisnya

Format:

Judul Artikel. Nama Belakang Penulis, Nama Depannya. Waktu Artikel Dibuat. Diakses Waktu Akses. <URL Lengkap>

Contoh:

Contoh Laporan Hasil Diskusi Lengkap. Baja Hitam, Satria. 17 Oktober 2016. Diakses 2 Desember 2016, 10:00 WIB. < http://satriabajahitam.com/contoh-laporan-hasil-diskusi/>

2.2 Bila Tidak Diketahui Nama Penulisnya

Format:

Judul Artikel. Waktu Artikel Dibuat. Diakses Waktu Akses. <URL Lengkap>

Contoh:

Contoh Laporan Hasil Diskusi Lengkap. 17 Oktober 2016. Diakses 2 Desember 2016, 10:00 WIB. < http://satriabajahitam.com/contoh-laporan-hasil-diskusi/>


3. Gaya Penulisan Daftar Pustaka dari Chicago

contoh daftar pustaka dari internet menurut chicago

Ketiga adalah daftar pustaka dari internet yang di bakukan gaya penulisannya oleh Chicago. Ketentuannya seperti ini:

3.1 Bila Diketahui Nama Penulisnya

Format:

Nama Belakang Penulis, Nama Depannya. “Judul Artikel”. Nama Website. URL Lengkap (Waktu Akses)

Contoh:

Baja Hitam, Satria. “Contoh Teks Laporan Observasi Singkat Terlengkap (Sekolah, Lingkugan, Hewan, Tumbuhan)”. Satriabajahitam.com. http://satriabajahitam.com/contoh-teks-laporan-hasil-observasi-singkat/ (diakses pada 2 Desember 2016, 10:12 WIB)

3.2 Bila Tidak Diketahui Nama Penulisnya

Format:

Nama Perusahaan. “Judul Artikel”. Nama Website. URL Lengkap (Waktu Akses)

Contoh:

Satriabajahitam Network. “Contoh Teks Laporan Observasi Singkat Terlengkap (Sekolah, Lingkugan, Hewan, Tumbuhan)”. Satriabajahitam.com. http://satriabajahitam.com/contoh-teks-laporan-hasil-observasi-singkat/ (diakses pada 2 Desember 2016, 10:12)

3.3 Bila Terdapat Lebih dari Satu Penulis

Format:

Nama Belakang Penulis Pertama, Nama Depannya, Nama Depan dan Belakang Penulis Kedua. “Judul Artikel”. Nama Website. URL Lengkap (Waktu Akses)

Contoh:

Baja Hitam, Satria, Muhamad Mulkan Fauzi. “Contoh Teks Laporan Observasi Singkat Terlengkap (Sekolah, Lingkugan, Hewan, Tumbuhan)”. Satriabajahitam.com. http://satriabajahitam.com/contoh-teks-laporan-hasil-observasi-singkat/ (diakses pada 2 Desember 2016, 10:12)


4. Gaya Penulisan Daftar Pustaka dari MHRA (Modern Humanities Research Association)

contoh dafat pustaka dari internet menurut mhra

Selanjutnya, penulisan daftar pustaka yang digagas dan dibakukan oleh Modern Humanities Research Association. Ketentuannya begini,

Format:

Nama Website, “Judul Artikel”, Deskripsi Website, Tanggal Artikel Dibuat, <URL Lengkap> [waktu akses]

Contoh:

Satriabajahitam, “Mengenal Bahasa Isyarat Indonesia”, Anu … Cuma Pengin Bantu Kamu, 30 September 2016, <http://satriabajahitam.com/bahasa-isyarat-indonesia/> [diakses 2 Desember 2016, 10:30 WIB]


5. Gaya Penulisan Daftar Pustaka dari CBE / CSE (Council of Science Editors)

contoh daftar pustaka dari internet menurut cbe / cse

Yang kelima adalah gaya penulisan daftar pustaka yang dibakukan oleh Council of Science Editors. Ketentuannya seperti ini,

Format:

Nama Website. Judul Artikel [Internet]. Deskripsi Website, Tanggal Dibuatnya Artikel [Waktu Akses]. Tersedia dari: URL Lengkap

Contoh:

Satriabajahitam. Contoh Laporan Kegiatan Seminar yang Baik Benar Jelas dan Detail [Internet]. Anu … Cuma Pengin Bantu Kamu, 28 November 2016 [2 Desember 2016, 10:50 WIB]. Tersedia dari: http://satriabajahitam.com/contoh-laporan-kegiatan-seminar/


6. Gaya Penulisan Daftar Pustaka dari Internet [Lain-lain]

contoh daftar pustaka dari internet lainlain

Selain gaya penulisan daftar pustaka dari internet yang telah dibakukan oleh organisasi / tempat tertentu, ada juga beberapa gaya penulisan daftar pustaka yang sering digunakan untuk karya ilmiah yang sah. Berikut beberapanya:

Baja Hitam, Satria., 19 November 2016, Contoh Berita Acara Terlengkap (Rapat, Kegiatan, Kerusakan / Kehilangan Barang), [online], (http://satriabajahitam.com/contoh-berita-acara-yang-baik-dan-benar/), diakses tanggal 2 Desember 2016

Satriabajahitam, 19 November 2016, Contoh Berita Acara Terlengkap (Rapat, Kegiatan, Kerusakan / Kehilangan Barang), [pdf], (http://satriabajahitam.com/contoh-berita-acara-yang-baik-dan-benar/, diakses tanggal 2 Desember 2016)

6.1 Daftar Pustaka yang Diunduh dari FTP

Baja Hitam, Satria, “Cara Budidaya Ternak Kroto Rumahan yang Baik dan Menguntungkan” FTP satriabajahitam.com/pug9e8830/carabudidaya (diakses tanggal 2 Desember 2016)

6.2 Daftar Pustaka yang Diambil dari Email

Satriabajahitam. “Cara Budidaya Ternak Kroto Rumahan yang Baik dan Menguntungkan” [email protected] (diakses tanggal 2 Desember 2016)


Catatan

Bila waktu penerbitan referensi dari internet yang dipilih tidak mencantumkan waktu terbit / tidak diketahui, boleh diganti dengan “______” seminimal-minimalnya yang harus ada dalam daftar pustaka yang diambil dari internet adalah judul artikel, URL artikel, dan waktu pengaksesan.

Bila diperlukan, bisa menghubungi pemilik situs untuk informasi lebih lanjut.


Contoh Daftar Pustaka dari Sumber Lain


contoh penulisan daftar pustaka yang benar
paulagiraldo.com

Akan saya tulis di artikel selanjutnya

***

Terimakasih sudah membaca artikel tentang bagaimana cara penulisan dan contoh daftar pustaka dari internet. Semoga bermanfaat. 🙂

Apa Komentarmu?