cara menambah ram android

Cara Menambah RAM Android Tanpa Root dengan Mudah dan Cepat

CARA MENAMBAH RAM ANDROID – Salam Blogger. Apakah kamu sedang mencari solusi untuk smartphone yang lemot? Solusi smartphone nge-lag? dan segala macam masalah nge-hang lainnya? Berarti kamu sedang mencari cara untuk menambah RAM android. Di sini akan coba saya jelaskan beberapa cara menambah RAM Android tanpa root, tanpa aplikasi, dan dengan cara aplikasi.

Trik ini sangat berguna sekali buat kamu yang menginginkan kinerja smartphone lebih cepat; apalagi jika kamu adalah seorang user yang doyan sekali main game android online maupun offline.

Artikel ini akan saya bagi menjadi 2 bagian; pertama, karena kamu ke sini untuk mencari tutorial menambah RAM Android, maka akan saya berikan dulu tutorial itu. Sedangkan bagian kedua adalah pengetahuan umum mengenai RAM itu sendiri. Kenapa? Karena saya merasa perlu untuk memberikan penjelasan apa itu RAM sebenarnya.

Baik, inilah tutorial menambah kapasitas RAM untuk smartphone Android kamu.


Menambah RAM Android Tanpa Root dengan Mengurangi Widget dan Live Wallpaper


cara menambah ram smartphone android tanpa aplikasi
Mengurangi widget (digitaltrends.com)

Widget dan Live Wallpaper, keduanya sangat memberatkan kinerja smartphone Android. Jadi, bila hari ini kamu masih menggunakan terlalu banyak Widget dan Live Wallpaper, coba untuk mulai tidak memakainya. Gunakan saja wallpaper yang simple dan widget yang penting saja. Toh, smartphone Androidmu bukan untuk dijadikan pajangan, bukan?

Cara menghilangkan widget di tiap-tiap smartphone Android berbeda-beda, tetapi biasanya tinggal tap dan tahan layar utama, lalu nanti akan muncul menu widget. Atau tap dan tahan widget yang ada di home screen, biasanya akan muncul ikon tempat sampah; drag widgetnya ke sana untuk menghapus.


Cara Menambah RAM Android dengan Men-disable Aplikasi


menambah ram android dengan mendisable aplikasi android
Disable aplikasi (youtube.com)

Beberapa aplikasi terus aktif dan menguras RAM walaupun tidak sedang digunakan. Jadi, RAM Androidmu berkurang karena aplikasi-aplikasi itu.

Untuk men-disable aplikasi satu per satu memang membutuhkan waktu, tetapi hal tersebut patut untuk dilakukan bila kamu ingin menambah kapasitas RAM Android.

Begini cara men-disable aplikasi di Android: Masuk ke  Setting / Pengaturan >>> App / Application Manager / Manager Aplikasi . Selanjutnya, masuk ke ‘All’ tab, atau ‘Semua’ untuk menampilkan daftar aplikasi yang terinstall di smartphone kamu.

Pilih aplikasi-aplikasi yang ingin kamu disable dengan cara tap aplikasi tersebut lalu pilih disable. Hati-hati, jangan sampai men-disable aplikasi bawaan sistem. Disable saja aplikasi yang kamu install sendiri dari playstore.


Cara Menambah RAM Android Tanpa Aplikasi dengan Menonaktifkan Animasi Transisi


Nonaktifkan animasi transisi (whistleout.com)

Memang bagi sebagian orang, animasi transisi ketika membuka atau menutup sebuah menu / aplikasi terkesan membuat Android memproses data aplikasi lebih cepat. Padahal tidak.

Kesan ‘cepat’ yang kamu rasakan, sebetulnya karena smooth yang dihasilkan dari transisi tersebut mempengaruhi persepsi kita akan cepat itu sendiri. Padahal proses yang seharusnya bisa kilat, seperti memejamkan mata, lebih cepat adanya; animasi transisi justru membebani RAM.

Untuk menonaktifkan animasi transisi, kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu mode develover. Begini caranya; buka  Setting / Pengaturan >>> About / Tentang . Kemudian scroll ke bagian paling bawah, biasanya di sana ada menu Build Number / Kernel Version, tap menu tersebut sebanyak 7 kali untuk mengaktifkan mode develover.

Setelah mode develover aktif, masuk ke Develover Options untuk mendisable animasi transisi.

  • Window animation scale
  • Transition animation scale
  • Animator duration scale

Cara Menambah RAM Android dengan Aplikasi


Menambah RAM Android dengan Aplikasi (androidgila.com)

Menambah RAM Android dengan aplikasi adalah cara terakhir. Sebetulnya, saya kurang merekomendasikan. Kenapa? Karena memakai aplikasi untuk menambah RAM itu kayak bohong. Iya, kan pake aplikasinya juga membebani RAM.

Tetapi cara ini bisa dicoba sebagai usaha kamu untuk menambah RAM Android. Inilah beberapa aplikasi Android di Play Store yang menawarkan ‘jasa’ menambah RAM Android.

1. RAM Control Extreme Pro

Aplikasi pertama yang bisa kamu pakai untuk menambah kapasitas RAM adalah RAM Control Extreme Pro. Begini petunjuk singkatnya:

  • Download aplikasi RAM Control Extreme Pro di Playstore
  • Jalankan Aplikasi tersebut dan tap fitur Ram Booster >>> Boost RAM
  • Tap menu Start. RAM Control Extreme Pro akan melakukan pembersihan RAM
  • Masuk ke tab Task Killer >>> Kill

Kamu juga bisa mengontrol Auto RAM Boost Frequency, untuk mengatur berapa waktu sekali aplikasi RAM Control Extreme Pro melakukan pembersihan RAM secara otomatis. Selain itu kamu juga bisa menentukan kekuatan dari pembersihan RAM tersebut; apakah Normal, Strong, eXtreme, atau Super eXtreme.

Lihat video di atas untuk lebih jelasnya.

2. Swapper & Tools / Swapper Configuration

Aplikasi kedua yang bisa kamu gunakan untuk menambah kapasitas RAM Android adalah Swapper & Tools. Begini petunjuk penggunaannya:

  • Download aplikasi Swapper & Tools / Swapper Configuration di Playstore
  • Buka aplikasi Swapper & Tools, lalu akan muncul pengaturan (Swap Configuration)
  • Centang Active Swap on Boot >>> Choose Swap Directory
  • Buat direktori khusus untuk swap di SD Card
  • Tentukan alokasi ukuran Swap File di SD Card

Lihat video di atas untuk lebih jelasnya.

3. Smart Booster

Selanjutnya adalah aplikasi Smart Booster. Aplikasi ini cukup populer diunduh user yang ingin menambah RAM Android. Coba saja tulis di pencarian Playstore ‘RAM Booster’, yang paling pertama muncul adalah aplikasi ini.

  • Download Smart Booster di Playstore
  • Buka aplikasi dan tap Start Now

Sebetulnya, aplikasi ini tidak mengambil memori SD Card untuk dijadikan swap atau cache direktori, tetapi aplikasi ini mengatur penggunaan aplikasi supaya lebih optimal agar kinerja RAM lebih lancar.

Lihat video di atas untuk lebih jelasnya.

4. < 2 GB RAM Booster

Nama aplikasinya memang sedikit mengejek, khususnya untuk user yang RAM Androidnya tidak lebih dari 2 GB. Namun, ternyata aplikasi ini menjadi pilihan yang bisa dipakai untuk menambah RAM Android kamu.

  • Download aplikasi < 2 GB RAM Booster di Playstore
  • Buka aplikasi dan tap Boost
  • Selesai

Lihat video di atas untuk lebih jelasnya.


Itulah beberapa cara menambah RAM Android tanpa root yang bisa kamu lakukan bila merasa smartphone kamu lelet. Semoga menjawab pertanyaan-pertanyaan dan rasa penasaran, ‘bagaimana cara menambah RAM Android?’

Do With Your Own Risk.

Apa Komentarmu?