filter kolam ikan koi

Cara Membuat Filter Kolam Ikan Sederhana dan Minimalis

filter kolam ikan koi
fjb.kaskus.co.id

Cara Membuat Filter Kolam Ikan – Lahan bisnis yang palng banyak digeluti masyarakat pedesaan, nampaknya adalah budidaya. Entah itu budidaya hewan ternak, budidaya ikan, sampai budidaya tanaman.

Wajar saja, kita dapati hari ini masyarakat lebih pintar melihat peluang bisnis; apalagi dari pembudidayaan. Selain melestarikan alam juga sekaligus mendapatkan penghasilan.

Bisnis budidaya termasuk bisnis menguntungkan, terlebih karena target pasar yang, bisa dibilang, tidak pernah sepi pengunjung …

… selain itu, rata-rata bisnis budidaya yang digeluti masyarakat sekarang adalah bisnis budidaya kebutuhan pokok manusia.

Seperti misalnya budidaya ikan nila, yang tentu … ikan nila sangat enak bila diolah menjadi makanan; dari tukang becak sampai presiden pun tidak ada yang tidak menyukai olahan ikan nila.

Paling tidak, masyarakat membudidayakan sesuatu yang banyak dicari para pegiat hobi. Seperti para pegiat burung kicau, tentu mencari kroto sebagai pakan burung. Maka, berlomba-lombalah masyarakat membuat startup bisnis budidaya kroto rumahan.

Itu hanya beberapa contoh betapa bisnis budidaya ini sangat menarik untuk digeluti.

Selain itu, filter kolam ikan ini akan berguna bagi kita yang suka memelihara ikan hias koi. Kita semua tahu, ikan koi itu ‘manja’; memerlukan air yang jernih.

Nah, di artikel kali ini satriabajahitam akan sedikit membahas tentang bagaimana cara membuat filter kolam ikan sederhana dan minimalis, juga baik dan cepat.

Hal ini tentu dibutuhkan oleh siapa saja yang sedang membudidayakan dan memelihara jenis ikan apapun.

Disimak.


Kenapa Harus Membuat Filter Kolam Ikan?


filter ikan koi sederhana
filterikankoi.blogspot.com

Kebersihan merupakan salah satu faktor untuk medapatkan hasil panen yang maksimal. Oleh karena itu diperlukan air yang terjaga kebersihannya agar ikan yang dibudidayakan di kolam tersebut ‘sehat’ dan dalam keadaan yang baik.

Untuk membuat air kolam ikan tetap jernih sebenarnya bisa dengan mengurasnya secara rutin, sekitar 1 minggu sekali untuk jumlah ikan dan besar kolam kecil. Tetapi bagaimana dengan kolam yang besar dan ikan yang banyak? Tentu akan ribet sekali …

… kita harus menguras kolam ikan sekira 2 hari sekali. Euh.

Maka dari itu, pembuatan filter kolam ikan penting sekali untuk meringankan pekerjaan kita, dan memfokuskan diri pada hal yang lebih penting dalam hal budidaya ikan ini.


Kendala Kolam Ikan Tanpa Filter


filter kolam ikan koi keruh
kolambuatan.blogspot.com

Seperti sekilas tadi dijelaskan, bahwa kejernihan air bisa menjadi faktor kualitas ikan yang dibudidayakan. Apalagi jenis ikan yang memang membutuhkan air jernih untuk berkembangbiaknya.

Oleh karena itu, mau tidak mau kita harus menjaga kebersihan air agar ikan tersebut bisa berada dalam kondisi terbaik.

Berikut ini adalah beberapa kendala yang akan kita rasakan bila membudidayakan ikan di kolam yang tidak ada filternya:

  • Air yang dialirkan ke kolam bisa saja keruh
  • Budidaya ikan yang dilakukan tidak akan optimal
  • Lumut akan lebih cepat tumbuh di dinding-dinding kolam ikan
  • Air kolam ikan cepat kotor akibat pembuangan kotoran ikan
  • Harus sering menguras kolam ikan dan mengganti airnya dengan yang baru
  • Harus rutin menggosok-gosok dinding kolam ikan yang kotor

Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, maka perlu kiranya untuk membuat filter kolam ikan agar memudahkan kita dalam pembudidayaan, selain itu … filter kolam ikan efektif untuk menjaga kejernihan air.


Bahan Membuat Filter Kolam Ikan Sederhana dan Minimalis


Sebelum ke tahapan-tahapan dalam membuat filter kolam ikan, ada beberapa perlengkapan yang harus dipersiapan.

Pompa Air

pompa air kolam ikan koi
olx.co.id

Pompa air ini berfungsi sebagai penyedot sekaligus pengalir air dari kolam ikan menuju ke filter kolam ikan yang nantinya berfungsi sebagai penyaring air keruh untuk kemudian dijernihkan kembali.

Siklusnya seperti ini: kolam ikan yang airnya keruh –> disedot pompa air –> dialirkan pompa air menuju ke filter kolam ikan –> dijernihkan/disaring –> dialirkan pompa air menuju kolam ikan –> air keruh –> disedot pompa air … dst.

Wadah Kosong

jeriken filter kolam ikan koi
www.beritatrenggalek.com

Wadah kosong ini bisa berupa jeriken atau paralon; kedua-duanya bisa dipakai asalkan ukurannya besar, cukup untuk menahan debit air yang banyak dengan kecepatan yang lumayan (pompa air). Wadah kosong ini nantinya akan berfungsi sebagai tempat disimpannya bahan-bahan penyaring alami.

Seperti bahan-bahan di bawah ini …

Pasir Silika

pasir silika penjernih air kolam ikan koi
pasirindustri.com

Di dalam hal penjernihan air, pasir silika sendiri berfungsi untuk menyaring kotoran berukuran kecil dari kolam ikan yang terbawa pompa air.

Ferrolite

ferrolite penjernih kolam ikan koi
www.solusimasalahair.com

Ferrolite atau manganese dalam hal ini berfungsi untu menghilangkan unsur besi dalam air. Untur besi inilah yang menyebabkan air berwarna kekuning-kuningan. Air seperti ini dapat menyebabkan karat pada besi …

… bayangkan apa yang akan terjadi pada ikan?

Batu Zeolit

batu zeolit penjernih air kolam ikan koi
http://akuariummaskoki.blogspot.co.id/

Zeolit sendiri digunakan sebagai penjernih air alami karena dapat menghilangkan kandungan Ca2+ dan Mg2+ berlebih yang dapat menyebabkan kualitas air menurun. Air Sadah, air yang berbau dan rasanya seperti kapur.

Zeolit ini tersusun atas zat kimia alami alumindo-silikat yang berhidrat dengan Natrium, Kalium, dan Barium. Sehingga batu zeolit ini memiliki struktur yang teratur tetapi unik.

Karbon Aktif

karbon aktif penjernih air kolam ikan
fjb.kaskus.co.id

Karbon aktif juga sering disebut arang aktif. Dalam hal penjernihan air, karbon aktif berfungsi untuk menghilangkan bau dan rasa pada air.

Kaporit dan chlorine juga akan terserap dengan karbon aktif ini. Memang kaporit dan chlorine baik untuk membunuh kuman, tetapi bila dalam jumlah berlebih tidak baik untuk ikan.

Kapas Filter

kapas filter penjernih air kolam ikan koi
xxxyyyblogmarlubis.blogspot.com

Kapas filter dapat dengan mudah didapatkan di toko-toko yang menjual perlengkapan ikan atau akuarium. Fungsi utamanya untuk menyaring kotoran-kotoran ikan yang tersedot pompa air, lalu menjernihkannya.


Cara Membuat Filter Kolam Ikan Sederhana/Minimalis


Setelah semua bahan-bahan di atas disiapkan sekarang saatnya kita membuat filter kolam ikan sederhana yang bisa digunakan untuk berbagai jenis kolam ikan. Sekali lagi, filter kolam ikan ini bagus bagi kita yang sedang membudidayakan ikan yang butuh air jernih …

… atau bagi yang sedang memelihara ikan koi.

Seperti ini tahapannya.

Proses Pembersihan

  • Bersihkan wadah kosong yang tadi telah dipersiapkan. Disarankan membersihkannya dengan menggunakan alkohol agar benar-benar higienis. Setelah dipakai alkohol, bilas lagi dengan air bersih. Lalu keringkan dahulu.
  • Bersihkan batu zeolit. Biasanya ketika dibeli, batu ini kotor. Maka, bersihkan sampai benar-benar bersih.
  • Tidak perlu membersihkan arang karena arang akan tetap mengeruhkan air seberapa banyak pun dibersihkan. Ini wajar melihat dari debu arang itu sendiri. Terus kenapa pakai arang? Lihat lagi fungsi arang di atas.

Proses Pembuatan Filter

Setelah semua dilakukan sesuai tahapan di atas, sekarang saatnya kita membuat inti filter kolam ikannya.

  • Letakkan kapas filter di bagian paling bawah; sebagai penyaring terakhir air kotor sebelum mengalir kembali ke kolam ikan
  • Di atas kapas filter letakkan batu zeolit berukuran besar. Susun sedemikian rupa agar semua sisi wadah terisi
  • Di atas batu zeolite berikan lagi kapas filter dengan ukuran yang lebih tipis. Ini hanya untuk sekat saja agar tidak bercampur antara zeolit dan bahan penjernih lain
  • Kemudian dilapis selanjutnya, di atas kapas filter kedua, ratakan karbon aktif atau arang aktif hingga menutupi seluruh sisi wadah.
  • Di atas karbon aktif, letakkan kembali kapas filter tipis, sama seperti di atas
  • Ratakan ferrolite di bagian ini, lalu tutup kembali dengan kapas filter sebagai pembatas
  • Sebarkan pasir silica hingga menutupi seluruh sisi wadah kosong, lalu di bagian paling atas ditaruh lagi kapas filter.

Jadi apabila digambarkan, susunannya sebagai berikut:

Kapas filter

|

Pasir Silika

(Kapas filter pembatas)

|

Ferrolite

(Kapas filter pembatas)

|

Karbon Aktif

(Kapas filter pembatas)

|

Zeolite

|

Kapas filter paling bawah

***

Nah, bagaimana? Mudah kan? Filter kolam ikan sederhana dan minimalis ini bisa dibuat dengan biaya yang terjangkau. Dan tentu, sangat berguna sekali bagi kita yang sedang memulai bisnis budidaya ikan air tawar juga yang sedang memelihara ikan koi.

Demikian artikel cara membuat filter kolam ikan sederhana, semoga bermanfaat.

10 thoughts on “Cara Membuat Filter Kolam Ikan Sederhana dan Minimalis

Apa Komentarmu?