Cara Membuat Proposal dan Contohnya: Kegiatan, Bisnis, Penelitian

Cara Membuat Proposal – Bagaimana cara membuat proposal acara yang baik dan benar? Bagaimana susunan atau alur pembuatan proposal? Apa saja yang wajib ada dalah sebuah proposal? Ada contoh proposal yang bisa dijadikan referensi? Temukan semua jawabannya di artikel ini. Silakan gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian cari. Tks.

***

Sebuah proposal, umumnya dibuat ketika kalian hendak mengadakan sebuah event/kegiatan/acara, yang kalian berharap ada tambahan dana dari pihak sponsor.

Entah itu acara sekolah, kampus, atau event-event umum yang pesertanya dari khalayak luas.

Oleh karena itu proposal harus dibuat dengan efektif dan efisien, agar pihak sponsor bisa tahu tujuan dan keuntungan yang bisa mereka dapatkan, ketika nantinya bersedia menjadi sponsor.

Tips: temukan perusahaan yang relevan dengan kegiatan yang hendak kalian adakan, supaya kesepakatan kerjasama sponsorship bisa lebih mudah dilakukan.

Pengertian Proposal

Apa itu proposal? Mernurut KBBI, proposal adalah konsep atau rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan terstruktur.

Oleh karena itu, proposal harus dibuat dengan cermat, sistematis, teliti, dan tentunya telah melewati proses perencanaan yang matang.

Cara Membuat Proposal yang Baik dan Benar

Karena topik utama artikel ini adalah tentang membuat proposal yang baik dan benar, maka akan kami dahulukan informasinya. Informasi-informasi pelengkap akan kami tambahkan di bagian akhir artikel.

satriabajahitam.com

Secara umum, proposal, baik itu proposal kegiatan maupun proposal penelitian, memiliki struktur yang sama. Jadi, kalian tidak perlu khawatir ada bagian yang kurang karena tujuan dari membuat proposal hanya satu: mendapatkan dukungan baik itu moril atau materil.

Struktur Proposal Secara Umum

  1. Judul Proposal

Tipsnya, buatlah judul proposal yang unik dan menarik. Kalau perlu clickbait sekalian. Karena judul proposal akan menjadi kesan pertama yang akan menentukan. Kalau judul proposalnya sudah membuat penasaran, otomatis calon sponsor kita akan tertarik untuk membacanya dengan saksama.

  1. Pendahuluan

Di bagian pendahuluan, tuliskan secara terperinci latar belakang, atau alasan yang mendasari kegiatan tersebut harus terlaksana. Tuliskan juga rumusan masalah dan tujuan akhir dari kegiatan tersebut. Hanya saja kalau di proposal, rumusan masalah tidak dicantumkan sebagai sub topik, tapi diselipkan di bagian latar belakang; sementara tujuan, dijadikan sub topik.

Contoh rumusan masalah yang bisa kalian jadikan referensi untuk disisipkan di latar belakang proposal, bisa dibaca di sini: contoh rumusan masalah.

  1. Isi Proposal

Di bagian isi, tuliskan secara jelas konsep acara. Mulai tema kegiatan, waktu dan tempat kegiatan, rundown, peralatan yang diperlukan, susunan kepanitiaan, dan tentunya rincian anggaran yang harus dikeluarkan agar kegiatan berjalan dengan lancar.

Jangan lupa tuliskan juga surat kerjasama sponsorship dan keuntungan yang akan calon sponsor dapatkan, ketika ikut menyumbang dalam kegiatan tersebut.

  1. Penutup

Terakhir adalah penutup. Seperti proposal atau bahkan karya ilmiah lainnya, proposal juga memiliki penutup. Isi dari penutup proposal biasanya terkait harapan adanya dukugan dari pihak-pihak yang diajukan.

  1. Lampiran

Jika acara yang kalian adakan merupakan acara rutin–acara agustusan misalnya- kalian bisa melampirkan dokumentasi kegiatan yang pernah terlaksana sebelumnya.

Struktur Proposal Bisnis

  1. Pendahuluan
  2. Deskripsi usaha atau bisnis
  3. Deskripsi produk
  4. Proses produksi
  5. Manajemen usaha
  6. Prospek laba/analisis SWOT
  7. Kebutuhan finansial
  8. Bentuk kerjasama
  9. Umur investasi
  10. Metoda perhitungan bagi hasil
  11. Penutup
  12. Lampiran

Struktur Proposal Penelitian

  1. Halaman pengesahan
  2. Kata pengantar
  3. Daftar isi
  4. Pendahuluan (latar belakang, rumusan masalah, manfaat)
  5. Kajian teori
  6. Kerangka berpikir
  7. Hipotesis
  8. Tujuan penelitian
  9. Tempat dan waktu penelitian
  10. Metoda penelitian
  11. Daftar pustaka

Tujuan Dibuatnya Proposal

Sekilas sudah kami singgung di atas, bahwa proposal secara umum bertujuan untuk mencari dukungan. Lebih spesifik ke dukungan pendanaan, agar kegiatan yang hendak kalian laksanakan bisa berjalan dengan lancar.

Adapun secara lebih terperinci, tujuan proposal adalah sebagai berikut:

  1. Untuk menjelaskan alur atau konsep acara kepada pihak terkait.
  2. Untuk dijadikan sebagai acuan, bagaimana sebuah acara harus terlaksana.
  3. Untuk meyakinkan calon sponsor atau donatur, kenapa acara tersebut bisa bermanfaat bagi kedua belah pihak.
  4. Untuk dijadikan bukti kalau acara tersebut direncanakan dengan serius dan matang.
  5. Untuk mencapai tujuan seperti yang sudah disepakati bersama.

Contoh Proposal

Berikut ini ada contoh proposal yang bisa kalian jadikan referensi. Silakan disesuaikan dengan kegiatan yang akan kalian laksanakan.

Proposal Kegiatan

PROPOSAL
KEGIATAN 17 AGUSTUSAN TERKECE, TERSUPER, TERKEREN DI INDONESIA

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Merdeka! Sebagai bangsa yang cinta dengan negerinya, adalah wajib untuk merayakan momen kemerdekaan dengan sukacita tiada tara. Kamipun, sebagai pemuda di Kampung A, dengan jiwa yang sangat berkobar, akan merayakannya dengan pesta rakyat berupa lomba-lomba yang sudah pasti membuat masyarakat di Kampung A, merasakan nikmatnya perjuangan dan memenangkan sesuatu.

Kemerdekaan Indonesia bukanlah hasil dari perngorbanan darah satu orang, keringat satu orang, dan cita-cita satu orang saja. Melainkan akumulasi dari seluruh pejuang yang dengan sadar dan rida, mewakafkan tenaga dan nyawanya demi kemerdekaan.

Pun kegiatan ini. Tidak akan terlaksana jika hanya satu pihak saja yang mendukung. Butuh support dari seluruh pihak yang merasa diri bangsa Indonesia yang bersyukur atas kemerdekaannya!

B. Tujuan Kegiatan

Tujuan kami melaksanakan kegiatan agustusan ini antara lain:

  • Menghibur masyarakat dengan kegiatan yang menarik, sehingga pada hari terselenggaranya acara, hanya ada satu perasaan: senang.
  • Mempererat tali silaturahmi dengan mengundang seluruh warga masyarakat di Kampung A, untuk berkumpul di satu tempat.
  • Membuat roda perekonomian di Kampung A berputar dengan mengadakan bazar.
  • Memfasilitasi orang-orang berbakat untuk unjuk kebolehan.
  • Promosi produk-produk bermanfaat.

ISI

A. Tema Kegiatan

Tema kegiatan memperingati HUT RI ini yaitu ‘Ekspresikan Kemerdekaanmu!’ yang akan memberikan kesempatan bagi seluruh warga untuk merasakan perjuangan meraih sesuatu, dan tentu merasa bahagia dari memenangkannya.

B. Sasaran Peserta

Sasaran peserta dari kegiatan ini adalah seluruh warga Kampung A, tidak terbatas itu anak-anak maupun orang tua.

C. Susunan Acara

[tuliskan susunan acara kalian di sini]

D. Susunan Panitia

[tuliskan kepanitiaan dan tugasnya di sini]

E. Anggaran Dana

  • Tersedia
    [tuliskan dana yang sudah tersedia dan untuk keperluan apa]
  • Perlu pendanaan tambahan
    [tuliskan dana dan keperluan yang diajukan ke pihak sponsor]

F. Kerjasama

Untuk memudahkan, kami membuat paket kerjasama yang bisa pihak sponsor pilih:

  • Paket A
    Nominal donasi […] akan mendapatkan keuntungan berupa […]
  • Paket B
    Nonimal donasi […] akan mendapatkan keuntungan berupa […]
  • dst.

PENUTUP

Demikian proposal kegiatan agustusan ini kami buat. Kami berharap partisipasi serta dukungan dari pihak sponsor, sebagai bentuk kecintaannya pada negara Indonesia. Semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik tanpa kekurangan sesuatu apapun.

Disahkan di
Kampung A, tanggal-bulan-tahun

Tanda tangan

Proposal Bisnis

ROK CELANA – TETAP LINCAH DAN SYAR’I

A. Latar Belakang

Kemajuan teknologi membuat akses informasi yang kita terima semakin deras. Orang-orang kampung, sekarang, bisa dengan mudah ke kota; dan orang-orang kota bisa kapan saja menikmati suasana desa.

Perubahan zaman menuntut semua orang agar bergerak dengan cepat dan tepat. Lapangan-lapangan pekerjaan dibuka dengan lebar. Tidak hanya bagi laki-laki, tapi juga perempuan.

Namun, tahukah Anda kalau sebagian perempuan merasa terbatas pergerakannya, karena memercayai bahwa perempuan tidak boleh pakai celana?

Mereka yakin kalau dengan memakai celana, auratnya akan kelihatan. Bentuk kakinya akan tercetak jelas. Dan berdosa. Akhirnya, sebagian kegiatan-kegiatan yang–sebenarnya dalam hati mereka- ingin dilakukan, tidak jadi dilakukan karena akan berbahaya jika dilakukan dengan memakai rok.

Misalnya, naik gunung, bersepeda, bela diri, basket, badminton, dan sederet aktivitas lapangan lainnya.

B. Deskripsi Usaha

Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang fashion perempuan, khususnya bawahan. Dalam hal ini produk kami adalah rok celana, yang merupakan gabungan dari rok dan celana yang dicombine menjadi satu produk unik.

[…]

C. Deskripsi Produk

Produk kami berupa bawahan perempuan yang menggabungkan celana dan rok dalam satu produk. Jadi, dengan produk tersebut, masalah perempuan yang ingin berolahraga dengan tetap menjaga auratnya bisa teratasi.

Produk kami terdiri dari beberapa varian atau model yaitu,

  • Model A
  • Model B
  • Model C
[…]

D. Proses Produksi

Kami membeli bahan mentah di pasar A, yang kemudian diserahkan ke penjahit yang sudah kami pekerjakan khusus untuk membuat produk rok celana.

Setelah proses menjahit selesai, barang setengah jadi masuk ke QC untuk melihat apakah ada cacat produksi atau tidak? Kalau sudah lolos QC, rok celana diserahkan ke bagian label untuk dipasangi merk/brand.

[…]

E. Manajemen Usaha

Kami memiliki beberapa karyawan di antaranya:

  • Akuntan
  • Advertiser
  • Admin sosmed
  • 3 CS

Semua karyawan yang tertulis di atas bekerja atas SOP yang telah dimutakhirkan, dan telah melalui evaluasi berkali-kali.

[…]

F. Prospek Laba

[tuliskan di sini harga produksi, harga retail, dan analisis SWOT]

G. Kebutuhan Finansial

[tuliskan di sini biaya produksi yang keluar untuk satu produk]

H. Bentuk Kerjasama

[tuliskan bentuk kerjasama yang akan kalian jalin dengan pihak investor]

I. Umur Investasi

[tuliskan berapa lama maksimal investasi, kapan bagi hasil, dll.]

J. Metoda Perhitungan Bagi Hasil

[tuliskan bagaimana kalian dan pihak investor membagi hasil]

PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat sebagai gambaran tentang usaha yang kami jalankan. Jika tertarik untuk menjadi investor di usaha kami, silakan hubungi nomor …

Contoh Proposal PDF

Kami tidak menyediakan PDF untuk setiap contoh proposal yang ada di halaman ini. Namun, kalian bisa menyimpan artikel ini dalam bentuk PDF dengan cara:

Klik simbol titik tiga di kanan atas > print/share > save as PDF

Selengkapnya baca di sini: cara simpan artikel di web jadi PDF.


Demikian. Barangkali itulah sekelumit tentang proposal, dimulai dari cara membuat proposal, struktur proposal, jenis-jenis proposal, dan tentu saja contoh proposal.

Silakan gunakan artikel di atas sebagai referensi untuk membuat proposal yang baik dan benar. Bila ada pertanyaan, monggo tuliskan saja di komentar. Tks.

Penulis lepas. Penyuka blog.

Apa Komentarmu?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.