Kamus Gaul #1: Apa itu Baper, GWS, LOL, LDR, Move On, Kimcil, SWAG

Kamus Gaul #1: Apa itu Baper, GWS, LOL, LDR, Move On, Kimcil, SWAG – Hari ini saya banyak disuguhkan oleh bahasa-bahasa baru yang cukup sulit untuk dimengerti. Bahasa gaul katanya. Oke, saya tidak gaul. Oleh karena itu, saya coba mencari tahu apa definisi / arti dari tiap-tiap kata yang hari ini sering diungkapkan tersebut (baper, GWS, LOL, LDR, Move On, Kimcil, SWAG, dll.)


Apa Arti SWAG?


apa arti swag
faded.downweb-homeip.net

Saya akan mulai dengan SWAG. Kenapa? Karena SWAG sedang sedikit lebih populer dan sering dikatakan dibandingkan kata lainnya saat ini khususnya di dunia youtube.

Tahu apa nggak kalau di youtube sedang ada perang hiphop antara Young Lex dan Rapper senior seperti Igor Saykoji, Iwa K, 8 Ball, dl?

Nah, Young Lex dengan ke-anu-annya dianggap sudah menyinggung rapper-rapper senior dengan mengomentari skill mereka dan cara mereka naik daun. Dan SWAG, adalah kata-kata yang sering dipakai di lirik DISS Young Lex (semacam rap bantahan / serangan ke Young Lex).

Lalu apa itu SWAG? Saya tidak akan melebar ke mana-mana, kalian pasti masuk ke website ini karena ingin tahu apa arti SWAG dalam dunia rapper (mungkin sama-sama bingung karena denger lagu-lagu rap DISS Young Lex. Heu)

SWAG yang dimaksud di dunia rapper adalah sebuah singkatan, panjangnya adalah Style With A Little Bit Gangsta (SWAG). Bingung? Udah, SWAG itu berarti keren. Cukup.


Apa itu Baper?


apa arti baper
flickr.com

Ciee Baper …

Mungkin banyak di antara kita yang sering diledek seperti begitu. Saya juga pernah. Awal-awal mendengar kata ‘baper’ saya sedikit bingung, apa sih artinya? Dan sama seperti kalian, saya langsung membuka internet lalu mengetik di Google,

apa itu baper?, apa arti baper?, baper itu apa?, baper adalah, dan kata kunci lainnya. Lalu ketemulah definisi dari baper.

Baper adalah sebuah akronim dari Bawa Perasaan. Kalau dijabarkan seperti ini,

Baper merupakan sebuah kondisi di mana seseorang secara sengaja maupun tidak mengintervensi logikanya sendiri dengan sebuah perasaan sehingga setiap gerak dan perkataannya secara asosiatif menjadi batu yang menghalangi udang dari pandangan orang lain (ada udang di balik batu). Ngok.

Ada juga kalangan anak muda positif yang mengganti kepanjangan dari akronim konotasi negatif ini. Mereka mengganti baper; bawa perasaan, menjadi baper; bawa perubahan.

Udah, baper itu … bawa perasaan & bawa perubahan. Tinggal pilih suaikan saja definisi baper menurut dirimu sendiri.


Apa itu GWS?


apa arti gws
iilajah.blogspot.co.id

GWS ya …

Pernah ada yang berkata begitu ke kamu? Saya pernah. Dan yang paling pertama terlintas di pikiran saya adalah Gowes. Bersepeda. Duh.

Ini serius. Dulu ketika sedang sakit, ada rekan saya yang mengirim pesan seperti itu, saya artikan bahwa dia menyuruh saya untuk mengolahragakan diri dengan bersepeda agar cepat sehat.

Tetapi semakin ke sini, kata GWS sering muncul di kalimat-kalimat yang, jika GWS diterjemakan menjadi Gowes, jadi tidak nyambung. Setelah itu, saya kembali mengeluarkan jurus Google, lalu mengetik kata kunci: GWS itu apa?, GWS adalah?

Google memang banyak tahu. Yang pertama kali dia munculkan adalah jawaban yang saya cari. GWS adalah kependekan dari Get Well Soon (cepat sembuh).

Nah, jadi jika ada rekanmu yang mengirimimu pesan ‘GWS ya …’ kamu bilang aja aamiin, meskipun sebetulnya lebih baik kalau didoakan dengan doa yang sesuai tuntunan. Tapi tidak apa-apa. Aamiin.


Apa itu LDR?


apa arti ldr dalam hubungan
ifycalyta.blogspot.co.id

LDR adalah salah satu jenis kamera. Loh?

LDR adalah sebuah singkatan dari Long Distance Relationship, atau hubungan jarak jauh. LDR ini biasanya dialami oleh mereka yang mempunyai hubungan lebih dari sekadar teman. Suami – istri, misalnya.

Suami bekerja banting tulang merantau ke luar kota, sedangkan istri mengasuh anak di kampung halaman, itulah LDR. Hubungan jarak jauh.

Bagaimana kalau dengan pacar? Sama saja tapi … apa iya pacaran adalah sebuah ‘hubungan’ yang pantas disebut hubungan? Heu.

Boga kabogoh jauh, meuntas laut leweung gunung.

LDR, hubungan jarak jauh. Clear.


Apa itu LOL?


apa itu kepanjangan dari lol
funnyjunk.com

Lol biasanya dipakai di forum-forum luar negeri. Tetapi, karena Indonesia itu latah maka singkatan-singkatan merumitkan mulai dipakai sebagai identitas diri bahwa: aku sudah gaul. Lol.

Jadi, LOL itu adalah singkatan dari Laugh out Loud atau dalam bahasa forum Indonesia adalah ngakak. LOL = ngakak.

Clear ya.


Apa Arti Kimcil?


apa itu kimcil

Ini yang paling bikin saya bingung. Kimcil? Apaan tuh? Saya lupa kapan tepatnya mendengar kata-kata kimcil, tapi semakin ke sini, semakin banyak orang yang mengatakan kata tersebut. Kimcil.

Lalu ketemulah definisi kimcil hanya dengan mengetikan kata kunci sederhana: apa itu kimcil.

Jadi ternyata, kimcil itu berasal dari lidah orang-orang jawa (tengah dan timur). Kimcil adalah sebuah akronim, mirip baper.

Kimcil ini konotasinya negatif sekali. Berasal dari gabungan dua kata yakni, kimpet: alat kelamin perempuan—dari minggu kemarin ketemu terus postingan yang bahas nganu, duh- sedangkan cilik: kecil.

Biasanya kimcil ditujukan untuk menyebut seorang perempuan muda umur 15 – 23 tahun di daerah perkotaan yang gayanya kekinian, sok imut; biasanya sasaran buat digoda laki-laki ‘pinginan’.

Dan saya kemudian membaca sebuah artikel, ternyata kimcil memang berasal dari seorang agen dosa bernama Dolly. Ya, Dolly. Sudah, ah.


Apa Arti Move On?


move on itu apa sih
somethingfortheeyes.wordpress.com

Terakhir, move on. Kata move on sebetulnya merupakan kata-kata positif, tetapi sering ditempatkan bukan pada tempatnya. Padahal bila saja kita bisa sedikit bijak menggunakan kata ini, kita bisa jadi motivator dadakan. Pft.

Move on, selalu tersemat pada mereka yang sedang bersedih hati karena putus cinta. Kasian, deh, lu. Tetapi sayangnya, banyak yang ‘memotivasi’ orang tersebut untuk move on dari pacar satu (yang sudah jadi mantan. Cie, mantan) ke calon pacar yang lain.

Duh, mbak, mas, kalau move on tapi berkegiatan yang sama mah atuh sama aja sedang merencanakan sedih yang selanjutnya.

Sebenar-benar move on adalah dari pribadi yang buruk menjadi pribadi yang baik. Meninggalkan perbuatan sia-sia dan menggantinya dengan kegiatan-kegiatan produktif.

Udahlah, jangan pacaran mending belajar buka usaha. Nah, ini baru move on yang super. Itu.

Jadi move on itu … bergerak menjadi lebih baik. Deal, ya?