Wawancara Kerja – Tips, Pertanyaan, dan Jawaban Seputar Wawancara Kerja

Wawancara Kerja – Mendapatkan pekerjaan yang layak adalah impian bagi setiap orang. Banyak yang kemudian berpeluh-peluh, lelah, capek, mengirim surat lamaran pekerjaan ke kantor-kantor yang diimpikan tetapi gagal saat proses wawancara kerja / job interview.

Apa masalahnya? Masalah paling utama biasanya adalah psikologi, terutama bagi kamu yang fresh graduate dan baru pertama kami mengikuti wawancara kerja. Tapi tak jarang, mereka yang sudah terbiasa berpindak tempat kerja juga mengalami hal serupa ketika wawancara kerja.

Untuk itulah artikel ini satriabajahitam ini tulis, mudah-mudahan tips wawancara kerja dan sedikit kisi-kisi pertanyaan wawancara kerja yang akan dibagikan ini menjadi referensi dan menjadi sedikit obat penenang kamu ketika akan menghadapi wawancara kerja.


Tips Wawancara Kerja


tips wawancara kerja
forbes.com

Tips wawancara kerja sebetulnya tidak banyak. Secara umum yang harus kamu perhatikan saat akan melakukan wawancara kerja adalah sebagai berikut:

  1. Terbiasa dengan pertanyaan-pertanyaan seputar wawancara kerja (akan ditulis di bawah)
  2. Latih cara berbicara kamu supaya lebih kalem tapi serius, meyakinkan tapi tidak kaku (latihan di depan cermin)
  3. Selalu tersenyum dan sopan santun
  4. Beri salam pewawancara (selamat pagi / siang), lalu perkenalkan dirimu
  5. Berjabat tangan dengan pewawancara dan lakukan dengan penuh keyakinan
  6. Pakai baju yang rapi dan wangi (utamakan warna agak cerah, itu akan mempengaruhi psikologi)
  7. Pastikan mulut tidak bau rokok
  8. Duduk dengan ajeg, fokus, dan yang terpenting rileks; jangan tampakkan bahwa kamu sedang tegang
  9. Ucapkan terimakasih saat wawancara kerja telah selesai
  10. Jabat kembali tangan pewawancara dan katakan ‘Senang bisa diwawancarai oleh anda.’

Nah, itu tips wawancara kerja secara umum, menurut saya tips-tips di atas cukup aplikatif dan ampuh. Bisa kamu coba atau hanya mau dijadikan referensi terserah. Sekarang kita lanjut ke pertanyaan-pertanyaan yang biasa diberikan oleh pewawancara pada para pencari kerja.


Pertanyaan Wawancara Kerja Beserta Jawabannya


pertanyaan wawancara kerja
forbes.com

A. Pertanyaan Tentang Data Pribadi

Pertanyaan paling pertama yang diberikan oleh pewawancara kerja biasanya adalah pertanyaan tentang identitas diri pribadi. Ini adalah saat yang menentukan, kenapa? Karena seperti apa suasana hatimu di sini maka suasana ‘sidang’ selama beberapa waktu ke depan akan seperti itu juga.

Maka, jawablah dengan tenang, rileks, dan jelas. Berikut pertanyaan wawancara kerja tentang data pribadi,

NB: Jawaban disesuaikan dengan bidang pekerjaan yang akan kamu masuki.

1. Ceritakan tentang diri anda?

Jawab: Baik. Sebelumnya terima kasih atas kesempatan yang diberikan. Nama saya Haryono Subiakto, alumnus Universitas Indonesia program studi Ilmu Komputer. Saya baru lulus tahun ini dengan predikat yang memuaskan. Saya sangat tertarik sekali dengan teknologi sejak dari SMP, beberapa prestasi telah saya raih berkat kegigihan dan keuletan yang saya punya.

2. Mengapa anda memilih program studi ilmu komputer?

Jawab: Saya punya jiwa berbagi yang tinggi, dan saya sadar bahwa dengan komputer masalah-masalah rumit manusia bisa lebih disederhanakan. Dari situ saya memutuskan untuk mempelajari ilmu komputer dengan sungguh-sungguh.

3. Bagaimana cara anda membayar kuliah?

Jawab: Saya mendapatkan beasiswa dari pemerintah setiap bulan. Uang yang saya terima itulah yang membiayai kuliah saya dari awal sampai akhir.

4. Apakah anda mempunyai rencara untuk melanjutkan pendidikan?

Jawab: Ya. Saya berencana melanjutkan pendidikan 3 tahun mendatang. Selain mempunyai jiwa berbagi yang tinggi, rasa ingin tahu saya juga besar. Ilmu harus terus dicari, saya meyakini hal tersebut. Dan saya adalah pembelajar.

5. Selain pendidikan formal, apakah anda memiliki keterampilan lain?

Jawab: Ya. Saat SMA, saya pernah belajar internet marketing secara otodidak; saat itu saya memasarkan produk gula merah. Lalu saat saya kuliah, saya juga mengikuti kursus bahasa inggris sehingga skor TOEFL saya sekian.

Saya juga mempunyai keterampilan dalam desain, membuat logo, dan edit foto.

6. Apa makna pekerjaan untuk anda?

Jawab: Bagi saya, bekerja sama saja dengan memajukan sebuah negara. Dan perusahaan bapak adalah perusahaan yang saya bermimpi untuk memberikan kontribusi di sana, karena saya tahu perusahaan ini bergerak di bidang apa dan memberikan manfaat seperti apa.

B. Pertanyaan Tentang Pengalaman dan Keterampilan

Pertanyaan wawancara kerja yang berkaitan dengan pengalaman dan keterampilan, biasanya dimaksudkan untuk menguji seberapa ulet dan berkomitmennya kamu pada pekerjaan yang akan kamu tekuni selama beberapa waktu ke depan (kalau diterima).

Juga sebagai parameter, seberapa loyalnya kamu bagi perusahaan ketika kamu sudah diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Berikut pertanyaan-pertanyaan yang sering keluar,

7. Apa kelebihan dan kekurangan anda?

Jawab: Saya adalah seorang pembelajar, selalu ingin tahu hal baru, dan tidak pernah puas pada sesuatu bila saya belum kuasai sepenuhnya. Termasuk ketika mendapatkan masalah, saya bertanggung jawab sampai akhir.

Saya juga mempunyai jiwa kepemimpinan, mungkin itu sebabnya dalam beberapa kesempatan saya didaulat untuk memimpin organisasi dan event-event di kampus.

Kekurangan saya adalah, seringkali berlebihan dalam membercandai teman. Meskipun Itu adalah salah satu bentuk keakraban saya, sebenarnya.

8. Apakah anda memiliki hubungan baik dengan rekan-rekan anda?

Jawab: Ya. Saya merasa hubungan saya dengan rekan-rekan saya baik dan tidak ada masalah. Kekurangan yang saya sebutkan sebelumnya saya utarakan berdasarkan kaca mata saya pribadi. Maksud saya, rekan-rekan saya tidak masalah ketika saya bercandai; tetapi saya selalu merasa tidak enak.

9. Apakah anda lebih senang bekerja seorang diri atau dalam tim?

Jawab: Saya lebih senang bekerja seorang diri, tetapi bila memang situasi mengharuskan untuk bekerja dalam tim, saya punya kapasitas itu. Hanya saja kalau ditanya lebih senang mana, saya lebih senang sendiri.

10. Bila anda diharuskan bekerja dalam tim, posisi apa yang akan anda pilih?

Jawab: Saya bergelut di dunia ilmu komputer yang itu berarti logika saya berjalan, tetapi saya juga punya keterampilan dalam desain yang itu juga berarti kreatifitas saya jalan. Oleh karena itu, saya akan lebih memilih untuk menjadi seorang konseptor yang bisa merencanakan langkah-langkah yang logis tetapi juga inovatif.

11. Bisakah anda bekerja di bawah tekanan?

Jawab: Saya bisa dan terbiasa. Pengalaman saya di organisasi membuktikannya.

12. Bagaimana sikap anda terhadap kritik?

Jawab: Saya selalu menerima kritikan dengan kepala yang dingin, membenarkan apa yang memang benar dalam kritikan tersebut untuk menjadi bahan perbaikan di waktu selanjutnya, tetapi saya mengabaikan apa yang salah dari kritikan tersebut dan menganggapnya sebagai hal yang biasa terjadi dalam kehidupan. Orang yang tidak suka dengan kita itu biasa.

13. Menurut anda, seperti apakah orang yang sulit diajak kerja sama?

Jawab: Menurut saya, orang yang paling tidak bisa diajak kerja sama adalah mereka yang egois, punya idealisme yang tinggi, dan tidak siap menerima perbedaan. Selain itu, mereka yang tidak suka bekerja keras, suka telat bekerja, dan banyak mengeluh juga menjadi tanda-tanda orang yang sulit diajak bekerja sama.

14. Apabila bawahan anda melakukan kesalahan, apa yang akan anda lakukan?

Jawab: Kesalahan dalam bekerja adalah hal yang biasa. Pertama-tama yang akan saya lakukan adalah memeriksa kesalahan tersebut, lalu mencari solusinya. Setelah itu saya akan ajak bawahan saya yang melakukan kesalahan tadi mempelajari kesalahannya agar dikemudian hari dia tidak melakukan kesalahan yang sama.

15. Apa yang akan anda lakukan bila bawahan anda mengeluh tentang permasalahan pribadi mereka?

Jawab: Saya akan memberikan jaminan berupa penyelesaian masalah pribadi mereka setelah pekerjaan mereka selesai dengan cara mengajaknya berbicara empat mata dan memberikan sedikit nasehat yang saya pelajari dari buku-buku yang saya baca sebelumnya.

16. Apa yang akan anda lakukan kalau menghadapi masalah besar dalam pekerjaan?

Jawab: Saya akan bertanggung jawab dan menyelesaikannya.

17. Anda fresh graduate, kira-kira apa pekerjaan tersulit yang akan anda temukan di sini?

Jawab: Menurut saya, pekerjaan tersulit yang akan saya temui di sini adalah mencari ide yang segar dan realistis untuk dijadikan produk bagi perusahaan.

18. Apakah anda sering bolos kuliah?

Jawab: Sepanjang pengetahuan saya, saya tidak pernah bolos kuliah. Adapun izin karena kegiatan organisasi dan keadaan darurat serta sakit adalah hal yang berbeda.

19. Apakah anda bersedia bekerja lembur?

Jawab: Ya, saya bersedia. Itu tidak masalah untuk saya.

20. Apa yang membuat anda tertarik bekerja di perusahaan kami?

Jawab: Saya selalu berpikir tentang asas manfaat. Saya tahu perusahaan ini bergerak di bidang apa dan memberikan manfaat seperti apa. Selain itu, latar pendidikan saya sangat mendukung, yang mana dengan begitu saya bisa berkontribusi secara maksimal untuk memajukan perusahaan ini secara khusus, umumnya memajukan mereka yang merasakan manfaat dari produk perusahaan ini.

21. Seberapa baik anda mengenal perusahaan kami?

Jawab: Saya cukup mengenal perusahaan ini. Selain karena saya memakai produknya, saya juga sering membaca berita-berita yang berkenaan dengan prestasi perusahaan ini.

22. Menurut anda, apa yang membuat kami berbeda dengan perusahaan-perusahaan lain yang sejenis?

Jawab: Ada beberapa hal yang membedakan; pertama, produk yang dihasilkan perusahaan bapak lebih user friendly dan juga elegan, lebih mengutamakan kepuasaan pengguna / konsumen produk dibandingkan yang lainnya. Selain itu, desain interior kantor bapak dibuat menarik agar para karyawan juga merasakan nyaman, yang itu berarti, fasilitas yang diberikan kepada karyawan lebih baik daripada perusahaan lain.

23. Apa motivasi anda bekerja di sini?

Jawab: Saya ingin memajukan Indonesia lewat perusahaan bapak karena saya lihat produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini sangat mengangkat sekali nama Indonesia dalam bidang teknologi.

24. Apakah anda siap menerima tanggung jawab yang lebih besar?

Jawab: Ya, saya siap. Adalah suatu kehormatan besar, dalam pandangan saya, bila menerima sebuah tanggung jawab yang besar di posisi yang lebih tinggi. Tidak lain dan tidak bukan adalah untuk kebermanfaatan yang lebih besar.

25. Apakah anda siap bila ditempatkan di luar kota?

Jawab: Ya, saya siap dan bersedia. Bila kemampuan saya memang dibutuhkan oleh perusahaan ini saya harus menerima dan bekerja maksimal di mana pun kelak saya ditempatkan.

C. Pertanyaan Berkaitan dengan Gaji

Nah, di sini banyak calon pegawai yang terkecoh. Entah berapa yang menganggap bahwa dengan menyerahkan sepenuhnya nominal gaji ke pihak perusahaan berarti itu bagus dan jawaban yang baik. Tidak, tidak selalu begitu. Justru jawaban yang lugas, tegas, dan tepatlah yang diinginkan HRD.

Maka, hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum menjawab pertanyaan wawancara kerja seputar gaji adalah mencari tahu UMR di kota tempat anda akan bekerja + gaji yang sesuai dengan posisi yang anda minta.

Biasanya akan muncul pertanyaan seperti ini,

26. Berapa gaji yang anda harapkan untuk posisi ini?

Jawab: Saya berharap memperoleh gaji sebesar Rp.8.000.000

27. Kami tidak dapat memenuhi permintaan gaji anda. Seberapa banyak anda bisa mengurangi nominal permintaan gaji tersebut?

Jawab: Saya yakin kemampuan dengan kemampuan saya. Bagaimana kalau Rp.7.000.000?


Demikianlah, beberapa pertanyaan wawancara kerja yang biasanya ditanyakan pada calon karyawan untuk menilai setangguh apa mereka dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Karena memang, pewawancara / HRD telah belajar psikologi, maka cara terbaik untuk melawan mereka adalah dengan psikologi juga. Jadilah tangguh sejak dari hati!

Tags: Wawancara kerja, tips wawancara kerja, pertanyaan wawancara kerja, jawaban wawancara kerja, interview kerja, pertanyaan interview, tes wawancara, cara menjawab interview, tips interview kerja, pertanyaan saat interview, pertanyaan interview kerja, tips interview, tes interview

Apa Komentarmu?