Apa itu Morfologi? Temukan Jawaban Singkatnya di Sini!

Apa itu Morfologi? – Ketika belajar bahasa Indonesia, sering kita menjumpai ‘morfologi’ sebenarnya, apa itu morfologi? Mari kita bahas secara singkat di sini.

Pengertian Morfologi

pengertian morfologi

Morfologi sebetulnya dipakai di beberapa cabang ilmu (tidak hanya bahasa Indonesia). Secara harfiah, morfologi yaitu pengetahuan tentang bentuk.

Cabang-cabang ilmu yang memakai istilah morfologi di antaranya sebagai berikut:

  • Morfologi dalam linguistik, adalah bidang ilmu linguistik yang mengkaji perihal bagaimana sebuah kata atau morfem-morfem terbentuk.
  • Morfologi dalam biologi, adalah bidang ilmu yang mengkaji tentang bentuk organisme, terutama tumbuhan dan hewan, dan bagian-bagian yang mencakup kedua organisme tersebut.
  • Geomorfologi, merupakan ilmu yang mengkaji tentang bentuk luar bumi dan batuan.

Morfologi dalam Bahasa Indonesia

morfologi dalam bahasa indonesia

Untuk memudahkan, penulis akan menjelaskannya dengan sebuah contoh. Perhatikan kalimat di bawah ini:

Mahasiswa fakultas pertanian Universitas Bandung, mempelajari macam-macam tumbuhan yang bisa menyembuhkan luka.

Kalimat di atas terdiri dari 12 kata dan kesemuanya itu tidak sama. Ada yang tergolong kata dasar, ada yang tergolong kata berimbuhan, kata ulang, dan kata majemuk.

Kata mahasiswa, fakultas, universitas, Bandung, bisa, dan luka merupakan kata dasar yang masing-masing tersusun dari satu morfem; kata tumbuhan terdiri atas dua morfem yaitu tumbuh dan -an; kata pertanian terdiri dari tiga morfem yaitu per-, tani, dan -an sama halnya dengan menyembuhkan dengan morfem me-, sembuh, dan -kan; sedangkan kata macam-macam tergolong kata ulang yang terdiri dari dua morfem, yaitu macam yang termasuk kata dasar dan macam yang termasuk kata ulang.

Morfologi dalam Biologi

morfologi dalam biologi

Di atas penulis sudah sedikit menjelaskan pengertian morfologi bila ditinjau dari keilmuan bahasa Indonesia, lantas apa arti morfologi bila dilihat dari sudut pandang biologi?

Pengertian morfologi, bila ditinjau dari biologi, adalah studi biologis yang mengkaji tentang struktur ataupun bentuk dari suatu organisme baik itu struktur internal maupun eksternalnya. Dengan demikian, morfologi (dalam biologi) terbagi lagi menjadi dua cabang:


Sampai sini apakah teman-teman sudah paham apa itu morfologi dalam bahasa Indonesia? Kalau belum, yuk diskusi di kolom komentar.

Apa Komentarmu?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.