7 Cara Membaca Pikiran Lewat Mata

Cara Membaca Pikiran Orang Lewat Mata – Mata adalah jendela hati, itulah ungkapan yang mungkin sering kita dengar.

Bagi saya, ilmu psikologi selalu menarik. Memang sebagian dari kita menganggap psikologi hanya sebagai ilmu menerka-nerka.

Padahal tidak melulu seperti itu. Sebab dalam beberapa konteks, teori-teori yang ada dalam dunia psikologi dibangun dengan pondasi ilmiah, atau dengan kata lain telah melewati beberapa tahap penelitian, sehingga menjadi teori –bahkan hukum- yang disepakati bersama.

Salah satu yang menarik adalah membaca pikiran dan kepribadian orang lain. Ini tentu penting untuk kita ketahui, meskipun tidak mutlak selalu benar. Tidak ada salahnya memprediksi.

Sedikit banyak, hal tersebut membantu kita dalam berkomunikasi dengan orang lain. Maksudnya, kita bisa menanggapi dengan tepat tindakan lawan komunikasi kita.

Nah, berikut satriabajahitam tuliskan beberapa cara membaca pikiran lewat gerakan mata seseorang …

… ketika melakukan percakapan.

Banyak studi yang mengatakan bahwa, 80% komunikasi yang manusia gunakan adalah non verbal. Ini fakta yang sudah cukup untuk mendorong kita mempelajari psikologi –membaca pikiran dan kepribadian orang lain.

Sebagai informasi tambahan kenapa komunikasi non verbal (selain lisan dan tulisan) menempati porsi penting adalah, karena komunikasi verbal (lisan dan tulisan) tidak efektif bila komunikatornya tidak menggunakan gestur tubuh yang baik dalam waktu bersamaan.

Seringkali orang yang melakukan seperti itu menimbulkan salah tafsir di sisi lawan bicaranya, dan itu salah satu penyebab konflik yang sering terjadi: miskomunikasi. Ilmu ini pulalah yang kemudian harus dipersiapkan ketika akan menjalin hubungan jangka panjang dengan orang lain. Dalam persiapan mencari jodoh, misalnya.

Melalui komunikasi non verbal, kita bisa mengambil sebuah kesimpulan sekejap mengenai berbagai macam perasaan orang lain ketika mereka berbicara; baik itu antusiasme, apatisme, senang, benci, berbohong, dll.

Banyak contoh komunikasi non verbal, di antaranya: bahasa isyarat, ekspresi wajah, gerakan mata, gestur tubuh, intonasi suara, simbol-simbol, dll.

Khusus di artikel ini, satriabajahitam akan membahas mengenai cara membaca pikiran orang lewat mata.

Tetapi sebelum itu kita akan bahas mengenai kepribadian wanita dengan melihat ukuran matanya.

Kepribadian Berdasarkan Ukuran Matanya


1. Ukuran Mata Kecil


gambar mata kecil
Small eyes via www.listal.com

Biasanya orang yang ceriwis dan ramah. Tetapi juga orang yang lemah dalam memutuskan suatu pertimbangan dalam pemecahan masalah-masalahnya. Mereka periang, tetapi sekali marah … sulit untuk memaafkan.


2. Ukuran Mata Sedang


Mata muslimah cantik
Mata sedang via http://www.incrediblesnaps.com/

Orang yang bertanggung jawab, sederhana, memiliki kemampuan mempertimbangkan yang baik dan … tidak memiliki banyak rahasia.


3. Ukuran Mata yang Lebar


Mata biru langka
Mata besar via pinterest.com

Seorang pemarah yang bertindak tanpa berpikir panjang, biasanya mereka mudah berputus asa, tetapi kuat dalam memegang rahasia.

Setia dan bersyahwat tinggi.

Membaca Gerakan Mata


1. Mata Berkedip-kedip Pelan


mata hijau manusia
sumber: http://www.borongaja.com/

Menurut beberapa kajian, ketika mata lawan bicara kita matanya berkedip pelan, bisa jadi dia sedang bicara apa adanya, jujur …

… seakan-akan dia mengatakan, “Aku ini polos, tidak mungkin berbohong.”


2. Menggosok Mata dengan Telunjuk


mata kelilipan
sumber: zonabikers.com

Jika lawan percakapan kita melakukan hal ini, ada dua kemungkinan; dia kelilipan atau … ilmu psikologi menyebutkan bahwa, dia sedang ingin memutuskan kontak mata dengan kita, megelabui.

Ini adalah teknik pengalihan yang biasa dan mudah ditebak. Dengan melakukan hal tesebut kemungkinan apa yang dia katakana selama bercakap-cakap adalah bohong.


3. Mata Berkedip-kedip Cepat


mata bayi merem
sumber: wonderopolis.org

Secara normal, kedipan mata manusia itu 8 – 15 kali dalam satu menit.

Jika lawan bicara kita melakukan kedipan tidak wajar, dalam hal ini adalah cepat; sekitar 10 atau lebih kedipan secara langsung, biasanya dia sedang gelisah, tertekan; mengalami stress …

… dan dia sedang memberitahu kita bahwa dia begitu. Atau tafsiran lainnya adalah, ketika matanya berkedip cepat, dia bosan, dia tidak suka apa yang kita bicarakan.

Oleh karena itu, bila kita mendapati mata lawan bicara berkedip dengan cepat, usahakan untuk mengganti topik pembicaraan.


4. Mata Melirik ke Kanan Bawah


mata melirik kanan bawah
sumber: www.dailymail.co.uk

Pada umumnya, ketika lawan bicara kita melalukan isyarat tersebut (mata melirik ke kanan bawah) berarti dia sedang berpikir kreatif, tetapi bukan dalam artian ‘rekayasa’; dalam kata lain, kreatif di sini dia terhubung dengan perasaan seseorang.

Coba saja kita tanya pada perihal perasannya. Misa, “Apa yang kamu rasakan ketika jatuh cinta?” kemungkinan besar dia akan menggerakkan matanya ke arah kanan bawah, mengingat-ingat peristiwa yang pernah dialaminya dahulu.


5. Mata Melirik ke Kiri Atas


mata melirik kiri atas
sumber: www.ramapoeye.com

Gerakan mata ke arah kiri atas cenderung berhubungan dengan memori di otak. Ketika lawan bicara kita menggerakkan matanya ke atas, lalu secara perlahan-lahan bergerak ke kiri, maka kemungkinan besar dia sedang mengingat-ingat pengetahuan yang berkaitan dengan soal yang kita utarakan.

Pengetahuan kaitannya dengan fakta, jadi dia sedang mencari fakta yang pernah tersimpan dalam memori otaknya.


6. Mata Melirik ke Kiri Bawah


mata melirik kiri bawah
sumber: electsister777.wordpress.com

Isyarat gerakan mata yang melirik ke arah kiri bawah biasanya dilakukan oleh seseorang yang sedang menimbang-nimbang suatu pilihan penting.

Sehingga dia berusaha mengingat pengalamannya terhadap hal yang sedang dihadapinya; apakah dia pernah mengalami hal serupa? Atau paling tidak dia sedang berpikir tentang resiko yang mungkin akan didapatkan bila memutuskan sesuatu dengan ‘A’.


7. Mata Melirik ke Kanan Atas


Mata melirik kanan atas
sumber: watchfit.com

Meski begitu, otak kanan erat kaitannya dengan kreasi dan imajinasi; kreatif – imajinatif. Maka tafsir isyarat gerakan mata melirik ke kanan atas, tergantung dari pertanyaan kita.

Singkatnya begini, ketika kita bertanya soal pemecahan masalah, lalu mata lawan bicara kita perlahan-lahan bergerak ke kanan atas, kemungkinan besar dia sedang berpikir kreatif tentang solusi.

Tetapi bila pertanyaan kita tentang sebuah persaksian, bisa jadi gerakkan mata ke kanan atas berarti dia sedang mencari alasan untuk berbohong.

***

Demikianlah tips mengenai cara membaca kepribadian orang lewat mata. Sebagai catatan, jangan jadikan setiap tafsir di situs ini sebagai acuan yang mutlak. Sebab, kepribadian orang selalu kembali pada hati. Ini hanya sebagian cara yang dapat kita lakukan untuk memprediksi keadaan orang lain …

… sehingga kita bisa menyesuaikan sikap ketika berkomunikasi dengan mereka.

Semoga bermanfaat.

Henshin!

Apa Komentarmu?