Cara Membuat Suara Merdu: Rahasia Suara Bagus Qori dan Penyanyi!

Cara Membuat Suara Merdu – Bagaimana sih cara membuat suara merdu? Apakah ada cara alami yang minim resiko? Apakah suara fals bisa jadi bagus hanya dengan latihan? Temukan semua jawabannya di sini. Silakan gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang membuat kalian tertarik. Tks.


Manusia diciptakan dalam bentuk yang paling sempurna bila dibandingkan dengan makhluk-makhluk lain. Namun demikian, dalam kesempurnaan tersebut, satu manusia dengan manusia lain memiliki perbedaan yang mencolok.

Salah satu perbedaan tersebut terletak di pita suara. Ya, setiap orang memiliki suara yang berbeda-beda. Ada yang agem ada yang cempreng, ada yang serak-serak basah, ada yang nyaring. Semua berbeda.

Dan tahukah kalian, kalau setiap jenis suara tersebut punya versi merdunya masing-masing? Nah, jika kalian punya cita-cita sebagai penyanyi, dan hendak ikut ajang pencarian bakat seperti D’Academy, Indonesian Idol, The Voice, dll. atau sebagai qori, ikuti tips-tips dari satriabajahitam.com untuk membuat suara kalian lebih bagus dan khas.

Cara Membuat Suara Merdu dan Napas Panjang

Disclaimer dulu, ya, tips yang kami tuliskan di sini adalah sebagai upaya untuk membantu suara kalian menjadi merdu, bukan sebuah garansi pasti–jika kalian mengikuti tips di bawah ini- suara kalian otomatis menjadi bagus.

Sedikitnya, ada 5 tips yang bisa kalian coba praktikkan setiap harinya untuk membuat suara merdu. Semakin sering kalian berlatih, maka semakin besar pula kemungkinan kalian memiliki suara yang indah.

1. Melatih Artikulasi

Seorang penyanyi yang baik, pasti mempunyai artikulasi yang jelas ketika menyampaikan lirik. Hal ini tentu menjadi skil wajib yang harus dimiliki. Pasalnya, nyanyian adalah sebuah seni menyampaikan pesan lewat iringan lagu; maka kejelasan pengucapan akan mempengaruhi pesan yang ingin disampaikan.

Mulai hari ini, cobalah menyanyikan lagu-lagu yang memiliki lirik dengan kata-kata yang sedikit susah diucapkan. Tujuannya untuk membiasakan dan melenturkan lidah. Setelah lidah lincah-lentur, biasanya suara kalian akan menjadi sedikit bagus.

2. Melatih Teknik Pernapasan

Tips berikutnya yang bisa membantu suara kalian bagus dan napas panjang, adalah dengan melatih teknik pernapasan. Penyanyi yang baik tentu punya nafas yang panjang, sebagai bahan bakar suara. Kebanyakan penyanyi akan kehabisan suara ketika membawakan lagu bernada tinggi, maka dari itu ikuti tips di bawah untuk melatih pernapasan kalian.

  • Tegakkan punggung kalian setegak-tegaknya
  • Tarik napas dalam-dalam dari hidung dan rasakan nafas itu sampai ke perut. Hitung sampai minimal 10 detik
  • Tahan napas di perut selama 10 detik berikutnya.
  • Keluarkan napas dari mulut secara perlahan
  • Lakukan secara berulang minimal 10 menit per hari

Untuk membantu latihan pernapasan, kalian bisa menggunakan aplikasi Breathly yang bisa didownload gratis di Play Store. Terus, untuk tahu lebih lanjut tentang seni bernapas, bisa baca bukunya James Nestor yang berjudul Breath. Rangkumannya bisa lihat di video ini:

3. Bersihkan Lendir Tenggorokan Setiap Pagi

Tahukah kalian kalau setiap pagi tenggorokan menahan tumpukan lendir? Kalau belum, bersyukurlah kalian membaca tulisan ini.

Tips ketiga yang bisa membantu suara kalian merdu adalah dengan rajin membersihkan lendir di tenggorokan setiap pagi, sebelum menggosok gigi. Cara manual yang bisa kalian lakukan adalah dengan memasukkan dua jari tangan ke tenggorokan, maka mulut akan mengeluarkan lendir-lendir tersebut.

Berikutnya kalian bisa teteskan air melalui hidung, karena ternyata cara ini cukup efektif untuk membersihkan tenggorokan. Selain itu, kalian juga bisa mencoba terapi gurah mandiri. Selengkapnya bisa baca di sini: cara gurah mandiri.

4. Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Tips berikutnya adalah dengan meminum air hangat sebelum tidur. Selain bisa meminimalisir lendir yang tertumpuk di pagi harinya, minum air hangat ternyata bisa membuat otot tenggorokan rileks. Hampir mirip seperti otot kaku yang mesti diolesi salep panas agar normal kembali.

Minumlah air hangat dengan posisi duduk tegak sambil kepala sedikit menegadah ke atas. Rasakan air hangat tersebut melewati tenggorokan. Ulangi sampai habis satu gelas tinggi.

5. Jaga Kesehatan Lambung

Banyak orang yang belum mengetahui kalau lambung, sedikit banyak mempengaruhi kualitas suara. Asam lambung yang sedang naik–apalagi sampai ke paru-paru dan tenggorokan- bisa membuat pita suara terganggu.

Untuk menghindari asam lambung naik, kalian bisa mulai dengan berhenti makan makanan pedas, terlalu masam, dan terlalu berminyak.

Tips Latihan Vokal

Kelima tips di atas akan menjadi sia-sia kalau kalian tidak melakukan latihan vokal secara rutin. Tidak harus kursus menyanyi, kalian bisa ikuti tips di bawah agar bisa latihan vokal secara mandiri:

  1. Melakukan pemanasan dengan melafalkan tangga nada do re mi fa sol la si do secara berulang-ulang.
  2. Latihan menyanyi dengan lagu-lagu bernada tinggi dan rendah secara bergantian. Hal ini untuk membiasakan pita suara kalian dengan nada-nada tersebut.
  3. Hindari lagu-lagu yang membuat kalian berteriak karena akan membuat kalian serak.
  4. Jangan memaksakan pita suara untuk masuk ke oktaf yang tinggi secara langsung. Pelan-pelan saja. Bertahap. Pada akhirnya nanti kalian akan tahu berapa oktaf maksimal yang bisa kalian capai dengan suara yang stabil.
  5. Menikmati latihan karena kami kira, latihan-latihan seperti di atas akan sangat membosankan jika tidak punya tujuan yang jelas.

Ramuan Tradisional agar Suara Bagus

Berikut ini beberapa ramuan atau herbal yang bisa membantu upaya kalian untuk membuat suara bagus:

1. Jahe

Kalian bisa mengkonsumsi jahe untuk merawat pita suara, dengan membuat ramuan tradisional berbahan jahe. Begini …

  • Parut jahe berukuran sedang
  • 2 buah cabe merah
  • 2 sdm madu
  • Kelapa parut 1/4
  • Campurkan semua bahan lalu peras

2. Kencur

Di masyarakat kita, kencur menjadi bahan alami yang sering digunakan untuk mengobati penyakit tenggorokan seperti batuk, radang tenggorokan, panas dalam, dan gangguan pita suara.

Oleh karena itu, kencur dipercaya juga untuk membuat suara menjadi bagus dan merdu. Cara mengolahnya cukup mudah, kalian cukup merebus kencur lalu minum ketika air kencur tersebut sudah hangat (jangan terlalu panas).

3. Jeruk Nipis dan Madu

Ramuan ketiga adalah minuman berbahan dasar jeruk nipis dan madu. Kandungan antioksidan yang dimiliki keduanya bisa meningkatkan imunitas tubuh; sedangkan vitamin dan zat fitonutrien pada jeruk nipis, bisa membantu untuk menjaga kesehatan pita suara dan tenggorokan.


FAQ – Pertanyaan

Bagaimana cara membuat suara merdu?

Kalian bisa membuat suara merdu dengan cara rajin-rajin berlatih vokal dan membersihkan mulut.

Apakah suara indah bisa diusahakan?

Bisa. Setiap jenis suara punya versi merdunya masing-masing. Asal kalian rajin berlatih, kemungkinan untuk sampai pada versi terbaik dari pita suara yang kalian punya akan lebih besar.

Apakah gurah bisa membuat suara merdu?

Gurah merupakan salah satu metode untuk membersihkan tenggorokan dari lendir, maka tentu secara tidak langsung bisa membantu suara kalian menjadi merdu.

Apakah air es bisa membuat tenggorokan kering?

Secara logika tidak. Tidak ada air yang membuat sesuatu menjadi kering. Air es akan membuat tenggorokan tegang. Maka hindari minum air es sebagai upaya membuat suara kalian merdu.

Apa rahasia suara bagus dan nafas panjang Qori?

Rajin latihan teknik pernapasan ditambah dengan rutin melakukan gurah tenggorokan mandiri.


Akhir Kata

Demikian. Itulah beberapa tips yang bisa kalian coba sebagai cara untuk membuat suara merdu. Sekali lagi, cara di atas mengambil peran sebagai upaya, bukan garansi. Sehingga kami tidak bisa mengatakan bahwa, ketika kalian mengikuti tips di atas 100% maka suara kalian otomatis menjadi merdu.

Saran kami hanya rajinlah merawat kesehatan mulut dan berlatih vokal setiap hari. Meski pada akhirnya, mungkin, suara kalian tidak menjadi merdu, kalian harus ingat satu hal: untuk menjadi penyanyi tidak hanya perlu suara merdu, tapi juga butuh sensasi. Terima kasih.

Penulis lepas. Penyuka blog.

Apa Komentarmu?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.