hiasan dinding ulang tahun balon anak

Susunan Acara Ulang Tahun Anti Mainstream, Sederhana, & Bermakna

Susunan Acara Ulang Tahun – Ulang tahun adalah sebuah momen yang akan selalu memberikan kesan tersendiri. Bermacam-macam pemaknaan diterapkan oleh setiap orang yang mengalaminya. Ada yang memaknai ulang tahun ini sebagai peringatan bahwa jatah umur tidak lagi banyak; ada pula yang menganggap ulang tahun ini sebagai bentuk syukur karena masih diperkenankan hidup sampai hari ini.

Yang mana pun tidak masalah, tetapi akan lebih baik bila acara ulang tahun yang diselenggarakan tidak hanya menjadi kebahagiaan diri sendiri, tetapi juga orang lain.

Oleh karena itu penting kiranya untuk membuat susunan acara ulang tahun yang tidak menjadi seremonial saja, tetapi juga menjadi acara perenungan dan rasa syukur bagi semua orang yang menghadiri acara tersebut.

Berikut susunan acara ulang tahun yang baik,


Contoh Susunan Acara Ulang Tahun Dewasa


hiasan dinding ulang tahun anak
sigambar.com

Secara umum dan sederhana susunan acara ulang tahun yang bisa kita laksanakan adalah sebagai berikut:

  1. Pembukaan oleh pembawa acara / MC
  2. Doa dari ustadz / orang tua terhadap yang berulang tahun
  3. Games anti mainstream bermakna
  4. Makan-makan
  5. Hiburan
  6. Doa penutup

Susunan di atas masih bisa dikembangkan di bagian games anti mainstream bermakna. Ada banyak games-games yang melibatkan semua undangan ulang tahun yang hadir, hal ini dapat memenuhi salah satu syarat ulang tahun yang baik tadi; yaitu tidak hanya sekadar seremonial, tapi juga ajang perbaikan diri, perenungan, dan bukti syukur.

Nah, masih bingung? Berikut penjelasan mengenai susunan acara ulang tahun di atas.


Penjelasan Susunan Acara Ulang Tahun Sweet Seventeen


hiasan dinding ulang tahun balon anak
ummi-online.com

1. Pembukaan oleh Pembawa Acara / MC

Setiap kegiatan pasti ada pembuka dan penutupnya, termasuk di acara ulang tahun. MC di sini bertugas untuk membuka acara secara umum sekaligus menjadi pengatur suasana. Jadi dalam memilih MC harus diperhatikan beberapa hal seperti kecakapannya berbicara dan menguasai ‘panggung’ agar acara ulang tahun yang diselenggarakan tidak ‘garing’.

Sebagai referensi, ini ada contoh teks MC semi formal pada acara ulang tahun.

Assalaamu’alaykum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Sahabat-sahabat semua yang saya cintai, pada kesempatan yang berbahagia ini mari kita panjatkan segala puji dan syukur kepada Allah swt. yang telah memperkenankan kita semua bernafas sampai detik ini; dengan rahmatNya pula kita semua dapat dipertemukan kembali di sebuah acara ulang tahun sahabat kita semua, yaitu (nama).

Lihat wajah sahabat kita ini, umurnya sudah semakin tua, semoga semangatnya selalu muda, ya. Mari kita doakan agar (nama) menjadi orang yang kuat dalam menghadapi tantangan-tantangan hidup, berprestasi, dirindukan kehadirannya ketika tidak ada, mencairkan suasana jika ada. Juga agar sisa umurnya bermanfaat bagi semua orang, terutama bagi ibu dan bapaknya. Aamiin.

Yang saya muliakan, Bpk. Ustadz, telah berkenan hadir di acara ulang tahun ini, kami menghaturkan terima kasih sebanyak-banyaknya. Saya mewakili pihak keluarga memohon maaf apabila dalam jamuan tidak pas dan kurang berkenan.

Izinkan saya sebagai pembawa acara membacakan secara singkat susunan acara ulang tahun yang akan kita selenggarakan ini.

  1. Pembukaan
  2. Kata-kata dari orang tua
  3. Doa dari ustadz
  4. Games anti mainstream bermakna
  5. Makan-makan
  6. Hiburan
  7. Renungan
  8. Doa penutup

Semoga dengan terselenggaranya acara ulang tahun ini hubungan silaturahim kita semua makin terjaga dan Allah mencatat ini sebagai sarana penyambung silaturahim, bukan yang lain. Aamiin.

Baik langsung saja ke acara …

2. Kata-kata dari orang tua

Pada sesi ini, MC memberikan waktu dan tempatnya pada orang tua untuk menceritakan kehidupan anaknya yang ulang tahun dari kecil sampai pada hari ini. Dimulai dari kebandelan-kebandelannya, kelucuan-kelucuannya, yang membuat orang tua bangga, sampai harapan orang tua untuk anaknya di hari-hari setelah terselenggaranya acara ulang tahun ini.

Bila kamu orang tua yang sedang membaca tulisan ini, ada referensi / kerangka sederhana tapi mengena yang bisa dipakai pada sesi ini.

Alhamdulillah. Terima kasih atas waktu yang diberikan pada kami. Anak kami, (nama yang ulang tahun) adalah anak yang sangat kami sayangi. Sehingga kebutuhannya lebih penting untuk terpenuhi daripada kebutuhan kami sendiri. Allah menitipkan (nama yang ulang tahun) adalah untuk mewarnai hari-hari kami, kamu permata hati / jagoan kami.

Sejak kamu masih kecil, tertawa riangmulah yang mengobati kelelahan-kelelahan kami, sehingga kami merasa malu untuk mengeluh; lalu melanjutkan bekerja keras. Kamu adalah anak yang baik, semoga Allah senantiasa menjaga itu dan menjadikanmu lebih baik lagi.

Kami bangga menjadi orang tuamu. Kami harap kamu juga bangga menjadi anak kami. Semoga di acara ulang tahun ini kamu mengambil pelajaran penting tentang waktu.

Sini … (panggil anaknya, peluk)

3. Doa dari Ustadz

Untuk doa, serahkan saja sepenuhnya pada ustadz yang lebih tahu. Tetapi baik juga untuk meminta ustadz mendoakan secara lebih spesifik, misalkan agar orang yang ulang tahun mendapatkan prestasi, menjadi orang yang disiplin, dan berbakti pada orang tua.

4. Games Acara Ulang Tahun

Untuk menambah nilai positif dari acara ulang tahun, alangkah baiknya diadakan games yang melibatkan semua orang; dalam artian games team building, sehingga suasa kekeluargaan dalam acara ulang tahun tersebut lebih terasa.

Beberapa games ulang tahun yang bisa diadakan antara lain,

Games Menumpuk Gelas

Permainan ini melatih kerjasama kelompok dan kebersamaan dalam langkah. Ada makna yang terselip dalam permanainan ini sehingga bagus untuk dijadikan salah satu games pada acara ulang tahun, yaitu sahabat yang saling mendukung satu sama lain sampai tujuan tercapai.

Games Pingpong Berjalan

games ulang tahun asyik
pinterest.com

Games ini juga membutuhkan kerjasama tim yang bagus agar jarak yang ditempuh bisa lebih jauh. Cara bermainnya adalah setiap hadirin membawa paralon yang sudah dipotong setengah. Hal ini dimaksudkan agar kita, sebagai pemain bisa dengan jelas melihat perjalanan pingpong. Tujuan utama games ini adalah mencari jarak terjauh yang bisa ditempuh setiap kelompok dengan waktu yang sudah ditentukan.

Seperti ini: Orang 1 >>> pingpong dialirkan di atas paralon ke >>> Orang 2 >>> pingpong dialirkan di atas paralon ke >>> Orang 3 (Orang 1 berlari ke samping Orang 3) >>> pingpong dialirkan di atas paralon ke >>> Orang 1 >>> Orang 2 >>> Orang 3 >>> Orang 1

Begitu seterusnya sampai batas waktu yang ditentukan habis. Pemenang ditentukan dari jarak tempuh bola pingpong.

Games Tebak Kata

games tebak kata eatbulaga ulang tahun
youtube.com

Kalau kalian suka nonton TV, mungkin game ini sudah familiar. Nah, tahu sendiri kan suasana saat game ini sedang berlangsung bagaimana? Meriah! Rame! Kenapa tidak dicoba di acara ulang tahun? Pasti seru.

Games Lempar Korek

games acara ulang tahun lempar korek
industri12adepriyono.blogspot.com

Games ini sudah lazim diadakan di setiap acara ulang tahun dan sampai hari ini masih tetap ada. Cara bermainnya adalah, bungkus korek api dilempar-lempar sambil diputarkan lagu oleh MC. Terus dilempar-lempar saja sampai MC menghentikan lagu.

Nah, orang yang sedang memegang korek api di saat lagu sudah mati diharuskan untuk maju ke depan dan mendapatkan hukuman (nyanyi / joget).

Sebenarnya masih terdapat games yang bisa dimainkan, mungkin di postingan selanjutnya.

5. Makan-makan

Setelah selesai bermain games anti mainstream bermakna, selanjutnya kita arahkan tamu dan hadirin yang ada untuk menyantap makanan. Boleh itu dari kue ulang tahun yang kita buat / tumpeng. Atau makanan lainnya.

6. Hiburan

Di sesi hiburan, bisa diisi oleh sulap, stand up comedy, atau kata-kata dari teman-teman / hadirin pada yang sedang ulang tahun.

 Grosir Tas Branded Murah! (klik) 

7. Renungan

Mungkin ini yang membuat acara ulang tahun yang kita buat sedikit berbeda, yakni adanya sesi renungan. Sesi ini sangat perlu sekali agar acara ulang tahun yang sudah disusun tidak hanya menjadi seremonial saja, tetapi lebih dari itu sebagai bentuk syukur pada Allah swt.


Contoh Rundown Acara Ulang Tahun Ke-17


hiasan balon ulang tahun
indahdekorasibalon.blogspot.com

Setelah jelas segala sesuatunya, berikut ini adalah contoh rundown atau alur berjalannya acara ulang tahun berdasarkan waktu dan kegiatannya.

Pukul

Kegiatan

08:30

Memutar musik-musik ulang tahun atau instrumen yang ceria dengan volume secukupnya. Hal ini dimaksudkan agar suasana tidak terlalu hening ketika tamu mulai berdatangan.
09:00Pembukaan oleh MC sekaligus mengucapkan selamat datang pada para hadirin.
09:10Kata-kata dari Orang tua tentang anaknya.
09:30Doa dari Ustadz untuk yang sedang berulang tahun.
09:40Games anti mainstream bermakna.
10:40Hiburan (kalau ada) / Renungan.
11:00Kata-kata dari hadirin terhadap yang sedang berulang tahun.
11:20Doa, tutup.

Apa Komentarmu?