Makanan Kucing Terbaik Agar Cepat Gemuk dan Berbulu Lebat

Makanan Kucing – Tidak bisa dinafikkan, kucing adalah hewan terlucu yang pernah diciptakan Tuhan. Kamu setuju? Harus setuju!

Suka atau tidak suka kamu pada kucing, tetap saja ketika ada foto kucing lucu di facebook atau di instagram, tangan tidak bisa menahan untuk mengklik like. Ngaku aja ~ 😀

Bagi kamu yang memelihara kucing; persia, anggora, himalaya, kampung, atau kucing apapun itu, pasti butuh perawatan yang baik. Iya, mereka kan juga makhluk hidup, apalagi kamu memutuskan untuk mengurusnya.

Maka sudah menjadi tanggung jawabmu untuk menjaga kesehatannya, makanannya, tempat tinggalnya, dll. sampaipun pada menjaga bulunya agar tetap bagus / lebat. Iya, itu tanggung jawabmu.

Nah, kali ini saya akan menulis beberapa informasi mengenai makanan kucing yang bagus untuk melebatkan bulu, agar cepat gemuk; yang intinya menjaga kucing agar tetap menjadi kucing yang kucing. Begitulah. He he.

Sebelumnya, perlu diingat, kucing adalah hewan karnivora oblgat; artinya kamu butuh jenis makanan sejenis ikan atau daging. Sebagai karnivora, kucing juga butuh protein, vitamin, dan asam amino.


Makanan Kucing Persia


makanan kucing persia yang bagus untuk bulu dan murah
youtube.com

Mari kita mulai dengan kucing persia. Kita semua tahu kalau kucing persia itu cantik dan lucu, selain juga sanggup bertahan hidup sampai dengan (sekitar) 15 tahunan. Beberapa orang memandang kucing persia ini mirip boneka.

Harga kucing persia ini, di pasaran, bisa mencapai belasan juta rupiah. Namun walau begitu, peminatnya tidak sedikit alias banyak! Wajar, lah, lucu. 😀

Ada banyak jenis kucing persia, seperti Persia Himalaya, Persia Peaknose, Persia Flat Nose, dan Medium. Silakan baca artikel ini untuk lebih jelasnya Jenis Kucing Persia (coming soon).

Seperti yang sudah dikatakan sekilas di atas, makanan paling tepat untuk kucing adalah ikan dan daging karena mengandung protein dan asam lemak. Kedua jenis makanan tadi juga mengandung argirin dan taurin yang merupakan asam amino dan baik bagi kesehatan kucing.

Secara lebih rinci, kamu bisa memberi makan kucing persiamu dengan jenis makanan di bawah ini:

1. Keju

Bukan hanya manusia dan tikus jerry dalam serial Tom & Jerry saja ternyata yang suka dengan keju; kucing Persia juga suka! Bahkan keju menjadi salah satu makanan yang disukai kucing Persia.

Tetapi sebagaimana halnya manusia yang hanya sebagian-sebagian saja, kucing Persia pun ada yang kurang suka dengan keju. Sekalinya suka, suka banget. Kalau tidak suka, ya tidak suka. Begitu.

Keju merupakan jenis makanan kucing Persia yang kaya akan protein dan beberapa vitamin.

2. Ikan

Nah, ikan. Kucing manapun akan suka dengan ikan, termasuk kucing Persia. Tapi, jangan berikan kucingmu ikan tiap hari. Kenapa? Karena justru ketika kamu memberikan makanan kesukannya (ikan) tiap hari, membuat vitamin E yang diperlukan kucing tidak tercukupi.

Selain juga murah, terbaik, sekali lagi … ikan adalah makanan kucing yang bagus.

Saran: berikan kucing Persia ikan sekira 2 kali dalam satu minggu untuk keseimbangan gizi dan kesehatan.

3. Daging

Kucing adalah hewan karnivora. Sejak SD kita diajari bahwa hewan karnivora itu makanannya ya … daging. Kucing pun juga sama.

Kebiasaan di umum, ketika kamu memasukkan daging dalam menu makanan kucing Persia, nafsu makannya akan meningkat dan menjadi lebih aktif.

Di antara daging yang digemari kucing adalah daging ayam, kelinci, dan daging sapi.

Saran: untuk memudahkan kucing memakan daging tersebut, irislah kecil-kecil.


Makanan Kucing Anggora


makanan kucing anggora yang murah buatan sendiri
deskbg.com

Langsung saja, mungkin kamu berpikir apakah makanan kucing anggora sama saja dengan kucing Persia? Jawabannya, semoga kamu mendapatkannya di artikel ini 😀

Memilih makanan untuk kucing anggora tidaklah sulit. Prinsipnya tadi, kucing adalah hewan karnivora yang berarti pemakan daging. Dalam kepala kita juga sudah ter-setting bahwa kucing pasti suka ikan.

Itu jawaban umum dan paling amannya.

Makanan kucing terbaik selalu mengandung asam amino, protein, dan asam lemak. Tetapi tidak semua makanan yang mengandung itu kucing suka.

Seperti kucing Persia, kucing anggora juga makan keju, tetapi hanya menjadi makanan alternatif saja. Jangan berikan kucing anggora makanan keju secara sengaja atau bahkan rutin, karena mesti adaptasi dulu.

Kesimpulannya, beri kucing anggora ikan, daging, dan makanan kucing bermerk secara selang-seling; sesekali boleh dicoba dengan keju.


Makanan Kucing Kampung


makanan kucing kampung yang murah agar gemuk
flickr.com

Meskipun kucing kampung, kucing tetaplah kucing. Dan kucing adalah makhluk Tuhan yang harus kita, manusia yang berakal, jaga. Jangan hanya karena punya embel-embel ‘kampung’, makanan yang kita berikan seadanya.

Nah, dalam memberikan makanan pada kucing kampung, kita juga harus memperhatikan nutrisi dan variasi makanan. Memberikan makanan yang tepat akan membuat bulunya lebat, sehat, dan bisa dibilang cepat gemuk (bukan obesitas ya, eh).

Beberapa makanan yang baik untuk kucing kampung adalah daging, ikan, nasi, tempe, dan makanan khusus kucing. Sementara untuk minumnya, kita bisa memberi kucing kampung susu dan air putih.


Makanan Kucing Hamil


makanan kucing hamil royal canin
fit-cats.com

Fase kehamilan dan menyusui adalah masa paling berat yang dialami oleh induk kucing. Maka dari itu, perlu nutrisi yang tinggi dan tepat agar induk kucing tetap sehat dan anak kucing yang dilahirkan juga sehat. Dan tentunya selamat.

Pra Breeding

Harus diperhatikan bahwa, memberikan makanan pada calon induk kucing mesti optimal demi untuk menjaga bobot badan yang sehat.

Sebab bila induk kucing tidak berada dalam kondisi fisik yang optimal / sehat sebelum kawin, dikhawatirkan nantinya kucing akan merasakan kesulitan dalam mengkonsumsi makanan saat hamil, yang bila demikian, tidak akan mendukung kebutuhan nutrisi si induk dan juga anaknya.

Bila calon induk kucing kurus, maka usahakan untuk memberikan makanan berkalori tinggi. Agar lebih aman, kamu bisa memberikan makanan khusus kucing yang lezat agar cepat gemuk, seperti Royal Canin Exigent.

Harapannya memang, si kucing jadi lebih bernafsu makan dan menambah bobot tubuhnya.

Saran saya, jangan dulu mengawinkan kucing sebelum bobot tubuhnya ideal. Kenapa? Karena ketika kucing hamil, sangat sulit sekali bagi mereka untuk mendapatkan cukup makan.

Oh ya, pemilihan makanan yang buruk bisa berakibat ke janin dan induk kucing, maka harus berhati-hati. Kamu juga bisa memberikan kucing viyamin penyubur kandungan, biasanya Equafortan, supaya proses breeding terbantu.

Makanan Khusus

Tulisan ini terus mengerucut pada satu kesimpulan. Makanan kucing yang baik adalah yang memiliki nutrisi tinggi. Namun agaknya memang terlalu klise sehingga memerlukan penjabaran lebih. Tetapi saya akan langsung saja menyarankan kamu untuk membeli makanan khusus kucing yang bisa diberikan saat kucing tersebut hamil.

Nama makanan khususnya yaitu Royal Canin Pro Queen; makanan kucing yang memang mengandung lemak, protein, dan kalori tinggi yang dapat membuat induk kucing tetap sehat dan memproduksi banyak susu ketika masuk pada fase menyusui.

Nutrisi Saat Mengandung

Lima sampai tiga kucing. Itulah jumlah anak yang biasa dilahirkan oleh induk kucing. Kadang-kadang bisa lebih banyak.

Kesehatan anak-anak kucing itu dipengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya oleh nutrisi yang didapatkan saat induk kucing hamil. Maka sekali lagi saya katakana agar memperhatikan makanan kucingnya, ya … 😀

Pada saat-saat akhir kehamilan, sekitar satu atau dua minggu lagi, perut induk kucing akan semakin membesar sebab anak kucing / bayi kucing di dalam perut juga semakin besar.

Nah, di masa-masa seperti ini, biasanya induk kucing membutuhkan makanan kecil lebih sering; dalam arti porsi makan dibuat lebih sedikit tetapi diberikan dengan waktu yang lebih banyak.

Misalnya, bila kamu biasa memberikan kucingmu makan 2 kali dalam satu hari dengan porsi normal, maka kamu bisa merubahnya dengan memberi kucing makan 4 – 5 kali dalam satu hari dengan porsi yang lebih kecil.

Satu hari sampai dua hari sebelum induk kucing melahirkan, dia akan berhenti makan. Tetapi bila ‘mogok’ makan itu berlanjut selama beberapa hari kedepan, lebih baik dikonsultasikan saja ke dokter hewan.

[…]

Makanan Kucing Kecill / Kitten


makanan anak kucing yang baik
petfoodsociety.com

Kucing dewasa dan kucing kecil memakan makanan yang berbeda. Pemberian makanan yang berkualitas sejak dini akan membuat kucing tumbuh dengan bulu yang lebat dan indah, gemuk tapi sehat, dan lucu.

Makanan Kucing Umur 1, 2, 3, 4 Bulan


Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui sebagai pemelihara kucing dalam memberi makan mereka, tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menjaga kesehatan mereka dan agar bulu mereka lebat dan cantik, tak lupa juga sehat. Yang intinya sayang kucing.

Makanan Kucing

Apa Komentarmu?