ViralTag Review: Marketing Tools Penting untuk Kolam Sosial Media Anda

VIRALTAG – Assalaamu’alaykum, hallo. Sudah lama saya tidak posting dengan sudut pandang diri saya sendiri. Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan sebenarnya, tetapi kali ini perkenankan saya membuat posting mengenai salah satu tools marketing terbaik abad ini: ViralTag.

Bagi anda yang berkecimpung di dunia internet, entah itu jualan online (dengan social media marketing atau SEO) atau menjadi publisher Adsense, membuat ‘kolam pancing’ itu sangat diperlukan sekali. Apalagi bila kolam yang anda buat itu tertarget. Bisa bayangkan berapa ribu ikan yang bisa anda dapatkan sekali pancing?

Nah, kabar buruknya membuat kolam itu ternyata sulit dan butuh keistiqomahan dalam posting, yang itu berarti membutuhkan effort yang banyak; waktu, tenaga, semua. Maksud saya, nyari foto, copywriting, upload; repeat!

Sekarang, bagaimana perasaan anda bila 100 langkah yang seharusnya kita tempuh bisa dipersingkat menjadi 1 langkah saja? Bagaimana bila 100 menit/hari yang seharusnya anda gunakan untuk membuat kolam itu ternyata bisa dipersingkat menjadi 10 menit saja?

Pastinya anda akan sangat tertarik dan senang. Produktifitas anda akan bertambah, pekerjaan akan cepat selesai, anak-istri dapat perhatian lebih, masyarakat juga mendapatkan porsi waktu lebih dari diri kita. Enak bukan?

ViralTag hadir untuk itu semua.


Apa itu ViralTag?


viralwoot vs viraltag

Oke, pertama kali saya harus kenalkan dulu ViralTag itu apa. Pertama kali saya mendengar tools ini di Pesantren Sintesa, Pesantren Al-Qur’an dan Bisnis Online yang didirikan oleh Mas Ibrahim Vatih, Blogger asal Magetan yang legend dalam meng-generate organic trafik.

Beliau mengenalkan ViralTag dalam rangka mengajari santrinya meng-generate trafik dari Pinterest untuk keperluan blog bule. Maksudnya menjadi publisher blog bahasa Inggris.

ViralTag sendiri sebetulnya bisa diintegrasikan ke berbagai social media unggulan seperti:

  • Facebook
  • Pinterest
  • Twitter
  • Instagram
  • LinkedIn
  • Tumblr

Dengan ViralTag, kita bisa menjadwalkan posting (Scheduling) dan otomatis posting (Automatic Posting) sekaligus, berapapun banyaknya dalam satu waktu. 10 posting? 100 posting? 1000 posting? Tidak menjadi masalah.

Saya sendiri menggunakan ViralTag untuk Pinterest dan Fans Page Facebook yang saya kelola. Lumayan, dengan ViralTag saya menghemat waktu 1 bulan. Maksud saya, postingan untuk 1 bulan ke depan sudah saya jadwalkan hanya dalam kurun waktu 20 menit saja.


Apa yang Akan Anda Dapatkan dengan ViralTag?


viraltag twitter

Saya akan menjelaskan ini dengan sebuah cerita, semoga anda tidak bosan membacanya.

Bayangkan anda adalah seorang pengusaha yang bergerak di dunia travel. Semua yang berkaitan dengan ‘travel’ anda garap; paket wisata sampai pun pada perlengkapan-perlengkapannya.

Tahun ini, anda mulai mencoba untuk memasarkan usaha tersebut lewat internet. Kemudian anda berpikir bagaimana caranya agar orang lain tertarik? Setelah mencari ke sana-ke mari, kemudian anda memutuskan untuk membuat akun media sosial saja dan memasarkan produk anda di sana.

Setiap hari, dari pagi sampai malam, anda posting produk; menawarkan harga spesial dan seluruh value dari produk anda. Tapi hasilnya nihil. Anda kemudian berpikir bahwa, memasarkan produk dengan Hard Selling itu gak akan berhasil bila tidak ada interest dari orang lain dengan apa yang anda tawarkan. Dengan kata lain, kalau orang lain gak butuh buat apa beli produk?

Dari sana, anda mulai berpikir bagaimana caranya menciptakan magnet yang menarik ‘orang-orang butuh’ atau setidaknya ‘orang-orang yang suka’ dengan traveling melihat produk anda. Setelah konsultasi ke beberapa orang, lalu anda membuat Fans Page Facebook dengan tema travelling.

Kembali, dari pagi sampai malam, anda cari foto pemandangan alam yang menarik, posting di Fans Page; repeat. Begitu terus sampai tangan anda keriting. Memang sih ada hasilnya, likers secara signifikan meningkat. Tapi anda kembali berpikir, kalau waktu anda habis banyak di kegiatan: cari foto, upload, cari foto upload. Melelahkan.

Lalu anda mengeluhkan masalah ini ke pakar internet marketing. Dia kemudian menawarkan anda sebuah tools bernama ViralTag.

Sekarang, postingan anda dua bulan penuh sudah terjadwal. Anda tinggal menunggu sambil melakukan optimasi bisnis dengan cara yang lain. Waktu anda lebih luang, produktifitas anda bertambah.


Bagaimana Menggunakan ViralTag? (Studi Kasus)


viraltag alternative

Saya punya sebuah Fans Page yang likernya sudah berjumlah 97.000. Karena semakin ke sini saya semakin sibuk; saya benar-benar tidak ada waktu lebih untuk mengupdate Fans Page tersebut, sampai saya memakai ViralTag.

Ini adalah langkah-langkah mendaftar ViralTag.

Pertama, anda harus daftar dulu ViralTag. Tools ini berbayar sebetulnya, tapi anda bisa mencobanya selama 14 hari. Bila berasa meningkatkan produktifitas dan benar-benar memberikan manfaat, kenapa berhenti berlangganan?

Kedua, hubungkan ViralTag dengan akun media sosial anda (Pinterest, Facebook, Instagram, LinkedIn, Tumblr) disesuaikan dengan keperluan anda. Karena saya bergerak di Facebook dan Pinterest, maka saya menghubungkan ViralTag dengan Facebook dan Pinterest.

Ketiga, anda akan diminta untuk menginstall ekstensi google chrome (tools untuk scraping foto), supaya anda tidak perlu cape-cape download foto terus upload.

Keempat, setelah ekstensi google chrome terinstall, hal yang selanjutnya harus anda lakukan adalah: memulai menjadwalkan postingan anda.

Contoh:

Saya menghubungkan 3 akun media sosial (2 Facebook Fans Page dan 1 akun Pinterest), di sini saya akan mencontohkan bagaimana scraping Instagram foto lalu direupload ke Fans Page.

how does viraltag work

Kemudian, buka instagram.com lalu cari akun anonim yang suka repost foto orang lain (misal, kalau topik yang anda pilih / bisnis yang sedang anda geluti adalah travel bisa buka akun @wonderful_places). Setelah membuka akun yang relevan dengan bisnis anda, selanjutnya scroll terus ke bawah sampai foto yang ditampilkan banyak (sebanyak yang ingin anda posting atau lebih).

viraltag contact

Tadi di atas, sudah saya bilang bahwa salah satu proses dari pendaftaran ViralTag adalah menginstall ekstensi google chrome, fungsi supernya bisa anda rasakan di tahap ini. Anda lihat icon merah kecil di sudut kanan atas? Klik. Lalu akan frame ViralTag akan muncul dan otomatis mengambil semua foto di halaman tersebut. Berapa banyak? Sebanyak anda scrolling dan muat gambar di halaman instagram yang kamu buka.

viraltag linkedin

Langkah selanjutnya adalah memilih foto. Anda tahu sendiri kalau akun-akun instagram anonim itu juga berbisnis. Mereka memanfaatkan jumlah followers yang banyak lalu kemudian membuat slot iklan. Anda juga bisa seperti itu, syaratnya … kumpulkan followers sebanyak-banyaknya; buat kolam!

Selain itu, ketika anda punya kolam yang ikannya banyak, anda bisa berbuat apa saja. Jualan produk sendiri? Bisa. Meningkatkan trafik ke website? Sangat bisa!

viraltag account

Selanjutnya (setelah anda memilih foto dan klik schedule), anda akan mendapatkan sebuah popup windows yang isinya adalah editor. Di sini anda bisa mengarahkan setiap foto ke Fans Page berbeda dengan mengeditnya satu-satu, atau bila ingin direupload ke Fans Page yang sama, anda bisa klik  Bulk Editor > Pilih Fans Page > Klik Schedule  dan tentukan kapan foto itu akan otomatis diposting di Fans Page anda.

viraltag phone number

Setelah itu, semua foto yang sudah terjadwal akan secara otomatis ada di dashboard ViralTag anda. Gampang bukan? Bayangkan berapa banyak waktu yang bisa anda persingkat dengan menggunakan ViralTag ini?

Tips:

1. Untuk Fans Page Facebook, disarankan interval antar posting jangan terlalu dekat; seminimal-minimalnya 45 menit.

2. Untuk menghilangkan target URL di semua foto, tinggal tekan enter di kolom isian yang bertuliskan ‘http://’ di bulk editor.

3. Untuk mengarahkan foto ke website, tinggal isikan URL Website yang akan anda tuju di kolom yang sama. (bila ingin semua foto, isikan di Bulk Editors; bila ingin sebagian saja, isikan di tiap-tiap posting)


Berapa Biaya Berlangganan ViralTag


viraltag angel.co

Menurut saya, harga yang ditawarkan untuk berlangganan ViralTag sudah cukup sesuai dengan fitur yang bisa kita dapatkan.

Untuk penggunaan individual / pribadi, anda akan dikenakan biaya $24/bulan atau sekitar IDR 320.000 (hanya bisa dipakai satu orang), $79/bulan atau sekitar IDR 1.055.000, dan $249/bulan atau sekitar IDR 3.330.000

Tenang saja, untuk percobaan anda bisa memakai ViralTag secara cuma-cuma. Mau coba? Silakan lanjut ke ViralTag

Apa Komentarmu?