Apa itu SEO? – Penjelasan Singkat Padat & Mudah Dipahami

Apa itu SEO? – Hallo! Secara tidak sadar ternyata saya sudah bergelut dengan SEO selama 2 tahun. Waktu yang lumayan untuk belajar. Hasil yang didapatkan juga alhamdulillah disyukuri. Tapi yang lebih penting dari itu adalah, peluang-peluang yang berangsur-angsur terbuka dari salah satu jenis bisnis online ini.

Untuk merayakannya, saya tergerak (selain tugas juga) untuk sedikit membicarakan tentang pengertian SEO menurut bahasa saya sendiri. Kredit pahala tetap mengalir untuk guru saya Mas Vatih, pengasuh Pondok Pesantren Sintesa (Pondok Pesantren Bisnis Online).

Apa itu SEO?

jasa seo

SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization, atau kalau dibahasa Indonesiakan adalah Optimasi Mesin Pencari.

Secara sederhana, SEO adalah sebuah teknik yang digunakan oleh webmaster (akan dijelaskan di bawah), untuk membuat websitenya berada di urutan pertama mesin pencari; Google, Bing, Yandex, dll.

Yang kita temukan di urutan 1, 2, 3, ketika mengetikan ‘cara membuat roti’ bukanlah sebuah ke-ujug-ujug-an yang hakiki. Melainkan orang yang berada di balik website itu melakukan tahapan-tahapan teknis yang kemudian membuat Google memilih websitenya untuk berada di urutan paling atas.

Bayangkan bila kemudian Anda punya bisnis jual beli pesawat terbang homemade, misalnya, dan ketika orang mengetikan itu di Google … menemukan website Anda di peringkat pertama; tentu peluang closing lebih besar dan Anda pun berpeluang lebih untuk menjadi orang tajir melintir sak alam dunya.

Intinya adalah, SEO itu teknik untuk memasarkan sesuatu lewat website.

Apa Saja yang Bisa Dipasarkan dengan SEO?

belajar seo

Hmmm … sebenarnya semua bisa saja dipasarkan lewat teknik SEO. Tapi pada prinsipnya, SEO lebih afdal bila digunakan untuk sesuatu yang orang-orang mencarinya. Google sebagai mesin pencari punya data-data itu; data user yang mencari ‘sesuatu’. Makanya, SEO erat kaitannya dengan riset. Jadi tidak lagi ada bedanya antara Anda yang lulusan SMA dengan seorang sarjana atau bahkan magister. Hiya hiya hiya.

Orang-orang yang bergelut di dunia ini biasanya terbagi menjadi dua madzhab; madzhab publisher dan madzhab real enterpreneur. Itu istilah saya saja, sih. Maksudnya adalah, ada orang yang menggunakan teknik SEO semata-mata hanya untuk menaikkan trefik untuk kemudian dialihnominalkan menjadi dollar lewat Google Adsense–ini yang saya namakan madzhab publisher. Ada pula orang yang menggunakan teknik SEO untuk berjualan barang.

Yang jelas, kedua madzhab tersebut melalui tahapan-tahapan yang hampir sama dalam proses optimasi website. Bedanya ya itu tadi, di ujung.

Hal yang Dibutuhkan untuk Memulai SEO

seo itu apa

Oke. Secara garis besar sudah bisa dipahami lah ya. Kalau belum, entah dengan penjelasan sederhana mana lagi saya bisa membuat Anda paham.

Untuk memulai, alias SEO starter pack, yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Ini nih,

  1. Hosting
  2. Domain
  3. Artikel
  4. Produk (kalau ingin mengambil madzhab real enterpreneur)

Itu saja lho. He he. Terlihat sederhana bukan? Betul. Sederhana sekali. Tapi pemain SEO itu (dulu) sedikit. Sebab, hasilnya baru bisa kelihatan minimal 3 bulan dari pertama kali website itu dioptimasi.

Maka bagi orang-orang yang ingin instan, SEO ini tidak cocok sama sekali. Main FB Ads saja untuk jangka pendek dan instan. Tapi percayalah, kalau anda sudah berhasil dengan SEO, hasilnya akan long lasting alias berjangka panjang.

SEO juga tidak punya aturan baku. Satu-satunya yang menjadi ‘aturan’ adalah riset. Dan setiap mastah pun cara risetnya berbeda. Menurut saya, di sinilah uniknya SEO. Tidak semua orang punya teknik yang sama, tapi punya tujuan yang sama.

Tertarik untuk kursus SEO? Silakan cari. Tapi saya rekomendasikan di sintesa, harga kursus SEO nya tidak terlalu membebankan seperti di tempat lain. Pelajarannya komperhensif. Cara-caranya tidak membuat dosa, in syaa Allah.

Apa Komentarmu?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.