10,8 Juta! Cek Penerima Bansos PKH Tahap 1 Tahun 2022

SBH News – Siap-siap! Jika Anda termasuk penerima bansos PKH tahap 1 tahun 2022, Pemerintah akan mentransfer uang sejumlah Rp.10,8 juta langsung ke rekening. Cek apakah namamu jadi penerimanya di link yang akan kami sertakan di bawah.

Bansos PKH tahap 1 tahun 2022, direncanakan akan ditransfer ke 10 juta orang di kuartal pertama tahun ini, tepatnya dari bulan Januari hingga Maret 2022 melalui Himpunan Bank Negara atau Himbara seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN.

Bantuan ini masih dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat dan pencegahan agar tidak terjerat lubang kemiskinan akibat pandemi Covid-19 yang masih belum selesai ini.

Oleh sebab itu, Pemerintah berencana memberikan bansos PKH agar meningkatkan kualitas hidup terutama di bidang pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial.

Berikut adalah kategori penerima bansos PKH dari Pemerintah:

  1. Ibu hamil/nifas dibatasi maksimal kehamilan kedua
  2. Anak usia dini
  3. Lanjut usia dengan usia 70 tahun atau lebih dari 70 tahun
  4. Penyandang disabilitas berat

Jikalau dalam satu keluarga ada empat kategori di atas, maka bisa mendapatkan bantuan total Rp 10,8 juta per tahun per KK.

Rinciannya sebagai berikut:

SEKILAS INFO: Bagi Anda yang tertarik belajar trading, investasi, crypto, dll. bisa belajar sedikit-sedikit di sini. Ke depannya, kami akan sajikan informasi penting dan faktual seputar trading (forex, saham, crypto) ataupun investasi di instrumen saham, reksa dana, emas, dll.

Selain itu akan ada tutorial pemaksimalan aplikasi trading dan investasi seperti Ajaib, Stockbit, Bibit, dan juga pemanfaatan bank digital seperti Sea Bank atau Bank Jago.

Ibu hamil/nifas dan anak usia dini masing-masing penerima Bansos PKH Rp 3 juta per tahun (total 6 juta rupiah). Sedangkan lansia dan penyandang disabilitas berat dapat bantuan masing-masing Rp 2,4 juta (total 4,8 juta rupiah)

Sebenarnya Pemerintah sudah menentukan kategori penerima bansos lain seperti anak sekolah SD hingga SMA. Namun satu keluarga dibatasi maksimal empat kategori penerima bantuan bansos PKH dan jika dihitung akan cair sebanyak Rp 10,8 juta.

Adapun rincian lengkap bansos PKH untuk anak sekolah SD – SMA adalah sebagai berikut:

Berikut rincian bantuan yang diterima oleh anak sekolah:

  1. Anak SD/sederajat, Rp900.000/tahun
  2. Anak SMP/sederajat, Rp1,5 juta/tahun
  3. Anak SMA/sederajat, Rp2 juta/tahun

Cara Cek Penerima Bansos PKH

Berikut adalah cara cek penerima bansos PKH tahap 1 tahun 2022:

  • Akses situs https://cekbansos.kemensos.go.id/
  • Silakan isikan data-data Anda di kolom yang sudah disediakan (provinsi, kota/kab, kecamatan, desa, dan nama penerima sesuai KTP)
  • Jangan lupa ketikan kode captcha yang ada di kotak agar sistem bisa melakukan pencarian

Catatan: Jika namamu tidak terdaftar sebagai penerima bansos, Pemerintah membuka kesempatan untuk mendaftarkan diri secara online. Cek caranya di sini: Cara Daftar Online Bansos PKH

Demikian itulah informasi mengenai penenerimaan bansos PKH tahap 1 tahun 2022. Update berita selanjutnya tentang bansos di SBH News.

Satria Baja Hitam

Penulis lepas. Penyuka blog.

Apa Komentarmu?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.