cara mengembalikan file di android

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Tanpa Root (Foto, SMS, Musik, dll)

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android ā€“ Semua orang pernah melakukannya. Serius. Entah itu karena kesengajaan atau tidak sengaja, semua orang pernah menghapus filenya (foto, video, dokumen, dll) dari perangkat Android mereka.

Secara default, hampir semua smartphone Android menggunakan dua media penyimpanan; yaitu memori internal dan SD Card. Namun beberapa juga menyebutkan bahwa kartu SIM termasuk juga media penyimpanan. Tergantung.

Intinya, kamu pasti menyimpan beberapa data penting di sana. Entah itu file foto, video, aplikasi, dokumen, dan file-file lainnya. Tapi, bagaimana bila pada suatu waktu kamu tidak sengaja menghapus file tersebut? Apakah file yang terhapus tersebut bisa dikembalikan lagi?

Artikel ini dibuat untuk menjawab itu; bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di hp Android.


Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Tanpa Root


Ada dua jalan yang bisa ditempuh untuk mengembalikan file android yang terhapus. Kamu bisa menggunakan laptop / PC sebagai alat bantu, atau langsung menggunakan HP Android itu sendiri. Saya akan jelaskan dua cara tersebut. Do With Your Own Risk!

Mengembalikan Foto, Video, Audio, Kontak, Pesan, dll. dengan Bantuan Laptop / PC

1. MobiKin Doctor for Android

mengembalikan data yang terhapus dan hilang dengan mobikin
sysberto.com

Jika kamu sedang mencari cara paling cepat dan efektif, bisa dicoba aplikasi MobiKin Doctor for Android. Hanya dengan klik, klik, klik, file foto, video, kontak, dll. yang terhapus di HP Androidmu kemungkinan besar akan bisa kembali.

MobiKin Doctor for Android sangat mudah sekali digunakan; interfacenya user friendly, selain juga ktia bisa mereview dulu file yang akan kamu kembalikan.

Kabarnya juga sudah bisa digunakan untuk lebih dari 2000 smartphone Android dari berbagai merk; Samsung, Asus, LG, Oppo, LG, Motorola, dll.

Download MobiKin Doctor for Android di situs resminya, lalu install. Setelah terinstall, jangan lupa untuk menghubungkan perangkat Android kamu ke Laptop / PC yang sudah terinstall MobiKin Doctor for Android. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Setelah kamu memastikan MobiKin terinstall, buka aplikasinya. Lalu hubungkan smartphone Android ke Laptop / PC menggunakan USB. Akan muncul tampilan seperti di bawah ini,

cara mengembalikan file dengan mobikin doctor
androidpit.com

Bila interface MobiKin sudah menampilkan informasi tentang ponsel Android yang terhubung tadi; Model, Sys Version, Serial Number, Power, dll. itu berarti ponselnya sudah benar-benar terhubung.

Selanjutnya, di bagian bawah akan ada pilihan, file / data terhapus apa saja yang ingin kamu kembalikan. Kamu bisa memilah atau memilih semuanya. Lihat gambar di bawah,

mobikin doctor software recovery ponsel android
androidpit.com

Hanya dengan sekamur 15 ā€“ 20 detik, MobiKin akan menampilkan file yang terhapus dari Android kamu. Coba cek file tersebut, apa benar punya kamu? Kalau benar tinggal klik tombol recover dan MobiKin akan memproses recovery data yang terhapus dari Android.

cara balikin data android yang kehapus pake mobikin

mobikin software recovery ampuh balikin file android
androidpit.com

Sebagai tambahan, MobiKin adalah tool profesional untuk backup yang juga bisa men-scan perangkat Android kamu dan menampilkan kedua data yang masih ada di perangkat dan yang sudah terhapus dalam satu tampilan.

2. Piriform Recuva: Software Recovery Data

cara menggunakan recuva recovery
datarecovery-freesoftware.com

Aplikasi selanjutnya yang bisa menjadi alternative untuk mengembalikan file yang terhapus di Android adalah aplikasi buatan Piriform yang bernama Recuva.

Aplikasi ini sudah banyak direkomendasikan di forum-forum dan sosial media. Artinya, banyak yang sudah mencoba aplikasi ini dan berhasil. Nah, mudah-mudahan kamu juga berhasil.

Berikut adalah langkah-langkah mengembalikan foto, video, dokumen, kontak, dan file-file penting lainnya yang terhapus dari Android kamu. Do With Your Own Risk!

Pertama, download dulu software Piriform Recuva dari situs resminya di sini.

Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut:

  • Hubungkan perangkat Android kamu ke Laptop / PC
  • Buka software Recuva dan akan muncul Recuva Wizard untuk membantu kamu step by step, klik next
  • Pilih jenis data / file yang ingin dikembalikan (foto, audio, dokumen, video, dll). Jika kamu ingin melakukan scanning semua file yang mungkin bisa dikembalikan, maka pilih All Files saja seperti pada gambar di bawah ini

Recover file android yang terhapus dengan recuva

  • Kemudian, Recuva akan bertanya letak file yang ingin dikembalikan di mana. Bila perangkat Androidmu sudah terhubung, seharusnya sudah bisa dipilih di bagian In specific location. Atau kamu juga bisa pilih Iā€™m not sure seperti gambar di bawah ini

recuva software recovery data android

  • Selanjutnya kamu bisa mencentang Enable Deep Scan agar Recuva melakukan scanning secara menyeluruh di perangkat Android kamu. Ini opsional saja. Lalu klik start untuk memulai scanning.

scanning data yang hilang di android

Recuva wizard akan muncul secara otomatis ketika software dibuka. Tetapi kamu bisa menonaktifkannya. Dan bila kamu ingin menu yang lebih banyak, pada awal pertama membuka software Recuva, silakan klik cancel. Lalu akan muncul tampilan scanner seperti di bawah ini,

balikin data hilang di android

Pilih file mana saja yang ingin kamu kembalikan, lalu klik tombol recover di sisi kanan bawah. Kemudian tentukan di mana file tersebut akan disimpan; bisa disimpan dulu di PC atau langsung kamu tujukan ke perangkat Android kamu.

3. Dr. Fone: Tools untuk Mengembalikan Data Android

mengembalikan file yang terhapus di android dengan dr. fone
androidpit.com

Software selanjutnya adalah Dr. Fone. Software yang cukup populer dalam fungsinya merecovery file yang terhapus di ponsel. Sama halnya dengan Recuva, software ini bisa mengembalikan file-file seperti foto, video, musik, dokumen, kontak, bahkan pesan yang terhapus dengan cepat.

Fitur-fitur yang ditawarkan software ini juga cukup mengejutkan. Dr. Fone menawarkan recovery file bahkan untuk perangkat Android yang kena black screen dan layar sentuh yang sudah tidak berfungsi.

Begini langkah-langkah singkatnya:

  • Download dahulu Dr. Fone di sini, setelah itu install
  • Hubungkan perangkat Android kamu ke laptop / PC, lalu buka software Dr. Fone yang sudah kamu install tadi
  • Pilih menu di samping kiri. Apabila keadaan perangkat Androidmu baik-baik saja; dalam artian tidak rusak, maka pilih Android Data Recovery. Tetapi bila perangkat Androidmu sedang dalam keadaan rusak, pilih menu Android Broken Data Recovery. Lihat gambar di bawah ini,
tools untuk mengembalikan data android yang terhapus
androidpit.com
  • Pilih data apa saja yang ingin kamu kembalikan, lalu klik tombol start untuk memulai scanning.
  • Jangan panik kalau perangkat Android kamu restart sendiri, itu memang prosesnya
  • Setelah perangkat Android hidup kembali, proses scanning akan dilanjutkan. Lamanya tergantung jumlah file yang tersembunyi di memori perangkatmu
  • Setelah scanning selesai, Dr. Fone akan menampilkan file-file apa saja yang bisa dikembalikan (recovery)
  • Pilih file yang ingin dikembalikan lalu klik tombol restore

Catatan: Dr. Fone bekerja untuk perangkat yang sudah diroot. Ketika bekerja, Dr. Fone akan me-root dulu perangkat Android kamu sementara. Setelah proses selesai, perangkat Android kamu akan seperti biasa lagi (unrooted).


Itulah cara mengembalikan file yang terhapus di Android (foto, video, musik / audio, pesan, kontak, dokumen, dll.) dengan bantuan laptop / PC. Untuk cara-cara mengembalikan file yang terhapus langsung dari perangkat Android akan saya posting di artikel berikutnya atau saya update di sini lain waktu.

Apa Komentarmu?