Ide Kado Ulang Tahun untuk Bayi yang Menghibur dan Mengedukasi

Kado Ulang Tahun untuk Bayi – Memiliki bayi adalah anugerah terindah yang diberikan oleh Tuhan yang Maha Esa, karena dengan begitu kebahagiaan kita di dunia ini bertambah; keceriaan yang hadir di dalam rumah kian memuncak.

Tetapi di sisi lain, memiliki seorang bayi / anak adalah amanah yang berat, karena kita sebagai orang tua harus bisa mengurusnya dengan baik sehingga, kelak, di masa depannya dia tidak menjadi manusia yang tidak berguna.

Maka seharusnya sebagai orang tua, sejak dini memikirkan bagaimana bayinya nanti bisa menjadi manusia yang tidak hanya bisa berdiri, tetapi juga berjalan; tidak hanya berpikir, tetapi juga merasa. Karena manusia sejati tidaklah dapat hidup seorang diri, melainkan hidup bersama orang banya.

Hal yang harus dilatih sejak dini adalah kemampuan motorik dan instingnya dan juga pembiasaan-pembiasaan sesuatu yang baik agar kelak menjadi watak yang dibawa ke mana-mana.

Nah, momentum ulang tahun selalu menjadi kesempatan berharga bagi orang tua untuk mengarahkan bayinya agar menjadi cerdas. Caranya dengan memberikan hadiah-hadiah yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mengedukasi.

Inilah beberapa hadiah ulang tahun bayi yang mungkin bisa menjadi inspirasi.


Kado Ulang Tahun untuk Bayi


1. Mainan Dorong

Mainan dorong akan memikat bayi yang masih berumur 1 – 5 tahun, sembari dengan mainan itu dia belajar menyeimbangkan badan dan tentu juga belajar berjalan.

2. Peralatan Makan

Bila bayimu seorang perempuan, pastinya ada sebuah tuntutan bahwa kelak, dia harus bisa memasak. Dimulai dari bayi, kita bisa mengenalkan beberapa peralatan masak yang aman kepada mereka dengan memberinya visualisasi dini yang dalam hal ini, bentuk-bentuk peralatan masak dalam mainan.

3. Mainan Bentuk

Latih si bayi umur 1 tahun untuk memasukkan benda ke dalam lubang yang bentuknya sama. Misalnya ketika benda dengan bentuk lingkaran harus dimasukkan ke dalam lubang yang bentuknya juga lingkaran; bentuk bintang pada lubang bintang, dll. Hal ini dapat membentuk pola pikirnya dalam menyelesaikan masalah dan menempatkan sesuatu pada tempatnya.

4. Celengan

Kita semua tahu fungsi celengan untuk apa. Nah, celengan ini bisa menjadi alternatif hadiah untuk bayi yang berumur 1 tahun. Seperti yang sudah ditulis di atas tadi (pada mainan peralatan masak); dalam celengan kita juga memberikan visualisasi dini tentang pentingnya menabung. Tentu dalam hal celengan ini perlu contoh.

Maksud saya, kita sebagai orang tua harus sering memberikan visualisasi kepada sang bayi tentang pentingnya menabung, dengan cara memperlihatkan bagaimana uang koin atau kertas masuk ke dalam celengan itu. Dengan demikian, bayi kita akan terbiasa.

5. Baju Bayi Jersey

Kalau kamu punya bayi laki-laki, tentu ada satu tuntutan bahwa kelak dia harus menjadi seseorang yang fisiknya kuat dan bugar. Salah satu caranya adalah dengan memberikan hadiah berupa baju bayi jersey plus bola-bolanya.

Hal tersebut dapat membantu sang bayi lebih bergerak yang dengan hal itu motoriknya terlatih. Selain itu, bola-bola bisa menjadi sebuah iming-iming ketika si bayi sudah mulai bisa berbicara “nggak mau”; nggak mau mandi misalnya.

6. Buku Cerita Bergambar / Mewarnai

Buku cerita bergambar dan mewarnai dapat melatih kreatifitas bayi. Dengan memberikan hadiah tersebut ketika hari ulang tahunnya, berarti kita juga telah berinvestasi kreatifitas pada mereka. Sekalian juga beri mereka pensil warna / crayon.

Memberikan buku cerita bergambar juga dapat membentuk kebiasaan membaca. Karena tidak bisa dipungkiri, bayi / anak-anak sangat suka sekali dengan sesuatu yang warna-warni, maka memberikan buku cerita bergambar bisa menjadi rangsangan anak agar terbiasa membuka buku.


Nah, itulah beberapa inpirasi kado yang bisa kamu, sebagai orang tua, berikan pada bayi dengan harapan semoga hadiah-hadiah tersebut tidak hanya membuat bayi ceria, tetapi juga cerdas secara individu dan sosial. Semoga!

Apa Komentarmu?