Cara Daftar Internet Banking BRI – Aman, Mudah, dan Cepat

Cara Daftar Internet Banking BRI – Banyak bank yang berdiri di Indonesia, BRI adalah salah satu bank tertua yang sampai saat ini masih menjadi kepercayaan. Seiring dengan perkembangan zaman, BRI pun memberikan layanan yang semakin mudah diakses.

Layanan yang memudahkan nasabah mengakses perbankan di BRI adalah dengan kehadiran internet banking BRI. Cara daftar internet banking BRI mungkin menjadi salah satu hal yang ingin diketahui banyak orang.

Hal ini karena pemanfaatan teknologi yang tepat seperti penggunaan internet banking akan semakin memudahkan kita dalam melakukan berbagai transaksi perbankan.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan bagaimana cara daftar internet banking BRI serta bagaimana tingkat keamanannya, pada ulasan kali ini akan kami bahas dengan tuntas. Nah, tidak perlu panjang lebar lagi, mari kita simak bersama.

Apa Itu Internet Banking BRI?

cara daftar internet banking bri

Sebelum kita mencari tahu mengenai cara daftar internet banking BRI, mari kita cari tahu terlebih dahulu apa sebenarnya internet banking BRI itu. Internet banking BRI merupakan salah satu bentuk layanan BRI yang dapat digunakan oleh nasabah untuk mengakses rekening yang mereka miliki dengan bantuan jaringan internet.

Internet banking ini dapat diakses melalui browser pada PC yang dimiliki masing-masing nasabah. Untuk menjadi nasabah yang dapat mengakses layanan ini, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Dengan menggunakan layanan internet banking ini, Anda dapat menghemat waktu karena Anda tidak perlu keluar rumah untuk melakukan banyak transaksi. Anda juga dapat dengan mudah melakukan transaksi perbankan BRI kapan pun dan di mana pun.

Adapun transaksi ini tidak hanya transfer saja, Anda dapat melihat informasi saldo, melakukan pembayaran tagihan, dan sebagainya.

Bagaimana Cara Melakukan Registrasi Internet Banking BRI?

cara daftar bri internet banking

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk dapat menggunakan layanan internet banking BRI, sebelumnya kita harus terdaftar sebagai nasabah pengguna. Nasabah pengguna adalah nasabah yang menggunakan layanan internet banking. Adapun cara daftar internet banking BRI tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Cara daftar internet banking BRI yang pertama adalah dengan melakukan registrasi pada ATM BRI terdekat. Setelah itu, Anda bisa mendatangi kantor BRI terdekat baik cabang maupun cabang pembantu, semua dapat melayani registrasi tersebut.
  2. Untuk dapat melakukan registrasi di mesin ATM, Anda tentunya harus memiliki kartu ATM sesuai dengan rekening yang akan Anda daftarkan. Dari mesin ATM tersebut, Anda akan mendapatkan user ID dan password.
  3. Setelah melakukan hal tersebut, cara daftar internet banking BRI selanjutnya adalah melakukan registrasi di kantor cabang atau cabang pembantu. Registrasi langsung ini perlu dilakukan agar para nasabah yang sudah mendapatkan user ID dan password dapat melakukan transaksi dengan menggunakan internet banking.
  4. Pada kantor cabang atau cabang pembantu ini, nasabah akan diberikan formulir yang harus diisi sesuai dengan ketentuan. Jangan lupa bawa kartu identitas Anda. Karena tanpa kartu identitas asli, Anda tidak dapat mengisi formulir internet banking
  5. Adapun syarat lainnya adalah nasabah harus memiliki nomor telepon telepon genggam dari provider yang melakukan kerjasama dengan BRI. Adapun provider yang bekerjasama dengan BRI diantaranya adalah Indosat, Xl, Telkomsel, Esia, Flexi, dan Fren.
  6. Syarat yang terakhir adalah nasabah harus memiliki alamat email dan sudah membaca dengan teliti syarat serta ketentuan yang diberlakukan dan memahaminya dengan jelas.

Itu tadi cara daftar internet banking BRI yang dapat dilakukan. Sedikit rumit memang, namun cara ini menjamin Anda dapat melakukan aneka transaksi dengan aman dan nyaman melalui bantuan internet. Tanpa perlu keluar rumah lagi, Anda dapat langsung melakukan aneka transaksi yang diperlukan.

Apa pentingnya user ID dan password dari internet banking BRI?

registrasi internet banking bri

Setelah mengetahui cara daftar internet banking BRI, kini kita membahas mengenai seberapa pentingnya user ID dan password yang Anda miliki. Ya, user ID dan password akan Anda dapatkan setelah melakukan registrasi melalui mesin ATM.

User ID serta password yang telah Anda dapatkan harus Anda amankan dengan segera. Hal ini karena kedua hal tersebut memiliki sifat yang sangat rahasia dan hanya boleh diketahui oleh nasabah pengguna untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Adapun sifat dari user ID adalah tetap, sehingga Anda tidak dapat mengubahnya. Oleh karenanya, Anda sebagai nasabah pengguna harus menjaga dengan baik user ID serta password yang Anda miliki. User ID didapatkan langsung dari BRI dan bukan merupakan hal yang dibuat oleh pengguna.

Sehingga user ID dapat berupa gabungan huruf dan angka sesuai dengan kebijakan BRI tanpa meminta persetujuan terlebih dahulu pada nasabah pengguna. Nah, jika terjadi kejadian yang tidak sesuai dengan ketentuan, user ID dan password akan mengalami pemblokiran.

Adapun hal yang tidak sesuai dengan ketentuan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Terjadi kesalahan saat memasukan password atau user ID sampai 3 kali secara berturut-turut dalam hari yang sama.
  2. Terjadi kesalahan memasukkan angka yang berasal dari mTOKEN sampai 3 kali secara berturut-turut pada saat akan melakukan transaksi.
  3. Terjadi kesalahan menekan nomor aktivasi milik mTOKEN sampai 3 kali berturut-trut dalam hari yang sama.
  4. Saat Anda kehilangan kartu ATM BRI atau ingin mengajukan penggantian kartu BRI.
  5. Anda lupa dengan password yang Anda miliki.
  6. Terjadi indikasi password dan user ID yang dimiliki nasabah pengguna sudah leak, atau diketahui orang yang lainnya.

Hal ini yang menggambarkan seberapa pentingnya user ID dan password yang Anda miliki. Untuk menjaga kerahasiaan dua hal tersebut, maka Anda wajib melakukan beberapa hal penting. Hal penting tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Merahasiakan password dan user ID dengan tidak memberitahukannya pada orang lain, siapa pun itu.
  2. Menghafal password dan user ID Anda di luar kepala. Jangan sampai Anda mencatatnya di selembar kertas. Hal tersebut akan memungkinkan user ID dan password yang Anda miliki diketahui dengan mudah oleh orang ain tanpa sengaja.
  3. Selalu waspada dan berhati-hati saat menggunakannya untuk menghindari dua hal tersebut diketahui oleh orang lain dan disalahgunakan.

Selain harus mengetahui cara daftar internet banking BRI, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara mengamankan transaksi online Anda. Sebagian besar cara mengamankan adalah dengan menjaga diri agar jangan sampai ada orang lain menyalahgunakan akun atau rekening Anda.

Hati-hati adalah hal yang harus Anda lakukan karena hal ini menyangkut keamanan rekening tabungan Anda secara langsung. Semoga ulasan cara daftar internet banking BRI dapat membantu Anda dalam mencari tahu bagaimana cara yang tepat untuk mendaftar dan mengamankan akun Anda.

Di samping kemudahan teknologi yang dapat diakses banyak orang, perkembangan teknologi juga dapat berdampak negatif jika tidak digunakan secara baik dan benar. Bijak dan hati-hati sangat perlu dilakukan. Salam!

Apa Komentarmu?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.