7 Manfaat yang Bisa Kamu Rasakan bila Menikah di Usia 20 – 25 Tahun

Nikah Muda – Pernikahan adalah prosesi sakral yang tidak hanya melibatkan mempelai, tetapi juga melibatkan keluarga besar.

Memang butuh persiapan, tetapi sesungguhnya parameter siapnya seseorang menikah itu adalah sebuah komitmen untuk bertanggung jawab terhadap rumah tangga yang nanti akan dijalani. Itu.

Banyak yang menunda-nunda menikah hanya karena nunggu mapan. Padahal mapan itu lebih enak kalau dicari sama-sama.

Guru-guru kami di sini menikah umur 20 tahun (7 Bersaudara; 4 sudah menikah di umur 20an), hasilnya apa? Mereka sukses akhirat dunia. Tahu pemilik akun instagram @kartun.muslimah? Itu salah satu guru kami. Menikah di umur 19 tahun!

Nah, bagi kamu yang berusia di antara 20 – 25 tahun, segeralah sempurnakan separuh agamamu. Inilah manfaatnya menikah di usia itu.


1. Menikah Muda


menikah muda
outfitstrend.blogspot.com

Menikah sama saja dengan membangun masa depan. Kamu yang sudah terbesit keinginan untuk menikah pastilah sudah punya visi jangka panjang. Iya, kan? Atau tidak? Ckckck.

Dari sisi Agama, menikah adalah sunnah; dari sisi psikologi, menikah adalah kebutuhan setiap manusia. Semakin cepat kebutuhan tersebut terpenuhi, semakin cepat pula kamu mencapai bahagia.

Syarat dan ketentuan berlaku 😀


2. Bersama-sama Saling Mendewasakan


menikah muda saling mendewasakan
pinterest.com

Kalau kamu berani menikah muda, berarti kamu mempunyai semangat yang berapi-api. Sifat pemuda kan memang seperti itu; tidak mudah menyerah dalam setiap keadaan apapun. Tetapi, kamu tidak bisa dinafikkan bahwa akan ada kecenderungan untuk bertindak kekanak-kanakan.

Nah, di sanalah kamu dan pasanganmu akan belajar saling mendewasakan.


3. Mengarungi Bahtera Rumah Tangga Lebih Lama


menikah muda mengarungi rumah tangga lebih lama
pinterest.com

Menikah muda berarti mengizinkan dirimu bersama pasanganmu hidup bersama lebih lama. Kehidupanmu akan lebih banyak warna karena berbagai emosi akan kamu rasakan seiring berjalannya waktu; asam, manis, pahit, dan segala persaan yang mungkin muncul dalam kehidupan rumah tanggamu.

Dan … semua itu dijalani berdua. Bayangkan dirimu menjelajahi dunia bersama-sama, menikmati masa muda dengan pasanganmu.


4. Lebih Bersemangat Mencari Penghasilan


menikah muda semangat mencari penghasilan
skimon.com

Menikah muda atau bukan, laki-laki tetaplah yang dituntut untuk mencari nafkah; membiayai rumah tangga.

Laki-laki muda cenderung lebih produktif daripada yang sudah berumur. Biasanya mereka yang masih muda tidak segan mencoba hal-hal yang baru dengan semangat. Apalagi kalau kamu kelak punya anak, dijamin semangat muda itu akan semakin menggebu-gebu.


5. Kamu Tidak Lagi Sendirian


menikah muda tidak lagi sendirian
skimon.com

Kalau kamu terbiasa melamun di pojokkan, setelah menikah … kamu patut untuk berbahagia. Sebab kenapa? Karena hampir semua kegiatan akan kamu lakukan bersama pasanganmu. Bagi seorang suami, memiliki istri adalah kebahagiaan tersendiri.

Bahagia sekali seorang suami kalau setelah berpeluh-peluh bekerja, pulang ke rumah disambut istri sambil tersenyum. Apalagi kalau kamu pasangan muda, romantisme akan lebih kuat terasa.


6. Kehidupan Rumah Tangga yang Lebih Dinamis


nikah muda membawa berkah
skimon.com

Seperti yang sudah saya katakana di poin sebelumnya, umur 20 – 25 itu adalah masa pendewasaan. Masih ada jiwa kanak-kanak yang berontak, tetapi juga kedewasaan sudah mulai tampak.

Kehidupan rumah tangga seperti ini akan lebih menyenangkan untuk dijalani bersama-sama. Dalam setiap masalah yang timbul, akan ada pelajaran yang bisa diambil. Hanya saja syaratnya … mencoba saling mengerti.


7. Usia Produktif


menikah muda usia produktif
skimon.com

Awal usia 20-an adalah masa-masa produktif seorang manusia. Jiwa manusia di umur itu cenderung banyak melakukan eksperimen dan eksplorasi, cobalah untuk mengajak pasanganmu untuk melakukan sesuatu bersama-sama. Bisnis misalnya.

***

Demikianlah 7 manfaat kalau kamu berani menikah di antara umur 20 – 25. Tetap pertimbangkan dengan matang dan persiapkan dirimu untuk segala kondisi yang mungkin terjadi.

Apa Komentarmu?